Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan

Apakah gerhana terjadi pada Bulan saja? Adakah jenis gerhana yang lain?

Ayo Mencoba
Saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, maka terjadi gerhana Bulan. Namun, Bumi dan Bulan pun berevolusi. Apa akhir dari gerak revolusi Bumi dan Bulan? Jawablah pertanyaan tersebut sebagai prediksimu!

Mari kita buktikan dengan melaksanakan percobaan berikut.
Alat dan Bahan
  1. Senter
  2. Tanah liat
  3. Penggaris
  4. Bola plastik berdiameter 10 cm
  5. Dua batang pensil
Cara Kerja

  1. Buatlah bulatan berdiameter 3 cm memakai tanah liat! Tancapkan bola tanah liat pada ujung pensil pertama! Bola ini dipakai sebagai model Bulan.
  2. Tancapkan bola plastik pada ujung pensil kedua! Bola ini dipakai sebagai model Bumi.
  3. Gunakan sisa tanah liat untuk menegakkan model Bumi di atas meja!
  4. Usahakan ruangan dalam kondisi gelap.
  5. Mintalah sahabat kalian memegang model Bulan! Sejajarkan model Bulan dan Bumi dengan jarak 2,5 cm!
  6. Letakkan senter sejajar dengan model Bulan! Senter dipakai sebagai model Matahari.
  7. Hidupkan senter dan mintalah sahabat kalian menggerakkan model Bulan! Bulan digerakkan mengelilingi Bumi berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
  8. Perhatikan ketika Matahari, Bumi, dan Bulan terletak dalam satu garis lurus!
9. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
Sinar senter dianggap sebagai sinar Matahari. Perhatikan gambar supaya lebih jelas!
  1. Apa yang terjadi dikala Bumi berada di antara Bulan dan Matahari? Terjadi gerhana matahari.
  2. Perhatikan bayangan Bumi di Bulan. Apa yang sanggup kalian jelaskan ihwal gerhana Bulan? Gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus dan bumi terletak diantara matahari dan bulan.
  3. Apa yang terjadi dikala Bulan berada di antara Bumi dan Matahari? Terjadi gerhana matahari
  4. Perhatikan bayangan Bulan di Bumi. Apa yang sanggup kalian jelaskan ihwal gerhana Matahari? Gerhana matahari terjadi ketika bumi bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus dengan posisi bulan diantara bumi dan matahari
Apa yang sanggup kau simpulkan? Tuliskan dalam kotak berikut!
Gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus dan bumi terletak diantara matahari dan bulan. Gerhana matahari terjadi ketika bumi bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus dengan posisi bulan diantara bumi dan matahari.
Untuk lebih jelasnya amati gambar berikut.

Gerhana Matahari terjadi dikala Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya Matahari ke Bumi.

Fakta Sains
Pada dikala Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, ada kalanya seluruh cahaya Matahari dihalangi Bulan, sehingga terjadi gerhana Matahari total. Ada kalanya juga hanya sebagian cahaya Matahari yang terhalang, sehingga pengamat di Bumi yang berada dalam jalur gerhana masih sanggup melihat sebagian piringan Matahari. Gerhana ini disebut sebagai gerhana Matahari sebagian.

Selain itu, ada juga gerhana Matahari cincin, yang terjadi dikala piringan Bulan yang menghalangi cahaya Matahari lebih kecil dari piringan Matahari. Akibatnya, Bulan menghalangi sebagian besar cahaya Matahari, menyisakan lingkaran cincin Matahari yang tidak tertutupi piringan Bulan. akan terhalang oleh Bulan.
Ayo Lakukan
Bersama dengan kelompokmu, kerjakan soal berikut! Perhatikan tabel berikut!
Data MasukData Keluar
11 x 3 + 1 = 4
22 x 3 + 1 = 7
33 x 3 + 1 = 10
44 x 3 + 1 = 13
55 x 3 + 1 = 16
Pola apa yang kau lihat dari tabel di atas? Bagaimana kau menemukannya? Pola : Data masuk dikali 3 ditambah 1. Tuliskan bentuk persamaannya! x = x x 3 + 1
Sekarang, coba kau kerjakan soal berikut!
Data MasukData Keluar
11 x 3 - 1 = 2
22 x 3 - 1 = 5
33 x 3 - 1 = 8
44 x 3 - 1 = 11
55 x 3 - 1 = 14
Pola apa yang kau lihat dari tabel di atas? Bagaimana kau menemukannya? Pola : Data masuk dikali 3 dikurangi 1
Tuliskan bentuk persamaannya! x = x x 3 - 1.

Kini, saatnya kau berkreasi menciptakan soal sendiri. Buatlah tabel data masuk dan data keluar! Mintalah temanmu untuk menemukan contoh dan menuliskan persamaannya
x = x x 3 +5
Data MasukData Keluar
18
211
314
417
520
Seperti halnya antara Matahari, Bumi, dan Bulan yang saling berkaitan maka antara sikap menjaga kebersihan juga bersahabat kaitannya dengan ada tidaknya penyakit yang mungkin menyerangmu. Sekarang, saatnya kau menciptakan refleksi ihwal perilakumu dalam menjaga kebersihan sehari-hari. Tuliskan acara yang kau lakukan dan manfaat yang kau rasakan!

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat epertinya gampang dikatakan tapi penerapannya sangat sulit alasannya ialah membutuhkan kesadaran dan kesungguhan akan pentingnya menjaga kesehatan. Semua sikap insan gotong royong niscaya punya efek terhadap kesehatan, apapun bentuknya, mulai dari makan, tidur, mandi, berpakaian, hingga cara belajar, hanya saja diprioritaskan mana sikap yang berpotensi mengakibatkan penyakit.

Pada seorang siswa PHBS dilakukan tidak hanya di lingkungan rumah tapi juga di lingkungan sekolah. Upaya PHBS yang sanggup dilakukan pada usia bawah umur diantaranya:
  1. Mencuci tangan dengan air higienis yang mengalir dan sabun. Mencuci tangan yang baik ialah mencuci tangan di air yang mengalir, tujuannya supaya kotoran dari hasil basuh sebelumnya tidak ikut dipakai dikala membilas sehingga kuman-kuman penyakit sanggup lebih gampang diangkat dan dibunuh.
  2. Makan sayur buah dan daging sehingga tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakit.
  3. Menggosok gigi secara teratur. Menjaga kesehatan lisan dan gigi penting terutama dikala masa pergantian dari gigi susu. Cara yang paling gampang menjaga kesehatan lisan dan gigi ialah dengan menggosok gigi secara teratur. Menggosok gigi sebaiknya dilakukan setiap final makan dan sebelum tidur alasannya ialah dikala itulah basil berkembang dengan cepat dan berpotensi merusak gigi.
  4. Mandi dan keramas teratur. Mandi penting supaya kulit terhindar dari penyakit jamur menyerupai kadas dan kurap. Mandi sanggup dilakukan 2 kali sehari atu jikalau kekurangan air 1 kali sehari cukup, sedangkan keramas sebaiknya dilakukan setiap 3 hari sekali. Keramas bertujuan supaya rambut tetap sehat dan menghindari tumbuhnya kutu dan jamur
  5. Menimbang berat tubuh dan mengukur tinggi tubuh setiap bulan. Mengukur tinggi dan berat tubuh penting untuk memantau pertumbuhan sehingga apabila terjadi kekurangan gizi sanggup cepat ditangani.
  6. Mengikuti acara olah raga di sekolah. Olahraga bertujuan untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat, olahraga menyerupai senam memang terlihat sepele tapi gotong royong mempunyai manfaat yang besar alasannya ialah melatih otot tubuh supaya tidak kaku selain untuk mendapat udara segar dan sinar matahari pagi sebagai sumber  vitamin D.
  7. Tidur yang cukup. Tidur yang baik anak usia 6-12 tahun ialah selama 9-10 jam, tidur sanggup dilakukan mulai jam 9 malam hingga jam 6 pagi, sedangkan  jamnya lagi untuk tidur siang setiap final mengerjakan kiprah di sekolah. Saat tidur di malam hari sebaiknya dengan mematikan lampu, selain menghemat listrik tidur tanpa nyala lampu menciptakan tubuh lebih cepat beristirahat.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel