Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia tidak hanya batik. Di bidang olahraga, pencak silat, salah satu ilmu bela diri khas nusantara juga merupakan warisan budaya yang mendunia.

Tahukah Kamu?
Pencak Silat di Era Globalisasi
Pencak silat merupakan seni bela diri bangsa Indonesia yang sudah turun temurun, dari guru ke muridnya. Hampir tiap tempat di nusantara mempunyai tokoh jagoan silat kebanggaan. Pencak silat mempunyai gerakan unik yang mengalir dengan koreografi layaknya tarian. Dalam tiap gerakan juga terkandung filosofi. Hal ini menciptakan pencak silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang menarik minat dunia.

Di belahan dunia yang berbeda, berkembang juga banyak sekali jenis olahraga bela diri. Karate dari Jepang, Taekwondo dari Korea, Capoeira dari Brasil, serta Muay Thai dari Thailand merupakan beberapa pola olahraga bela diri yang juga dikenal dan dipelajari di Indonesia.

Globalisasi menunjukkan kemungkinan mudahnya pertukaran ilmu, termasuk ilmu bela diri. Sebagai generasi penerus, kau mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan pencak silat. Salah satu caranya ialah dengan mempelajarinya.

Ayo Amati
Kamu akan mempelajari olahraga bela diri pencak silat. Kamu akan mempelajari teknik dasar dalam gerakan pencak silat. Teknik dasar tersebut meliputi: Langkah, pasang, serangan dan belaan. Mari kita pelajari terlebih dahulu ihwal langkah. Amati gambar berikut!

Gerak Langkah
Gerak langkah ialah teknik berpindah atau mengubah posisi di sertai dengan kewaspadaan mental dan indera secara optimal untuk mendapat posisi yang menguntungkan(Favourable/condusive) dalam rangka mendekati atau menjauhi lawan bagi kepentingan serangan dan belaan yang dilaksanakan secara taktis dan dalam pelaksanaannya selalu di kombinasikan dan di koordinasikan dengan perilaku tangan
Gerak Langkah dilihat dari beberapa serpihan yaitu :
1. Gerak langkah dari arahnya mencakup :
  • Gerak Langkah ke belakang
  • Gerak langkah serong kebelakang
  • Gerak langkah ke kiri
  • Gerak langkah serong kiri depan
  • Gerak langkah kedepan
  • Gerak Langkah serong kanan depan
  • Gerak langkah ke kanan
  • Gerak langkah seronh kanan belakang
2. Gerak Langkah ditinjau dari cara melaksanakannya, mencakup :
  • Gerak langkah angkatan
  • Gerak langkah geseran
  • Gerak langkah ingsutan (seseran)
  • Gerak Langkah putaran
3. Gerak Langkah ditinjau dari pola taktiknya, meliputi
  • Gerak langkah lurus
  • Gerak langkahzig-zag(gergaji)
  • Gerak langkah Segitiga
  • Gerak langkah ladam (tapal Kuda)
  • Gerak langkah Liuk (meander)
  • Gerak Langkah ganda
Ayo Bertanya
Sekarang kau sanggup bertanya eksklusif kepada guru ihwal hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut ihwal teknik dasar langkah.
  1. Apa saja teknik gerak langkah dalam pencak silat?
  2. Apa manfaatt eknik gerak langkah?
  3. Bagaimana cara melaksanakan gerak langkah mundur?
Temukan Jawabannya
Siswa kelas 6 berdiskusi ihwal pelajaran pencak silat yang gres saja mereka pelajari. Mereka ingin tahu lebih lanjut ihwal pencak silat. Setelah berdiskusi dengan guru, beberapa siswa menuju ke perpustakaan sekolah untuk mencari tahu lebih lanjut ihwal pencak silat melalui buku atau internet.

Namun, sangat disayangkan gres beberapa menit mencari informasi, tiba-tiba listrik mati di perpustakaan. Apakah kau pernah mengalami hal serupa? Apa saja kegiatan yang sanggup terganggu ketika listrik mati? Diskusikan hal tersebut secara berkelompok.

Baca teks berikut!
Peranan Listrik di Era Globalisasi
Di kala globalisasi ini, kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap insan di seluruh dunia. Di samping kebutuhan lainnya, listrik bekerjsama mempunyai peranan yang sangat penting dalam banyak sekali kegiatan manusia, terutama dalam perekonomian dunia. Tanpa listrik, kita tidak sanggup membayangkan bagaimana jadinya kehidupan insan di masa sekarang dan mendatang.

Hampir semua kegiatan insan membutuhkan energi listrik. Mulai dari kegiatan kantor, pertokoan, pabrik, sentra perbelanjaan, rumah tangga, bahkan kegiatan peribadatan pun memerlukan tenaga listrik.

Karena pentingnya energi yang satu ini, insan berusaha membangun pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan energi listrik mereka.

Ayo Ceritakan
Siswa menceritakan secara bergiliran pengalaman mereka ketika tiba-tiba listrik mati ketika mereka memakai teknologi yang memerlukan listrik dalam kelompok. Siswa mencatat hal penting dari dongeng sahabat mereka.
Mati lampu itu memang tidak menyenangkan. Saat ini, hampir semua peralatan rumah tangga memakai listrik, ketika listrik mati kita akan merasa kurang nyaman. Hal yang paling kurang saya sukai pada dikala mati lampu ialah banyaknya nyamuk di rumah susana gelap. Hal itulah yang saling melengkapi ketika mati lampu. Suasana gelap dan alat pengusir nyamuk yang mati menciptakan nyamuk bebas berkeliaran tanpa ada yang mengganggu. Selain itu suasana rumah yang gelap juga menciptakan kita tidak sanggup berguru lantaran tidak ada penerangan.
Ayo Menulis
Berdasarkan dongeng dari teman, siswa menulis laporan yang berisi klarifikasi ihwal dongeng sahabat mereka memakai kosakata baku.

Kejadian listrik mati sering dialami oleh warga masyarakat. Bebrbagai penyebab baik yang disebabkan oleh insan maupun oleh insiden alam mengakibatkan listrik mati. Beberapa penyebab terjadinya listrik mati antara lain sebagai berikut.

Untuk gangguan yang disebabkan oleh alam intinya tidak sanggup diprediksi dan penanggulangannya juga relatif sulit. Untuk menanggulangi petir sanggup dipasang grounding wire atau pentanahan yang fungsinya untuk penangkal petir ataupun penangkap petir yang dipasang di atas jaringan SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah). Tapi untuk ganguan yang disebabkan oleh hujan yang mengakibatkan terjadi banjir dan tanah longsor ini tergolong sulit diprediksi.

Penyebab lain yang mengakibatkan padam listrik di rumah Anda yaitu jawaban ulah hewan.  Beberapa binatang malam sering kemudian lalang melewati jaringan listrik (SUTM). Jika mereka hanya melewati satu kabel tidak akan menjadi masalah, tapi bila mereka memegang 2 kabel (2 fasa) atau malah ketiga fasa dipegang maka akan terjadi padam atau trip (bahasa teknik listrik). Atau satu serpihan memegang kabel dan serpihan lain menyentuh besi tiang (traves) atau pohon juga akan menimbulkan padam.

Untuk penanggulangannya pihak PLN membungkus kabel jaringan dengan materi yang tidak sanggup dialiri arus listrik (isolator) contohnya selang, paralon, alpiko, dll. Beberapa binatang malam yang mengakibatkan padam yaitu : kalong, ular, tupai, bunglon, muka (sejenis monyet), dll..

Pohon atau ranting juga sanggup mengakibatkan terjadinya padam. Jika ada pohon yang tumbang mengenai SUTM maka otomatis akan memutus pemutus jaringan listrik, lantaran satu serpihan mengenai fasa atau setrum sebagian lagi di tanah atau ground. Begitu juga bila ada ranting yang jatuh sempurna mengenai jaringan listrik akan terjadi fasa bertemu dengan fasa alhasil sama akan memutus pemutus jaringan.

Gangguan yang disebabkan oleh pohon sanggup terjadi jawaban alam ataupun ulah manusia. Jika terjadi angin ataupun hujan besar sanggup mengakibatkan banyak ranting berterbangan ataupun pohon tumbang yang mengenai SUTM, ataupun jawaban ulah insan yang menebang pohon kena SUTM (biasanya tanpa konfirmasi terlebih dahulu). Penanggulangan biar tidak terjadi padam jawaban pohon dan ranting dilaksanakan pemangkasan pohon-pohon yang mendekati jaringan listrik radius 3 meter.

Ternyata layang-layang juga sanggup mengakibatkan padam listrik. Biasanya layang-layang yang memakai benang kawat, istilah masyarakatnya dipakai untuk menjatuhkan lawannya. Jika kawat mengenai kabel listrik maka otomatis listrik akan eksklusif padam. Selain kawat rangka layang-layang (arku) juga sanggup mengakibatkan padam bila arku tersebut nyangkut di kabel listrik kemudian kena hujan dan saling melekat di kabel lainnya atau kena besi tiang (traves).

Kadang ada masyarakat yang memasang antenna tv atau umbul-umbul yang sangat bersahabat dengan jaringan listrik, alhasil bila ada angin besar dan tiangnya kurang kokoh sanggup jatuh menimpa jaringan listrik. Ini tinggal kita sama-sama berpikir bijaksana, jangan hingga kepentingan pribadi sanggup merugikan orang banyak bahkan mencelakakan diri kita.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel