Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku

Bekerja sama merupakan salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Bangsa Indonesia tidak akan menjadi bangsa yang besar tanpa adanya nilai tersebut. Seorang pemimpin tidak akan bisa mencapai tujuannya apabila tidak bisa bekerja sama dan mengajak warganya untuk bekerja sama. Perhatikan sekelompok semut, mereka selalu bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Ayo Bekerja Sama
Belajar dari kehidupan semut, ayo kita bekerja sama dalam belajar. Kamu akan berolahraga dengan guru olahragamu. Kegiatan ini tidak akan berhasil apabila kau tidak bekerja sama dengan sobat kelompokmu. Ingat, bekerja sama ialah salah satu nilai yang dimiliki oleh pemimpin idola.

Chest Pass (Operan Dada)
Operan merupakan gerakan dasar dalam permainan bola basket. Keterampilan ini perlu diberikan oleh guru sehingga siswa sanggup melatihnya dalam banyak sekali kesempatan.
  1. Bola dipegang kedua tangan dan ditahan di depan dada dengan memakai ujung jari kedua tangan.
  2. Ibu jari berada di belakang bola.
  3. Tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola.
  4. Siku diposisikan bersahabat tubuh.
  5. Kaki diletakkan pada posisi triple threat dengan tumpuan berat tubuh pada kaki belakang.
  6. Berat tubuh dipindahkan ke depan ketika mengoper bola.
  7. Tangan diluruskan ketika melaksanakan operan bola.
  8. Bola diarahkan lurus ke depan
Mengoper Bola
Permainan ini membutuhkan kerjasama yang baik antar anggota kelompok.

  1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 6 anggota atau sanggup diubahsuaikan dengan jumlah siswa dalam kelas).
  2. Setiap pemain bangun menciptakan barisan.
  3. Kelompok memilih siapa yang akan bangun di barisan pertama, kedua dan seterusnya.
  4. Guru memberi instruksi dengan meniup peluit untuk menunjukan permainan dimulai.
  5. Anggota paling depan segera memegang bola dan meletakkannya di antara kaki.
  6. Bola dijepit diantara kaki, kemudian dibawa dengan melompat menuju ke arah target. Bola diusahakan tidak jatuh alasannya ialah akan besar lengan berkuasa terhadap waktu.
  7. Sesampainya di target, pemain pertama tersebut memutarkan badannya sehingga berhadapan dengan sobat kelompoknya yang bangun di depan barisan.
  8. Bola dioper ke arah sobat dengan memakai teknik chest past (operan dada).
  9. Bola harus ditangkap, dilarang jatuh. Oleh alasannya ialah itu, setiap pemain harus siap untuk mendapatkan bola dari teman.
  10. Pemain ke dua melaksanakan hal yang sama menyerupai pemain pertama, dan begitu seterusnya
  11. Waktu permainan untuk sekali putaran ialah 7-10 menit.
Ayo Diskusikan
Setelah selesai bermain mengoper bola, diskusikanlah hal berikut bersama kelompokmu.
  1. Bagaimana perasaanmu ketika bekerja sama? Bekerjasama sangat menyenangkan.
  2. Apakah bekerja sama membuahkan hasil sesuai harapan? Mengapa? Kemungkinan besar akan membuahkan hasil yang di harapkan alasannya ialah adanya kolaborasi di dalamnya.
  3. Strategi apa yang dipakai oleh kelompokmu ketika bermain? Saat bermain dibutuhkan kerjasama dan saling pengertian.
  4. Siapa yang meminta taktik tersebut digunakan? Mengapa? Strategi tersebut dilaksanakan menurut musyawarah kelompok.
  5. Apakah ada di antara sobat kelompokmu yang mempunyai nilai menyerupai pemimpin idolamu? Berikan alasan dan contohnya. Ada, salah satu sobat bisa menunjukkan referensi bagaimana bermain dengan baik.
Tulislah hasil diskusimu di kawasan yang telah disiapkan.

Temukan Jawabannya
Pikirkanlah hal berikut! Apabila ketika berolahraga setiap kelompok diberikan tiga bola; satu bola berwarna merah, satu bola berwarna kuning dan satu bola berwarna hijau. Kemudian secara acak satu bola diambil dari tempatnya dan dimasukkan kembali, berapakah peluang untuk setiap bola apabila acara dilakukan sebanyak satu kali?

Tabel berikut ialah referensi hasil percobaan dengan bola-bola tersebut. Percobaan dilakukan sebanyak enam kali.

Perhatikan grafik berikut!
Grafik di bawah menggambarkan hasil dari percobaan yang dilakukan oleh seseorang memakai kaleng. Di dalam kardus terdapat kaleng berwarna merah, kuning dan hijau. Ia mengambil satu kaleng secara acak dan memasukkannya kembali ke dalam kardusnya. Kemudian ia mencatat hasilnya. Berapa kali acara percobaan dilakukan? (9+3+5) = 17 kali.

Bagaimana kau tahu jawabannya? Tulis peluang masing-masing kaleng dan jelaskan!
  1. Peluang kaleng merah = 9/17
  2. Peluang kaleng kuning = 3/17
  3. Peluang kaleng hijau = 5/17
Cobalah kau melaksanakan percobaan untuk 20 kali dan 30 kali kegiatan. Gambarlah akibatnya dalam diagram. Tulislah peluangnya.
1. Percobaan Sebanyak 20 kali.

2. Percobaan sebanyak 30 kali.

Ayo Lakukan
“Saya sukses, alasannya ialah saya telah kehabisan apa yang disebut kegagalan”, itu kata Thomas Alfa Edison, penemu lampu bohlam.

Saat melaksanakan percobaan, suatu ketika kau akan menemukan beberapa kegagalan. Kegagalan dilarang menciptakan kau putus asa. Semangat tinggi untuk mencoba dan berusaha terus akan berbuah keberhasilan. Banyak pemimpin yang berhasil alasannya ialah mempunyai semangat yang tinggi.

Campuran ialah zat yang terbentuk dari beberapa jenis zat, yang sifat-sifat zat pembentuknya masih ada. Campuran terdiri dari zat cair dengan zat padat, zat cair dengan zat cair, dan zat cair dengan zat gas.

Salah satu cara memisahkan gabungan antara zat cair dengan zat padat ialah dengan cara pengendapan. Saat gabungan mengendap, beberapa materi akan karam ke dasar dan sebagian akan mengapung. Lapisan terjadi alasannya ialah adanya kepadatan yang berbeda. Lapisan paling
bawah lebih padat dibandingkan lapisan yang di atas. Prinsip di atas dipakai ketika kita ingin menjernihkan air.

Bahan yang dibutuhkan
  1. Gelas Ukur
  2. Penggaris
  3. 1 Toples Ukuran Sedang Dengan Tutupnya
  4. Pasir Putih
  5. Minyak Sayur
  6. Pewarna Makanan
  7. Air
Kegiatan
  1. Perhatikan gambar kelima toples di bawah.
  2. Gambarkan toples pertama dengan asumsi bentuk gabungan yang akan terjadi apabila toples dimasukkan air, minyak sayur dan pasir.
  3. Lakukan percobaan yaitu; Ambil toples dan masukkan 100 ml air ke dalamnya. Masukkan 2 tetes pewarna ke dalam toples tersebut. Masukkan 100 ml minyak sayur. Masukkan 50 gr pasir putih.
  4. Gambarkan pada toples yang kedua hasil gabungan yang terjadi dari percobaan yang dilakukan.
  5. Ukur tinggi airnya dan catat pada kawasan yang tersedia.
  6. Gambarkan pada toples ke tiga perkirakan yang akan terjadi pada gabungan sehabis 10 menit dikocok.
  7. Gambarkan toples ke empat bentuk gabungan pribadi yang terjadi sehabis dikocok.
  8. Diamkan gabungan selama 10 menit. Gambarkan bentuk gabungan yang terjadi pada toples ke lima
Lengkapi gambar berikut ketika kau melaksanakan percobaan!

  1. Kira-kira, mengapa gabungan tersebut diberi nama gabungan berlapis? (Karena terdiri dari beberapa lapisan)
  2. Mengapa lapisan tersebut terjadi? (Karena ada kepadatan yang berbeda)
  3. Menurutmu, apakah cara ini bermanfaat dalam kehidupan? Jelaskan! (Cara ini bermanfaat ketika kita ingin menyaring air)
  4. Apa yang terjadi pada ketinggian air sebelum dan sehabis dikocok? Tetap
  5. Apa kesimpulan percobaanmu? Campuran berlapis terjadi alasannya ialah perbedaan masa jenis materi pencampur, pada percobaan masa jenis terbesar ke terkecil ialah pasir, air, dan minyak

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel