Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Kita berada di era globalisasi. Pengertian Globalisasi berdasarkan bahasa ialah Global dan sasi, Global ialah mendunia, dan Sasi ialah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi berdasarkan ahasa ini di gabungkan menjadi "Proses sesuatu yang mendunia". Pengertian Globalisasi secara singkat ialah " Sebuah proses dimana antar individu / kelompok menghasilkan suatu imbas terhadap dunia "

Apakah kau sanggup menyebutkan dan menjelaskan fakta wacana globalisasi yang ada di sekitarmu?

Ayo Amati
Amati banyak sekali produk yang ada di sekitarmu! Produk tersebut sanggup berupa pakaian yang kau pakai, temanmu, dan gurumu kenakan, atau produk lain yang ada di sekitar kelas. Bisakah kau menerka negara mana yang memproduksi produk tersebut? Lengkapi tabel berikut!
No.Nama BarangNegara Asal
1.Karpet dari TurkiTurki
2.Boneka dari TiongkokTionkok (China)
3.Mobil dari JepangJepang
4.Jam tangan dari SwissSwiss
5.Susu dari Selandia BaruSelandia baru
6.Batik dari IndonesiaIndonesia
Ayo Bertanya
Diskusikan secara berkelompok hal yang ingin kau ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatanmu sehubungan dengan globalisasi. Tuliskan dalam bentuk pertanyaan.
  1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
  2. Mengapa globalisasi terjadi?
  3. Apa dampak positif dan negatif globalisasi?
Ayo Bekerja Sama
Secara berpasangan, amati gambar dan peta berikut. Produk-produk yang terdapat di sekeliling peta sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tarik garis dari produk ke negara asal produk tersebut.

Produk tersebut diproduksi oleh negara tertentu. Namun, produk tersebut sanggup diperoleh di negara lain, contohnya kendaraan beroda empat buatan Jepang, yang sanggup juga dibeli di negara lain. Mengapa hal tersebut sanggup terjadi? Jelaskan alasanmu! Tulis kesimpulanmu..
Karena proses globalisasi kita sanggup berinteraksi dengan negara lain ibarat interaksi dalam perdagangan, budaya banyak sekali negara,dsb
Ayo Cari Tahu
Kita sering mendengar bahwa masa ke-20 merupakan masa globalisasi. Berbagai insiden dari banyak sekali kepingan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita sanggup bekerjasama dengan sanak-saudara, kerabat atau sahabat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar.

Riuh rendah informasi di banyak sekali media membahas ulasan pertandingan sepak bola di kejuaraan piala dunia. Anak-anak tidak mau kalah seru mendiskusikan pertandingan demi pertandingan. Di lorong sekolah, bersahutan mereka mengomentari tim unggulan masing-masing dikala waktu istirahat.

Globalisasi ialah suatu proses menjadi global atau mendunia. Peristiwa yang terjadi di kepingan dunia lain sanggup kita saksikan eksklusif tanpa harus mendatanginya. Contohnya ibarat pertandingan sepakbola piala dunia yang kalian diskusikan tadi. Dengan globalisasi, kita juga dimungkinkan berkomunikasi dengan kerabat di negeri lain melalui alat telekomunikasi. Perkembangan alat transportasi juga berperan untuk memudahkan kita mencapai lokasi lain dalam waktu yang lebih singkat. Dengan demikian, produk dari banyak sekali negara juga sanggup dinikmati masyarakat dunia dalam waktu yang lebih singkat.

Ayo Diskusikan
Secara berkelompok temukan benda-benda yang ada di sekitarmu yang memakai listrik dan cari tahu negara yang memproduksi benda tersebut.
  1. Mesin Pencuci dan Pengering diproduksi oleh negara Jepang dan Korea
  2. Air Condition (AC) diproduksi oleh Jepang
  3. Vacuum Cleaners diproduksi oleh Korean
  4. Setrika Listrik diproduksi oleh negara China.
Ayo Lakukan
Sekarang kau akan melaksanakan pengamatan wacana konversi energi listrik. Konversi energi listrik ialah perubahan energi listrik menjadi bentuk energi lain, misalnya: energi listrik menjadi energi gerak. Amati benda-benda berikut dan benda elektronik lain yang ada di sekitarmu dan jelaskan konversi energi listrik yang terjadi pada benda tersebut.

Ayo Menulis
Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu wacana energi listrik!
Struktur teksKalimat
Pernyataan UmumKonversi ialah perubahan dari satu bentuk, rupa, dan sebagainya bentuk, rupa dan sebagainya yang lain. Energi Listrik ialah energi yang berkaitan dengan arus elektron, dinyatakan dalam watt-jam atau kilo watt-jam. Peranan utama energi listrik : Dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat untuk penerang rumah dan lain-lain. Dalam bidang industri dan pabrik sebagai tenaga pelopor mesin-mesin produksi penerangan dan sebagainya.
Deretan PenjelasEnergi listrik didapat dari merubah bentuk energi lainnya, ibarat gerak, panas, kimia dan nuklir. PLTA, PLTU, PLTD, PLTG ialah penghasil listrik dengan merubah energi gerak menjadi energi listrik. Alat yang dipakai di sini ialah generator. Baterai, aki, dan elemen volta ialah penghasil listrik dari energi kimia PLTS ialah penghasil listrik dari energi matahari dengan memakai sel surya.

Energi Listrik mempunyai banyak manfaat yang Energinya sanggup diubah-ubah menjadi banyak sekali bentuk lain, diantaranya ialah :
  1. Energi listrik menjadi energi kalor, alat yang dipakai yaitu setrika listrik, ceret listrik, kompor listrik , dll
  2. Energi listrik menjadi energi cahaya, alat yang dipakai yaitu lampu pijar, lampu neon, dll
  3. Energi listrik menjadi energi bunyi, alat yang dipakai yaitu Tape, CD, dll.
  4. Energi listrik menjadi energi gerak, alat yang dipakai yaitu kipas angin, penghisap debu, dll dan masih banyak lagi penggunaan energi listrik.
Selain memperlihatkan manfaat, tenaga listrik mempunyai potensi membahayakan bagi insan dan berpotensi merusak lingkungan. Beberapa permasalahan di bidang ketenagalistrikan jika dilihat dari sisi pemanfaatan tenaga listrik banyak ditemukan instalasi tenaga listrik yang dipakai masih banyak yang belum memenuhi standar dan peralatan listrik yang beredar di masyarakat banyak yang belum memenuhi standar.
    InterpretasiKonversi energi listrik ke bentuk yang lain sangat bermanfaat memudahkan acara insan dalam kehidupan sehari-hari.  Energi listrik didapat dari merubah bentuk energi lainnya, ibarat gerak, panas, kimia. Kita harus bijak memakai energi litrik yang ada.

    0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel