Karakteristik Anggota Tata Surya

Tata surya yakni susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet serta benda langit lainnya yang beredar mengelilingi matahari. Matahari dikelilingi delapan planet dan benda-benda langit lain. Benda-benda langit tersebut bergerak di angkasa. Benda langit bergerak dengan dua cara, yaitu berputar pada porosnya dan beredar mengelilingi matahari melalui garis edarnya. Garis edar benda langit berbentuk elips dan lazim disebut orbit.

Bumi, bulan, dan anggota tata surya lainnya bergerak mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Matahari mempunyai gaya gravitasi untuk menarik planet-planet dan benda-benda langit lain. Tetapi, planet pun mempunyai gaya tolak sehingga tidak ada planet yang tertarik dan masuk ke matahari. Karena ada gaya gravitasi dan gaya tolak planet, maka beredarlah planet mengelilingi matahari.

1. Matahari
Matahari merupakan salah satu dari jutaan bintang dan merupakan sentra dari tata surya. Sebagai bintang, Matahari memancarkan cahayanya sendiri. Dilihat dari ukurannya, matahari sangat besar. Volume matahari hampir 1.000.000 kali volume bumi. Matahari merupakan bola gas yang sangat panas dan menghasilkan cahaya. Cahaya matahari membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 28 detik untuk hingga ke bumi

Matahari berupa bola gas raksasa. Energi yang sangat besar menyebabkannya menjadi sangat panas. Suhu di sentra Matahari mencapai 15 juta (15.000.000) °C. Sementara itu, suhu di permukaan mencapai 5.000°C. Perbedaan antara matahari dan lanet yakni bahwa matahari merupakan benda
langit yang sanggup memancarkan cahaya sendiri. Sementara planet yakni benda langit yang tidak sanggup memancarkan cahaya sendiri. Planet terlihat sebagai benda bercahaya alasannya yakni planet memantulkan cahaya Matahari.

Matahari terdiri atas belahan inti dan lapisan kulit. Bagian kulit Matahari terdiri atas lapisan fotosfera, khromosfera, dan korona. Fotosfera merupakan gas yang dipancarkan ke segala penjuru. Di atas fotosfera terdapat lapisan khromosfera. Korona berada pada belahan terluar Matahari, berupa pengecap api yang menyala-nyala.

2. Planet Anggota Tata Surya
Planet yakni benda langit dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari pada lintasannya yaitu orbit. Planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi sanggup memantulkan cahaya matahari.

Planet yang beredar mengelilingi matahari berjumlah delapan, menurut hasil pertemuan para hebat atau astronom dalam Uni Astronomi Internasional tanggal 24 Agustus 2006. Planet-planet itu yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto yang tadinya termasuk ke dalam planet, kini dinamakan planet kerdil yang masuk ke dalam satelit.

Planet-planet dikelompokkan dengan lintasa Asteroid sebagai pembatas, yaitu planet dalam  dan planet luar . Planet dalam adlah planet-planet yang orbitnya di sebelah dalam lintasan asteroid. Yang termasuk planet dalam yakni : Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet luar yakni planet-planet yang orbitnya disebelah luar lintasan asteroid. Yang termasuk planet luar adalah: Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Beberapa planet mempunyai nama lain alasannya yakni sifat-sifat planet tersebut. Misalnya Merkurius sering juga disebut dengan: Bintang senja atau Bintang pagi. Nama lain dari venus adalah: Bintang fajar, Bintang timur, dan Bintang kejora. Nama lain planet Mars yakni planet merah dan Mars mempunyai nama lain Marikh atau Anggar. Nama lain dari Yupiter yakni Masturi atau Respati.

Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Waktu yang diharapkan planet untuk sekali revolusi disebut kala revolusi. Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang dinamakan satu tahun.
NoAspekKarakteristikKelompok
1.Nama Planet:MerkuriusPlanet Dalam
Kala Rotasi:59,0 Hari
Kala Revolusi:87,97 Hari
Atmosfer:Uap Natrium, Kalium yang tipis
Satelit Alam:-
Jarak Ke Matahari:57,9 Juta km
Diameter Planet:4,875 km
Suhu Siang/Malam:430°C/-170°C
2.Nama Planet:Venus
Kala Rotasi:243,0 Hari
Kala Revolusi:224,7 Hari
Atmosfer:Karbon Dioksida (CO₂), Nitrogen
Satelit Alam:-
Jarak Ke Matahari:108,2 Juta km
Diameter Planet:12.119 km
Suhu Siang/Malam:470°C/-200°C
3.Nama Planet:Bumi
Kala Rotasi:23,9 Jam
Kala Revolusi:365,1/4 Hari
Atmosfer:N, O₂, ARGON, CO₂, OZON, Gas lain
Satelit Alam:(1) Bulan
Jarak Ke Matahari:150 Juta km
Diameter Planet:12,757 km (khatulistiwa)
Suhu Siang/Malam:30°C/10°C
4.Nama Planet:Mars
Kala Rotasi:24,62 Jam
Kala Revolusi:678 hari
Atmosfer:Karbon Dioksida , Nitrogen, Oksigen, Argon, Gas lain
Satelit Alam:(2) Phobos dan Deimos
Jarak Ke Matahari:230 Juta km
Diameter Planet:6.760 km
Suhu Siang/Malam:6°C/-70°C
5.Nama Planet:JupiterPlanet Luar
Kala Rotasi:9 jam 55 menit
Kala Revolusi:11,9 tahun
Atmosfer:Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
Satelit Alam:(63) di antaranya Europa, Ganymede, Callisto
Jarak Ke Matahari:778,3 Juta km
Diameter Planet:142.796 km
Suhu Siang/Malam:21°C/-140°C
6.Nama Planet:Saturnus
Kala Rotasi:10, 2 jam
Kala Revolusi:29,46 Tahun
Atmosfer:Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
Satelit Alam:(56) di antaranya Dione, Rhea, Titan
Jarak Ke Matahari:1,4 milyar km lebih
Diameter Planet:120.000 km
Suhu Siang/Malam:-190°C/-190°C
7.Nama Planet:Uranus
Kala Rotasi:17,25 Jam
Kala Revolusi:84, 02 tahun
Atmosfer:Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
Satelit Alam:(27) di antaranya Miranda, Ariel, Umbriel
Jarak Ke Matahari:3 milyar km
Diameter Planet:50.800 km
Suhu Siang/Malam:-180°C/-180°C
8.Nama Planet:Neptunus
Kala Rotasi:16,1 Jam
Kala Revolusi:165 tahun
Atmosfer:Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
Satelit Alam:(8) di antaranya Triton, Proteus, Nereid
Jarak Ke Matahari:4.450 juta km
Diameter Planet:44.600 km
Suhu Siang/Malam:-220°C/-220°C

3. Komet, Asteroid, Meteoroid, dan Satelit
Selain Matahari dan delapan planet, masih ada benda langit lainnya. Benda langit tersebut antara lain komet, asteroid, meteoroid, dan satelit.

a. Komet
Komet yakni benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong. Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani, kometes yang berarti "rambut panjang". Sebuah komet terdiri atas debu dan es. Seperti anggota lainnya, komet juga bergerak mengelilingi Matahari. Ekor komet selalu menjauhi Matahari.  Komet paling terperinci dan populer yakni Halley. Komet ini muncul setiap 76 tahun sekali. Selain Halley, ada komet Encle yang muncul 3,3 tahun sekali, komet Biela muncul 6,6 tahun sekali, dan komet Kohoutek muncul 2 tahun sekali.

b. Asteroid
Asteroid yakni benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita.Asteroid yakni teladan dari homogen planet kecil (atau disebut juga planetoida), namun jauh lebih kecil dari sebuah planet. Asteroid berada dalam sebuah sabuk antara Mars dan Yupiter yang disebut sabuk asteroid.

Diameter Asteroid berkisar antara 1 - 750 km. berapa Asteroid yang besar yakni Ceres, Pallas, Juno, Vesta, dan Eros. Selain itu juga ada asteroid di sekitar Saturnus dan Uranus yang dinamakan Chiron.

c. Meteoroid
Meteoroid yakni batu-batu angkasa berukuran kecil-kecil yang melayang-layang bebas di angkasa dan bergerak cepat. Lintasan meteoroid tidak beraturan dan tidak mengorbit kepada Matahari. Benda tersebut ukurannya kecil dan orbitnya tidak beraturan. Meteorid ini sering disebut dengan bintang jatuh. Meteoroid yang meluncur ke bumi dan mengeluarkan lintasan cahaya disebut meteor.

Meteoroid yang hingga ke permukaan bumi disebut meteorit. Meteorit ini sanggup mengakibatkan gempa bumi dan kawah yang besar. Kawah yang ditimbulkan oleh jatunya meterorid disebut kawah meteor. Meteorid dengan berat 50.000 ton pernah jatuh di Arizona, Amerika Serikat.

d. Satelit
Satelit yakni benda angkasa yang mengelilingi planet atau sering disebut pengiring planet. Satelit juga merupakan anggota tata surya. Bumi mempunyai 1 satelit yaitu bulan. Planet yang tidak mempunyai satelit yakni planet Merkurius dan Venus. Sedangkan satelit terbesar yakni Ganimede yang mengitari Jupiter dengan diameter 5.262 km.

0 Response to "Karakteristik Anggota Tata Surya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel