Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu

Untuk menjadi seorang penemu, kita harus mempunyai tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat menciptakan hidup lebih nyaman, sebab dalam tubuh tidak ada penyakit atau keluhan yang dihadapi. Jika tubuh kita sakit, maka tidak ada yang namanya menikmati dan merasa nyaman dengan keadaan. Bahkan hidup hanya menjadi beban buat orang disekitar kita. Selain itu tubuh yang sehat juga diharapkan dalam mencar ilmu di sekolah.

Sekarang kita akan melanjutkan latihan kebugaran, supaya tubuh kita lebih sehat dan kuat, juga meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Temukan jenis permainan lain dan praktikkan bersama teman-teman.

Ayo Lakukan
Berdoalah dahulu sebelum memulai latihan. Lakukan dengan teknik yang benar dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur.

1. Lari melewati rintangan kardus
  • Siswa dibagi menjadi beberapa baris.
  • ‚‚Siswa melaksanakan gerakan berlari dengan melompat melewati empat kardus yang telah diatur rapi baik letak maupun jaraknya.

2. Lomba melompati ban:
  • ‚Siswa dibagi menjadi beberapa baris.
  • ‚Siswa melaksanakan gerakan berlari dengan meloncati ban yang telah diatur rapi, baik letak maupun jaraknya.

3. Loncat tegak (vertical jump)
Latihan ini bertujuan untuk mengukur daya ledak otot tungkai. Ukuran papan skala selebar 30 cm dan panjang 150 cm, dimana jarak antara garis sekala satu dengan yang lainnya masing-masing 1 cm. papan skala ditempelkan di tembok dengan jarak skala nol (0) dengan lantai 150 cm. pertama berdiri menyamping papan skala dengan mengangkat tangan ke atas ukur tinggi yang didapat, kemudian lakukan lompatan setinggi mungkin sebanyak tiga kali, tiap lompatan dicatat tinggi yang diperoleh kemudian ambil yang tertinggi, selisih antara capaian tertinggi dengan pengukuran yang pertama ketika tidak melompat yakni hasil vertical jump.

Cara melakukannya:
  • Siswa berdiri tegak akrab dinding, kedua kaki berada akrab papan dinding di samping tangan kiri atau kanannya.
  • Tangan di akrab dinding diangkat lurus ke atas, telapak tangan ditempelkan pada papan berskala sampai meninggalkan bekas raihan jari.
  • Kedua tangan lurus di samping tubuh kemudian mengambil perilaku awalan dengan membengkokkan kedua lutut, kedua tangan diayun ke belakang
  • Seterusnya siswa meloncat setinggi mungkin sambil menepuk papan berskala dengan tangan yang terdekat dengan dinding, sehingga meninggalkan bekas capaian pada papan skala. Tanda ini menampilkan tinggi capaian loncatan siswa tersebut.
Ayo Amati
Perhatikan bentuk-bentuk berikut.

Jika kau amati apakah penyusun setiap bentuk pada gambar di atas sama? Apa saja penyusunnya?
Bentuk tersebut tersusun dari tangram. Apakah kau tahu mengenai tangram?

Tangram, yang berarti tujuh keping yakni sebuah permainan keterampilan yang berasal dari Cina. Terdiri dari apa saja ke 7 keping tersebut? Ada 2 segitiga siku-siku sama kaki berukuran besar, 1 segitiga siku-siku sama kaki berukuran sedang, 2 segitiga siku-siku sama kaki berukuran kecil, 1 jajaran genjang dan 1 persegi.

Ketujuh bentuk tersebut bisa kau susun menjadi banyak sekali bentuk yang menarik. Binatang, orang,
gedung atau apa saja yang menurutmu menarik. Ternyata dengan bermain tangram kau sekaligus mencar ilmu bangun datar.

Sekarang saatnya kau menciptakan tangram kau sendiri.

  1. Ambil kertas berbentu persegi panjang. Lipat diagonal kemudian potong sisanya. Kamu akan memperoleh bentuk persegi.
  2. Potong persegi menjadi dua buah segitiga.
  3. Ambil satu segitiga kemudian libat menjadi dua bagian. Potong pada lipatan supaya menjadi dua segitiga yang lebih kecil.
  4. Ambil segitiga lainnya kemudian lipat sedikit di cuilan tengahnya. Lipat sudut segitiga yang berlawanan, kemudian potong. Kamu akan memperoleh satu trapesium dan satu segitiga.
  5. Lipat trapesium menjadi dua bagian, kemudian potong. Lipat kembali satu cuilan trapesium sehingga kau memperoleh bentuk persegi dan segitiga.
  6. Lipat trapesium kecil yang tersisa kemudian potong menjadi dua. Kamu akan memperoleh bentuk jajaran genjang dan segitiga.
Ayo Berkreasi
Saatnya kau berkreasi menciptakan bentuk dari tangram yang kau hasilkan. Buatlah minimal 10 bentuk berbeda dari tangram. Tempelkan salah satu hasilnya.

Gambarlah bentuk tangram yang sudah kau tempelkan tadi pada kertas berpetak berikut ini. Hitunglah luas gambar tersebut.

Bagaimana hubungan antara kemampuan insan untuk melaksanakan penemuan menemukan sesuatu yang baru, serta pengaruhnya dalam kehidupan? Tuliskan pendapat kamu, sertakan contoh-contohnya dalam kehidupan di lingkungan sekitarmu.
Manusia berinovasi untuk menemukan sesuatu yang gres didorong oleh kebutuhan akan suatu perubahan dalam kehidupannya yang terus berkembang. Manusia mempunyai nalar untuk menemukan solusi, fikiran untuk bertindak dalam menuntaskan problem yang dihadapi.

Contohnya:
Telepon selular berkembang dari cita-cita insan untuk sanggup saling berkomunikasi jarak jauh. Setelah komunikasi bunyi sanggup dilakukan secara jarak jauh kemudian timbul cita-cita untuk menjadikannya sebagai alat komunikasi yg 'mobile' (berjalan), maka dikembangkanlah telepon selular. Dahulu dimulai dari bentuknya yang terbilang besar sampai kemudian sekecil di zaman moderen ini. Kemudian berkembang lg menjadi telepon cerdas (smart phone).
EVALUASI
1. Bagaimana hubungan antara kemampuan insan untuk melaksanakan penemuan menemukan sesuatu yang baru, serta pengaruhnya dalam kehidupan? Tuliskan pendapat kamu, sertakan contoh-contohnya dalam kehidupan di lingkungan sekitarmu.
Manusia berinovasi untuk menemukan sesuatu yang gres didorong oleh kebutuhan akan suatu perubahan dalam kehidupannya yang terus berkembang. Manusia mempunyai nalar untuk menemukan solusi, fikiran untuk bertindak dalam menuntaskan problem yang dihadapi.
Permasalahan dalam kehidupan bukan merupakan rintangan, tetapi menjadi sumber pandangan gres untuk berinovasi dan menemukan solusi yang mempunyai kegunaan bagi lingkungan.

2. Tuliskan dengan singkat mengenai proses konversi energi listrik dari sumber energi pada Pusat Pembangkit Energi Listrik sampai menjadi energi listrik bertegangan tinggi yang siap untuk disalurkan kepada konsumen. Kamu bisa menyertakan gambar pada tulisanmu.
Saat energi listrik dibangkitkan, Energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan sampai 500 kV, supaya arus listrik yang mengalir disaluran tidak terlalu tinggi. Sehingga efektif dan efisien. Energi listrik kemudian disalurkan melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kV. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 Volt. Tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah.
3. Amati bendera banyak sekali negara di dunia berikut ini:
a. Temukan bentuk-bentuk poligon yang kau kenal pada bendera tersebut.

b. Kelompokkan bentuk-bentuk yang merupakan poligon beraturan dan tidak beraturan, dan berikan alasannya.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel