Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Tahukah kau bahwa batik Indonesia sudah mendunia? Ini menandakan bahwa produk Indonesia juga bisa bersaing di abad global. Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat besar hati dengan hal tersebut. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut perihal batik Indonesia.

Ayo Amati
Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia
Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibentuk khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah digunakan oleh banyak sekali kalangan, bahkan telah mendunia. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO memperlihatkan akreditasi dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan menurut area pembuatannya: batik pedalaman dan batik pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain mempunyai makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui banyak sekali pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif batik Indonesia sesudah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Misalnya, mendiang Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, dia kerap memakai batik Indonesia dalam kesehariannya. Begitu juga dikala dia berkunjung ke Inggris untuk bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu taktik yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia yaitu menciptakan kreasi motif dan warna yang diubahsuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Ayo Bertanya
Secara berpasangan, tulislah hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut perihal keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan
  1. Darimana seni batik berasal?
  2. Bagaiaman perkembangan seni batik di Indonesia?
  3. Mengapa seni batik sanggup mendunia?
Jawab pertanyaan berikut menurut teks
  1. Apa tujuan awal pembuatan batik?  Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibentuk khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.
  2. Jelaskan apa yang kau ketahui perihal motif batik Indonesia? Motif batik Indonesia yaitu kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik disebut juga corak batik atau pola batik.
  3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional? Melalui banyak sekali pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri
  4. Tulis komentarmu sesudah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia? Sangat membanggakan alasannya seni tradisional Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya internasional.
  5. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks yang telah kau baca. Mendunia artinya populer hingga ke banyak sekali penjuru dunia atau dengan kata lain go international.
  6. Tulis kesimpulanmu memakai 3 kalimat perihal bacaan yang telah kau baca. Seni batik berawal dari seni yang khusus dibentuk untuk petinggi keraton yang dikala ini sudah mendunia. Batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Untuk itu para pengrajin batik harus menciptakan kreasi motif dan warna sesuai selera pembeli.
Ayo Berkreasi
Setelah mengenal batik Indonesia, kini saatnya kau mempraktikkan menggambar motif batik di atas kain mori atau blacu (atau materi apa saja yang tersedia di wilayahmu yang sanggup digunakan untuk merancang motif batik)

Ayo Bertanya
Diskusikan dengan sobat di sebelahmu motif batik yang gres saja kau amati. Tulis hal yang akan kau ketahui lebih lanjut perihal batik tersebut dalam bentuk pertanyaan.
  1. Bagaimana cara menciptakan pola motif batik?
  2. Apa saja alat dan materi yang dibutuhkan dalam menciptakan motif batik?
  3. Apa saja jenis motif batik di sekitar daerah tinggalmu?
Ayo Berkreasi
Sekarang kau akan menciptakan rancangan motif batik. Perhatikan langkah-langkah menciptakan batik berikut.
Alat & Bahan :
  1. Mori (kain putih khusus untuk membatik) atau blacu (atau materi apa saja yang tersedia di wilayahmu yang sanggup digunakan untuk merancang motif batik)
  2. Pensil
  3. Rancangan pola
Merancang pola
Gambar rancangan pola batikmu di atas mori atau materi lain yang homogen yang terdapat di wilayahmu. Pola batik yang sudah kau rancang akan digunakan untuk aktivitas membatik di pertemuan berikutnya.

Ayo Lakukan
Seperti yang sudah kau ketahui bahwa batik Indonesia sudah diekspor ke banyak sekali negara. Batik tersebut dikemas dalam banyak sekali bentuk. Berikut yaitu teladan beberapa kemasan batik. Tahukah kau cara merancang kemasan tersebut? Ayo, kita cari tahu.

Agar terlihat menarik, kini batik dikemas dalam banyak sekali bentuk. Ada kemasan yang berbentuk balok, silinder, dan kubus. Hal serupa juga kita temukan pada kemasan banyak sekali produk yang ada di sekitar kita. Sekarang amati banyak sekali kemasan produk yang kau bawa dari rumah.

Ambil kemasan yang berbentuk kubus atau balok. Kemudian bukalah kemasan tersebut sehingga kau bisa mengenal lebih jauh sifat-sifat dan jaringjaringnya.

Ayo Bekerja Sama
Kamu akan bekerja secara berpasangan untuk mencari diagonal ruang dan diagonal bidang pada kubus.
Alat yang diharapkan untuk aktivitas ini:
  1. Gunting
  2. Lem
  3. Penggaris
  4. Alat tulis
  5. Spidol
  6. Double tape/selotip/lem
Bahan-bahan
  1. Lidi (tusuk sate) atau sedotan
  2. Benang wol secukupnya
  3. Kalender bekas
Produk yang dihasilkan yaitu sebagai berikut:

Langkah-langkah menciptakan kerangka kubus dari lidi (tusuk sate):
  1. Ukur lidi (tusuk sate) sepanjang yang dibutuhkan dengan memakai penggaris dan alat tulis (lidi sebanyak 12 buah alasannya kubus terdiri atas 12 buah rusuk).
  2. Potong lidi (tusuk sate) yang sudah diukur sama panjang.
  3. Rekatkan 12 buah lidi tersebut menjadi sebuah kerangka kubus dengan memakai lem kayu (atau lem sejenis).
  4. Setelah terbentuk kerangka kubus, gunakan kertas kalender bekas untuk menulis label A, B, C, D, E, F, G, H dan tempelkan menyerupai pada gambar.
Cara penggunaan:
Perhatikan kerangka kubus yang telah dibuat. Dari kerangka tersebut, kita sanggup menemukan ciri-ciri kubus, yaitu:
  1. Rusuknya sama panjang.
  2. Sudutnya sama besar.
  3. Jumlah rusuknya 12 buah.
  4. Jumlah bidangnya 6 buah.
Bagaimana cara mengetahui diagonal bidang pada kubus? Perhatikan bidang ABCD
  1. Ikatkan ujung benang wol pada sudut A.
  2. Tarik ujung lainnya pada sudut C.
  3. Benang dari A-C yaitu merupakan diagonal bidang.
Diagonal ruang pada kubus tersebut yaitu garis AG, BH, DF, dan CE. Jika kita tarik benang dari A ke G dan A ke C, maka akan dihasilkan berdiri datar baru.

Ada berapa diagonal ruang yang terdapat pada kubus? Jelaskan jawabanmu! 4.

Kamu telah melaksanakan percobaan untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus. Buatlah beberapa denah yang memperlihatkan proses kau mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas berpetak berikut.

Tulis kesimpulanmu perihal denah yang telah dibuat.
Presentasikan denah yang telah kau buat dalam kelompok.

Ayo Cari Tahu
Kamu telah melaksanakan praktik untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus. Ayo, kita cari tahu sifat-sifat kubus lainnya melalui gambar berikut!

Jawab pertanyaan berikut:
  1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada kubus? 6
  2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada kubus? 12
  3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada kubus? 8
  4. Berapa banyak diagonal bidang yang terdapat pada kubus? 12
  5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada kubus? 4
Tulis kesimpulanmu perihal diagonal bidang dan diagonal ruang yang terdapatpada kubus.
Kubus yaitu berdiri ruang yang mempunyai memiliki 6 sisi yang ukuran dan modelnya sama. mempunyai 12 rusuk yang ukurannya sama. mempunyai 8 buah sudut yang sama besar (90o), mempunyai 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang.

Tahukah Kamu?
Globalisasi: Menembus Ruang dan Waktu
Dewasa ini kita sanggup dengan gampang menemukan banyak sekali produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan banyak sekali negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara. Kita juga dengan gampang menyaksikan siaran eksklusif dari banyak sekali pecahan dunia melalui tayangan televisi. Kita pun mencicipi betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat, keluarga, dan rekan bisnis. Kita mencicipi seakan-akan tidak ada lagi batasan ruang dan waktu di abad globalisasi ini.

Apa itu globalisasi?
Secara sederhana Globalisasi sanggup diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia (Kamus Besar Bahasa Indonesia 2011). Globalisasi akan kuat pada suatu bangsa, masyarakat, dan individu. Pengaruh yang ditimbulkan globalisasi terjadi di banyak sekali bidang, di antaranya: pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Globalisasi menciptakan suatu kenyataan bahwa kehidupan dunia menjadi satu kesatuan menyerupai sebuah desa global dimana kehidupan insan secara individu, kelompok, atau bangsa-bangsa menjadi saling bergantung dan saling memengaruhi dalam banyak sekali aspek kehidupan.

Ayo Diskusikan
Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan berikut.
  1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘menembus ruang dan waktu’ pada bacaan di atas? Jelaskan. Globalisasi menembus ruang dan waktu artinya globalisasi menyebar ke seluruh dunia tanpa terhalang oleh batas negara, ruang dan waktu.
  2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan teladan dalam kehidupanmu sehari-hari? Globalisasi yaitu proses masuknya ke runag lingkup dunia contohnya yaitu cepat menyebarnya gosip melalui internet.
  3. Apa efek globalisasi yang kau rasakan dikala ini? Saat ini kita sanggup mencari materi pelajaran di internet dengan gampang tanpa harus membuka-buka buku.
  4. Jelaskan maksud ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ Berikan teladan dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan timbal balik antara insan dan lingkungan menciptakan masyarakat lebih peduli dan khawatir, contohnya sikap insan yang suka membuang sampah sembarangan akan berkurang dengan adanya relasi timbal balik ini. Hubungan menciptakan kedua eemen saling bergantungan dengan kelebihan masing-masing dan kebutuhan yang saling sanggup dipenuhi. Contoh ketergantungan dalam relasi antara lain relasi antara orangtua dan anak yang tak terpisahkan hingga kapanpun.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel