Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan Di Sekitarku

Dalam keseharian, sudahkah kita bersikap menyerupai seorang pemimpin? Sikap apa yang sudah kita perlihatkan?

Ayo Berlatih
Nilai kolaborasi harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin tidak akan pernah bisa mencapai tujuannya apabila tidak bisa bekerja sama. Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang kaya akan kesenian. Berkat kiprah pemimpin yang bisa mempersatukan wilayah Indonesia, kita sanggup menikmati lagu tempat lain sekaligus memahami makna lagu tersebut.

Kamu sudah mempelajari dan mencoba menyanyikan lagu Rambadia dengan teknik pembagian suara. Kerja sama yang baik dalam kelompok dikala bernyanyi akan menghasilkan bunyi yang harmonis. Perhatikan pula cara bernapas dan melafalkannya. Kamu pun harus tegak dikala bernyanyi.

Rambadia merupakan lagu tempat dari Sumatera Utara. Kemarin kau sudah mengetahui bahwa lagu ini yakni wacana menyapa orang baru. Lagu ini termasuk lagu riang. Sesuaikan ekspresimu dikala menyanyikannya. Ayo, kini nyanyikan lagi lagu Rambadia dengan kompak.

Ayo Lakukan
Kemarin kau sudah menciptakan teks pidato dan menyampaikannya dikelompokmu. Pidatomu juga sudah mendapat masukkan serta kau perbaiki. Sekarang waktunya kau berpidato di hadapan sobat sekelasmu. Kamu harus percaya diri dikala berpidato dan menghargai mereka yang sedang berpidato dengan cara mendengarkannya.

EVALUASI
1. Tulislah 1 pemimpin yang kau kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit 3), teladan kegiatannya, serta keuntungannya bagi orang-orang di sekitarnya.
Salah satu teladan pemimpin yang kita kenal yakni Pak Lurah seorang lurah mempunyai kepemimpinan antara lain sebagai berikut.
  1. Mendengarkan masukan artinya sebagai seorang pemimpin harus mau mendengarkan masukan yang berasal dari siapapun yang sanggup membuatkan kepemimpinannya. Masukan yang berupa saran maupun pendapat perlu dperhatikan demi perbaikan ke depan.
  2. Memperhatikan kesejahteraan, sebagai seorang pemimpin harus mau memperhatikan kesejahteraan anggota organisasi yang dipimpinnya. Dengan kesejahteraan anggota yang terjamin kinerja organisasi akan berjalan dengan baik sehingga tujuan tercapai.
  3. Menghormati perbedaan artinya setiap anggota mempunyai kemampuan dan huruf yang berbeda. Sebagai seorang pemimpin harus sanggup menggabungkan kemampuan dan huruf yang berbeda tersebut menjadi padu sehingga menunjang jalannya organisasi.
  4. Jujur, pemimpin yang baik harus jujur lantaran dengan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan anggota kepada pemimpinya. Sikap jujur menyebabkan perasaan lezat dan hati tenang, jujur akan menciptakan pelakunya menjadi damai lantaran ia tidak takut akan diketahui kebohongannya.
  5. Berkomunikasi dengan baik. Pemimpin yang baik sanggup memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam organisasinya dengan persepsi yang sama dan jelas.
2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk memperlihatkan pemahamanmu wacana kepemimpinan.

  1. Contoh Kepemimpinan yang baik: Seorang lurah bisa berhubungan dengan perangkat lainnya sehingga jalannya pemerintahan lancar. Seorang kepala rumah sakit yang ketika bawahan mengalami kesulitan dalam pekerjaan, mau membantu dan ikut memikirkan solusi yang terbaik.
  2. Bukan Contoh kepemimpinan yang baik: Seorang pemimpin yang hanya bisa memerintah dan memperlihatkan tugas, kemudian tinggal menagih alhasil saja.  Seorang pemimpin yang jarang menghargai pendapat orang lain. Tak mau memberi kesempatan pada anggotanya untuk memberikan gagasan maupun ide
  3. Ciri-ciri : Seorang pemimpin yang baik mempunyai nilai melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati, mau terus berguru dari siapa saja, memikirkan kepentingan orang lain, dan bisa berkomunikasi dengan baik.
  4. Definisi : Kepemimpinan yang baik yakni kepemimpinan yang bisa membawa pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin tidak akan pernah bisa mencapai tujuannya apabila tidak bisa bekerja sama.
3. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang memperlihatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Sebutkan paling sedikit 5 kegiatan.
Berikut yakni beberapa teladan lain dari pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
  1. Menjaga kekeluargaan
  2. Memunculkan nilai-nilai bahu-membahu dan musyawarah
  3. Melindungi hak asasi manusia
  4. Meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika
  5. Menghindari perpecahan yang disebabkan oleh gosip SARA
4. Apa ciri-ciri teks pidato persuasif?
Pidato persuasif yakni pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti impian kita secara sukarela. Ciri-ciri pidato persuasif antara lain :
  • Bersifat menarik kepercayaan pembaca/pendengar
  • Mendorong/mengajak pembaca/pendengar untuk ikut berpartisipasi dalam hal tersebut
  • Menciptakan akad antara penulis dan pembaca/pendengar
5. Sebutkan paling sedikit 5 manfaat larutan dalam kehidupan sehari-hari!
  1. Penunjang kehidupan yang utama. Air yakni sebagai penunjang kehidupan lantaran air sangat penting bagi tubuh manusia
  2. Penyimpanan Energi. Larutan elektrolit mempunyai fungsi penyimpanan energi contohnya pada aki.
  3. Sumber energi. Glukosa merupakan salah satu larutan yang masuk dalam jenis larutan non elektrolit. Glukosa biasanya terdapat di gula yang bisa memperlihatkan energi pada tubuh manusia.
  4. Garam Dapur. Kegunaan garam dapur yakni sebagai salah satu bumbu dapur yang paling murah.
  5. Penyubur tanah. Urea juga merupakan salah satu dari cuilan larutan elektrolit. Urea ini sangat penting lantaran berfungsi sebagai pupuk bagi tanaman dan menyuburkan tanah
6. Bagaimana caranya biar gelembung sabun bisa bertahan lebih lama? Mengapa?
Agar gelembung sabun sanggup betahan usang sanggup dilakukan dengan cara memperbanyak detergen sehingga air sabun lebih pekat. Selain itu juga lakukan pembuatan gelembung ditempat ayang sejuk sehingga air tidak cepat menguap yang sanggup menjadikan gelembung pecah.

7. Udin dan Dayu meletakkan 30 kartu merah dan 20 kartu kuning. Mereka mengambilnya secara acak. Setelah itu mereka mencatatnya dan meletakkan kembali kartunya. Mereka melakukannnya sebanyak 100 kali. Apabila Udin dan Dayu mengambil kartu merah sebanyak 58 kali, berapa peluang empirik untuk kartu merah? Udin berkata,’ tampaknya kita melaksanakan kesalahan.’ Apakah kau setuju? Mengapa? Buktikan jawabanmu!

8. Jelaskan makna lagu Rambadia.
Lagu ‘Rambadia’ berasal dari Sumatera Utara. Lagu ini mempunyai arti tegur sapa masyarakat Tapanuli kepada pendatang. Lagu Rambadia biasanya dinyanyikan dikala penerimaan tamu.

9. Bagaimana perilaku bernyanyi yang baik? (sikap badan, pernafasan, artikulasi, penjiwaan)
  • Sikap Badan : yakni posisi tubuh ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting kanal pernafasan jangan hingga terganggu.
  • Artikulasi, yakni cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  • Pernafasan yakni perjuangan untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan bertahap sesuai dengan keperluan. Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi gampang lelah. Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok dipakai dalam menyanyi, lantaran akan cepat lelah. Pernafasan Diafragma: yakni pernafasan yang paling cocok dipakai untuk menyanyi, lantaran udara yang dipakai akan gampang diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  • Penjiwaan yakni kemampuan mengungkapkan nilai rasa dikala bernyanyi. Lagu juga diciptakan untuk mengungkapkan rasa. Perasaan positif, menyerupai rasa syukur, gembira, semangat, rasa hormat, dan rasa sayang sanggup diungkapkan dengan lagu. Sebaliknya, rasa sedih, marah, benci, atau kecewa juga sanggup diungkapkan melalui lagu. 
10. Sebutkan satu lagu tempat yang kau ketahui dan jelaskan maknanya.
  • Makna Lagu Apuse mengisahkan wacana perpisahan seorang cucu dengan kakek neneknya. Apuse sendiri artinya kakek atau nenek.
  • Makna Lagu O Inani kek sebagai rasa kasih sayang dari ibu kepada anak yang disayanginya. Namun ternyata anak justru melihat rasa kasih sayang tersebut sebagai ungkapan rasa kemanjaan sehingga tidak adanya timbal balik rasa sayang yang terjalin dari relasi ibu dan anak tersebut.
  • Anging mammiri yakni lagu Makassar, Sulawesi Selatan, yang artinya “angin bertiup, yang membawa kesegaran dan pesan untuk memberikan kerinduan kepada orang yang disayang” 
  • Lagu Butet dinyanyikan oleh seorang ibu untuk anaknya, bertujuan untuk menghibur anaknya yang bersedih menunggu akhir surat dari ayahnya di medan perang”

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel