Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku

Apakah kau mempunyai seorang pemimpin idola? Siapa pemimpin idolamu? Apa yang telah diperbuatnya sehingga ia dijadikan pemimpin idolamu?

Ayo Cari Tahu
Kamu sudah berguru wacana kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita, banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kau mempunyai seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kau mengidolakannya? Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan pola kegiatan yang telah dilakukannya.

Diskusikan tulisanmu dengan goresan pena sobat satu kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil goresan pena mereka? Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola sobat satu kelompokmu.

Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan pola kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.

Sampaikan hasil kerja kelompokmu kepada sobat satu kelas. Apakah kau melihat persamaan dan perbedaannya?

Pemimpin idola sanggup berasal dari aneka macam kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola sobat sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari pola yang diberikan.
Nama Pemimpin IdolaPosisiBidangPrestasi
Poli-tikEko-nomiSo-sialBu-dayaPendi-dikan
BadruKepala Desa----Menjalankan jadwal budaya tegur sapa
Dr. Bambang Wibowo, S.Og (K)Kepala RS Kariadi Semarang----Pelayanan Jaminan Kesehatan Terbaik
Sulfa FuadiKetua Primkop Tahu Tempe Brebes----Keterbukaan dan Efisiensi Primer Koperasi Tahu Tempe (Primkopti) Brebes
Drs. I Wayan Rika, M.PdKepala SMAN 4 Denpasar----Hasil UN Terbaik Sekolah Menengan Atas tahun 2016
Ki Mantheb SudharsonoDalang----Penghargaan Makara Utama bidang sosial budaya atas pengabdian Ki Manteb Soedharsono kepada dunia wayang di Indonesia.
Pemimpin idola mempunyai nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya kita banyak berguru dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita. Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, forum tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan pola yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.
No.Pemimpin IdolaKelem-bagaanTugasManfaat Lembaga
1.DokterRumah Sakit (Sosial)
  1. Melakukan investigasi dan mendiagnosa penyakit pasien secara cepat dan tepat.
  2. Memberikan terapi untuk kesembuhan penyakit pasien.
  3. Menangani penyakit akut dan kronik.
  1. Tempat warga berobat
  2. Tempat warga mendapat obat
  3. Tempat mendapat perawatan kesehatan masyarakat
  4. Tempat masyarakat dan keluarga mendapat isu wacana kesehatan
2.Kepala KeluargaRumah (Sosial)
  1. Memelihara fisik keluarga dan para anggotanya.
  2. Memelihara sumber-sumber daya yang ada dalam keluarga.
  3. Pembagian kiprah masing-masing anggotanya sesuai dengan kedudukannya masing-masing.
  4. Pemeliharaan ketertiban anggota keluarga.
  5. Penempatan anggota-anggota keluarga dalam masyarakat yang lebih luas.
  1. Mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan.
  2. Mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi Perlindungan. Tugas keluarga yakni melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik.
  4. Fungsi Religius. Tugas keluarga yakni memperkenalkan dan mengajak anak dalam kehidupan beragama.
  5. Fungsi Ekonomis. Tugas kepala keluarga yakni mencari sumber-sumber kehidupan.
3.Ketua
RT
Rukun Tetangga (Politik)
  1. Membantu menjalankan kiprah pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota.
  2. Memelihara Kerukunan hidup warga;
  3. Menyusun planning & melaksanakan pembangunan dengan membuatkan aspirasi masyarakat.
  1. Pendataan kependudukan dan pelayanan manajemen pemerintahan
  2. Pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan kerukunan hidup antarwarga;
  3. Pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan
  4. Penggerak swadaya bahu-membahu dan partisipasi masyarakat
4.Ketua
RW
Rukun Warga (Politik)
  1. Menggerakan Swadaya bahu-membahu partisipasi masyarakat diwilayahnya
  2. Membantu kelancaran kiprah pokok LPM di desa dan kelurahan dalam bidang pembangunan
  1. Pengkordinansian pelaksanaan kiprah tugas RW
  2. Fasilitas dalam kekerabatan antar RW dan antar masyarakat dengan Pemerintahan Desa atau kelurahan dan Daerah
5.Kepala Desa/
lurah
Pemerintah Desa (Politik)
  1. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa menurut kebijakan yang ditetapkan bersama BPD;
  2. Mengajukan dan memutuskan rancangan peraturan desa;
  3. Menyusun dan mengajukan rancangan APBDesa untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD;
  4. Membina kehidupan dan perekonomian masyarakat desa;
  1. Meningkatkan kesejahteraan dan ketertiban masyarakat;
  2. Melaksanakan kehidupan demokrasi;
  3. Melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang bersih.
  4. Menjalin kekerabatan kerja dengan seluruh kawan kerja pemerintahan desa;
  5. Menyelenggarakan manajemen pemerintahan desa yang baik;
  6. Melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan desa;
  7. Membina, mengayomi dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya dan budpekerti istiadat;
6.Bupati/
Walikota
Pemerintah Kabupaten (Politik)
  1. Memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten bersama DPRD;
  2. Mengajukan rancangan Perda dan memutuskan Perda.
  3. Mengupayakan terlaksananya kewajiban Daerah;
  4. Mewakili Daerahnya di dalam dan di luar pengadilan.
  1. Menyediakan sarana sosial dan sarana umum yang layak.
  2. Mengembangkan sistem jaminan sosial.
  3. Menyusun perencanaan dan tata ruang pada kawasan yang bersangkutan.
  4. Melestarikan lingkungan hidup.
  5. Membentuk dan menerapkan aneka macam peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan kewenangannya.
7.Kepala
Sekolah
Pendidikan
  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan. membina kesiswaan.
  2. Melaksanakan bimbingan dan evaluasi bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya.
  3. Menyelenggarakan manajemen sekolah.
  4. Merencanakan pengembangan, pendayagunaan, dan pemeliharaan sarana prasarana.
  5. Melaksanakan kekerabatan sekolah dengan lingkungan, orang renta dan / masyarakat
  1. Mengembangkan pola berpikir anak didik, mencerdaskan dan menawarkan pengetahuan yang luas;
  2. Tempat bersosialisasi dengan sobat sebaya, para pendidik atau orang yang ada di lingkngan sekitar;
  3. Menumbuhkan sifat kedewasaan anak didik;
  4. Mengembangkan talenta anak didik untuk terjun dalam masyarakat;
  5. Memberikan bekal yang cukup sesuai kebutuhannya di masyarakat.
8.Kepala
Cabang
Bank
Bank (Ekonomi)
  1. Mengawasi serta melaksanakan koordinasi kegiatan operasional bank
  2. Memonitor kegiatan operasional bank
  3. Melakukan pengembangan kegiatan operasional bank
  4. Memberikan solusi terhadap semua duduk kasus yang dihadapi bank
  1. Mendukung kelancaran prosedur pembayaran
  2. Penghimpunan dana simpanan nasabah
  3. Mendukung kelancaran transaksi perbankan
  4. Penyimpanan surat berharga
  5. Memberikan pertolongan kepada nasabah yang membutuhkan.
  6. Pemberian jasa-jasa lainnya
9.Ketua
Koperasi
Koperasi (Ekonomi)
  1. Mengendalikan seluruh kegiatan koperasi
  2. Memimpin dan mengontrol jalannya kegiatan koperasi
  3. Mengambil keputusan atas hal-hal yang dianggap penting.
  4. Mengkoordinasikan pengadministrasian koperasi.
  1. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian indonesia
  2. Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi indonesia
  3. Meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi
  4. Memperkokoh perekonomian rakyat indonesia dengan jalan pelatihan koperasi
10.Ketua
Pusat
Budaya
Budaya
  1. Mengembangkan dan mempertahankan budaya yang ada di masyarakat biar tidak mengalami kepunahan.
  2. Menggali budaya-budaya kawasan yang ada untuk memperkaya budaya nasional
  1. Pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, seni, lingkungan, pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah/negara.
  2. Berperan serta dalam pelestarian seni dan budaya. baik seni dan budaya kawasan maupun nasional akan tetap sanggup lestari dan berkembang.
Nilai-nilai kepemimpinan dari beberapa tokoh idola yang tersaji dalam tabel antara lain sebagai berikut.
  1. Mendengarkan masukan artinya sebagai seorang pemimpin harus mau mendengarkan masukan yang berasal dari siapapun yang sanggup membuatkan kepemimpinannya. Masukan yang berupa saran maupun pendapat perlu dperhatikan demi perbaikan ke depan.
  2. Memperhatikan kesejahteraan, sebagai seorang pemimpin harus mau memperhatikan kesejahteraan anggota organisasi yang dipimpinnya. Dengan kesejahteraan anggota yang terjamin kinerja organisasi akan berjalan dengan baik sehingga tujuan tercapai.
  3. Menghormati perbedaan artinya setiap anggota mempunyai kemampuan dan aksara yang berbeda. Sebagai seorang pemimpin harus sanggup menggabungkan kemampuan dan aksara yang berbeda tersebut menjadi padu sehingga menunjang jalannya organisasi.
  4. Jujur, pemimpin yang baik harus jujur alasannya yakni dengan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan anggota kepada pemimpinya. Sikap jujur menjadikan perasaan yummy dan hati tenang, jujur akan membuat pelakunya menjadi damai alasannya yakni ia tidak takut akan diketahui kebohongannya.
  5. Berkomunikasi dengan baik. Pemimpin yang baik sanggup memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam organisasinya dengan persepsi yang sama dan jelas.
  6. Menjadi Teladan. Pemimpin harus berada di garda terdepan dan menawarkan dampak yang baik bagi anggotanya. Dalam segala hal dirinya bisa menjadi teladan.
  7. Tekun. Seorang pemimpin tidak cukup hanya punya kemampuan, pemimpin yang baik sangat tekun dalam pencapaian tujuan dan visi yang telah ditetapkan.
  8. Penuh Semangat. Seorang pemimpin yang baik harus membawa energi yang sangat besar bagi bawahannya, dan selalu mempunyai semangat yang senantiasa dikobarkan dalam setiap kiprah yang diberikan, dalam setiap bidang yang ditangani kapanpun dan dimanapun.
Ayo Bacalah
Kita mengidolakan seorang pemimpin alasannya yakni kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, berguru dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!

Pamanku, Lurah Idola
  1. Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan kemudahan yang diperolehnya tidak dipakai untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.
  2. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai berguru sederhana untuk tempat warga berguru membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.
  3. Pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum memilih kebijakan.

Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Apakah kau mempunyai nilai-nilai yang sama dengan nilai-nilai pemimpin idolamu? Tulislah nilai-nilai kepemimpianmu yang mencerminkan persatuan dan kesatuan ketika kau berada di sekolah. Jangan lupa sertakan pola perilakumu yang mencerminkan nilai-nilai tersebut dan keuntungannya bagimu.

Salah satu tokoh dalam dongeng di atas yakni seorang lurah. Apa yang kau ketahui wacana lurah? Tulislah jawabanmu di bawah ini.
Lurah merupakan pimpinan dari Kelurahan sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau Kota. Seorang Lurah berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Tugas Lurah yakni melaksanakan Kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Camat sesuai karakteristik wilayah dan kebutuhan Daerah serta melaksanakan Pemerintahan lainnya menurut ketentuan Peraturan perundang-undangan.
Ayo Bertanya
Kamu dan sobat sekelasmu akan pergi ke kelurahan untuk mewawancarai lurah. Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk diajukan kepada lurahmu. Pertanyaanmu harus memuat hal–hal yang berafiliasi dengan jadwal kerja, manfaat kelurahan bagi warga, pendapat lurah wacana warga, dan kegiatan staf kelurahan. Kamu sanggup menambahkan hal lainnya sesuai kebutuhan. Apabila di daerahmu tidak ada lurah, kau bisa mewawancarai kepala desa. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan isu yang ingin diperoleh.

Ayo Ceritakan
Setelah mewawancarai lurah di kantornya, kau sanggup menceritakan isu yang kau peroleh melalui tulisan. Tulisanmu sanggup juga memuat:
  1. Tugas lurah
  2. Kegiatan yang sudah dilakukan
  3. Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki
  4. Manfaat kegiatan kelurahan bagi masyarakat
Tugas ini bisa kau selesaikan di rumah.

Tugas seorang lurah antara lain sebagai berikut :
  1. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa menurut kebijakan yang ditetapkan bersama BPD;
  2. Mengajukan dan memutuskan rancangan peraturan desa;
  3. Menyusun dan mengajukan rancangan APBDesa untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD;
  4. Membina kehidupan dan perekonomian masyarakat desa;
Kegiatan yang telah dilakukan lurah antara lain :
  1. Membentuk Tim Pengawas Kebersihan Tingkat Kelurahan, sebagai Wujud Pningkatan Intensitas Pengelolaan Persampahan. 
  2. Melakukan Pelarangan Kepada Masyarakat Untuk tidak membuang Sampah di sembarang Tempat Terutama pada Sungai, Got/Drainase, Pada tempat atau Lahan Kosong yang belum terdapat bangunan. 
  3. Koordinasi Peningkatan Sarana dan Prasarana air Limbah domistik/limbah rumah tangga (drinase Perkotaan) dengan dinas terkait. 
  4. Koordinasi Pembangunan MCK Umum dan Sanitasi Lingkungan dengan dinas Kesehatan. 
  5. Koordinasi Peningkatan sarana dan Prasarana Air bersih, pada dinas Tekait. 
  6. Koordinasi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat pada Puskesmas atau Sarana Kesehatan Lainnya.
  7. Kordinasi Peningkatan sarana dan Prasarana Olah Raga pada instansi Terkait. 
  8. Melakukan Pembersihan secara Rutin, bersama semua komponen masyakat  pada susukan drinase perkotaan dari timbulan sampah dan membersihkan gulma dan sedimentasi untuk mencegah banjir dan genangan.
Nilai Kepemimpinan Lurah antara lain sebagai berikut :
  1. Mendengarkan masukan artinya sebagai seorang pemimpin harus mau mendengarkan masukan yang berasal dari siapapun yang sanggup membuatkan kepemimpinannya. Masukan yang berupa saran maupun pendapat perlu dperhatikan demi perbaikan ke depan.
  2. Memperhatikan kesejahteraan, sebagai seorang pemimpin harus mau memperhatikan kesejahteraan anggota organisasi yang dipimpinnya. Dengan kesejahteraan anggota yang terjamin kinerja organisasi akan berjalan dengan baik sehingga tujuan tercapai.
  3. Jujur, pemimpin yang baik harus jujur alasannya yakni dengan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan anggota kepada pemimpinya. Sikap jujur menjadikan perasaan yummy dan hati tenang, jujur akan membuat pelakunya menjadi damai alasannya yakni ia tidak takut akan diketahui kebohongannya.
  4. Berkomunikasi dengan baik. Pemimpin yang baik sanggup memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam organisasinya dengan persepsi yang sama dan jelas.
  5. Menjadi Teladan. Pemimpin harus berada di garda terdepan dan menawarkan dampak yang baik bagi anggotanya. Dalam segala hal dirinya bisa menjadi teladan.
  6. Tekun. Seorang pemimpin tidak cukup hanya punya kemampuan, pemimpin yang baik sangat tekun dalam pencapaian tujuan dan visi yang telah ditetapkan.
Manfaat lurah bagi masyarakat antara lain :
  1. Kesejahteraan dan ketertiban masyarakat semakin mmeningkat.
  2. Masyarakat memperoleh pelayanan dalam bidang adinistrasi menyerupai pengurusan KTP dan surat-surat yang lainnya
  3. Nilai-nilai sosial budaya dan budpekerti istiadat setempat menjadi terbina dan terayomi dengan baik.

Ayo Lakukan
Buatlah planning pidato yang mengajak sobat sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk berguru membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Teks pidato harus memuat:
  1. Salam pembuka. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
  2. Pendahuluan. Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini kau akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.
  3. Inti. Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat permintaan atau bujukan dipakai untuk mengajak pendengar melaksanakan kegiatan yang diharapkan. Keterangan lengkap wacana topik disampaikan secara rinci.
  4. Penutup. Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup. Berisi kalimat salam epilog menyerupai ‘terima kasih’.
Teks Pidato Pentingnya Membaca
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak / ibu guru, serta teman-teman yang saya cintai
Segala puji bagi Allah swt yang menguasai seluruh alam. Semoga rahmat dan salam dicurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, kepada keluarga serta sahabat seluruhnya. Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya memberikan pidato singkat wacana pentingnya budaya membaca.

Buku yakni jendela dunia, membaca yakni kuncinya. Anda hanya bisa membuka jendela dunia dengan membukanya, yakni lewat kegiatan membaca. Membaca akan menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melebihi usia Anda.

Membaca yakni sebuah keharusan kalau kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku, maka di jaman yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku alasannya yakni segala animo telah tersedia di dunia maya.

Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca siswa sanggup memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah isu bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Kaprikornus terang dampak bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa.

Meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah, sanggup dilakukan oleh seluruh warga sekolah. Hal yang sanggup dilakukan oleh Kepala sekolah yaitu meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah baik dari segi sarana maupun prasarana, dalam hal ini menambah koleksi buku baik jumlah maupun ragam buku judul buku, serta membuat suasana perpustakaan yang mendukung.

Dengan banyaknya buku bacaan yang dimiliki perpustakaan, dibutuhkan minat akseptor didik untuk membaca semakin tinggi, Sebenarnya untuk menambah jumlah inventaris buku perpustakaan, sekolah bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bahkan dalam dana BOS, ada alokasi sebesar lima persen untuk pengadaan buku-buku perpustakaan. Maka dari itu, semestinya setiap tahun jumlah buku perpustakaan yang dimiliki sekolah terus bertambah.

Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan menjadi potongan dari PBM. Guru mata pelajaran membuat metode pembelajaran yang sanggup merangsang minat baca siswa. Misalnya, pada ketika jam berguru guru sanggup mengajak siswanya untuk mencari isu secara eksklusif dari buku. Jadi, perpustakaan sebagai salah satu sumber berguru baik bagi siswa maupun guru.

Perpustakaan mengadakan kegiatan lomba misalnya, lomba menulis cerpen atau mengarang, membuat klipping, yang masih berkaitan dengan membaca. Jika ini dilakukan lambat laun akan menumbuhkan minat baca dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan dan budaya.

Memberikan penghargaan bagi siswa yang rajin membaca. Penghargaan yang diberikan siswa sanggup berupa hadiah atau piagam. Siswa yang diberikan penghargaan juga dilihat dari prestasinya bukan alasannya yakni rajin meminjam buku. Ada peningkatan prestasi sesudah meminjam buku.

Membuat slogan. Perpustakaan harus bekerja sama dengan guru seni dalam pembuatan sloganmisalnya, “Tiada hari tanpa membaca” sanggup dibentuk karya seni. Hasil karya sebagian diberikan kepada perpustakaan dan diberikan kepada kelas-kelas. Dapat menjadi motivasi siswa rajin membaca.

Untuk itu marilah kita ciptakan suasana yang nyaman ketika membaca. Lakukan kegiatan secara bertahap. Misalnya dari selembar artikel, sedikit demi sedikit ke buku yang tipis hingga buku yang tebal. Selanjutnya cermati apa yang kita baca biar sanggup diterima ilmunya secara maksimal. Dan yang terakhir, sampaikan apa yang kita baca kepada orang lain biar lebih bermanfaat.

Apabila hal-hal tersebut telah menjadi sebuah rutinitas dan menimbulkan membaca menjadi sebuah kebiasaan atau bahkan kebutuhan. Maka kita akan mencicipi manfaat-manfaat yang besar, yang timbul alasannya yakni kegiatan membaca tersebut. Marilah kita tumbuhkan minat membaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita.

Demikianlah pidato saya kali ini yang kesimpulannya yakni membaca sangat penting bagi siswa untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Budaya membaca di sekolah sanggup dikembangkan oleh seluruh warga sekolah. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda. Terima kasih

Wasalamualaikum wr.wb.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel