Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Di kurun globalisasi ini, perdagangan antarnegara pun sudah menjadi hal yang umum. Perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara yaitu perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar janji bersama. Penduduk yang dimaksud sanggup berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Indonesia mengirim aneka macam produk ke luar negeri yang disebut ekspor. Komoditi ekspor Indonesia antara lain hasil Industri non migas, Industri Migas, Pertambangan non migas, dan Pertanian. Sebaliknya Indonesia juga mendatangkan aneka macam produk dari luar negeri yang disebut impor.

Tahukah Kamu?
Tahukah kau bahwa kemasan memegang peranan penting ketika kita melaksanakan ekspor dan impor.

Ayo Amati
Amati alat peraga berikut

Alat peraga tersebut disusun berbentuk balok. Tahukah kau bahwa alat peraga tersebut juga memerlukan kemasan berbentuk balok. Dapatkah kau merancang kemasan untuk alat peraga tersebut? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut wacana kemasan berbentuk balok.

Amati kemasan berbentuk balok yang kau bawa dari rumah atau yang telah disediakan guru. Sebelumnya kau telah mengenal diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dan balok? Kubus mempunyai diagonal ruang dan diagonal bidang yang sama panjang sedangkan balok mempunyai diagonal ruang dan diagonal bidang yang tidak sama panjang.

Sekarang kau akan melaksanakan percobaan menyerupai yang telah kau lakukan pada kubus. Setelah melaksanakan percobaan, jelaskan jawabanmu dengan menggambar bagan kubus dan balok pada kertas berpetak berikut.

Gunakan pensil warna untuk membedakan diagonal bidang dan diagonal ruang ketika menggambar garis.

Presentasikan bagan yang kau buat dalam kelompok. Sekarang buka kemasan balok yang kau bawa dari rumah. Amati kemasan yang sudah dibuka tersebut. Diskusikan secara berpasangan hasil pengamatanmu. Tuliskan hasil diskusimu. Bandingkan kemasan yang telah kau buka dengan gambar balok berikut.

Jawab pertanyaan berikut:
1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada balok? 6
2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada balok? 12
3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada balok? 8
4. Berapa banyak diagonal sisi (bidang) yang terdapat pada balok? 12
5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok? 4

Tulis kesimpulanmu wacana balok.
Balok yaitu bangkit ruang yang mempunyai 6 sisi, 12 rusuk, 8 titik sudut, 12 diagonal bidang, dan 4 diagonal ruang.
Tulis persamaan dan perbedaan antara kubus dan balok.
Persamaan kubus dan balok : sama-sama mempunyai 6 sisi, 12 rusuk, 8 titik sudut, 12 diagonal sisi, 4 diagonal ruang. Perbedaan: Kubus semua sisinya berbentuk persegi, sedangkan balok, ada 1 pasang persegi dan 3 pasang sisi berbentuk persegi panjang.
Ayo Diskusikan
Bandingkan dua buah kemasan yang kau bawa dari rumah (kubus dan balok). Diskusikan persamaan dan perbedaan antara kedua bangkit ruang tersebut.

Temukan Jawabannya
Pabrik pembuat alat peraga tersebut bermaksud mengekspor produknya ke negara lain. Mereka merencanakan menciptakan kemasan untuk kelompok C. Bantulah pabrik tersebut memilih bentuk kemasan yang sesuai! Tulis teks yang menjelaskan cara kau menemukan jawabannya. Kamu sanggup melengkapi penjelasanmu memakai gambar.

Untuk menciptakan kemasan berbentuk balok sanggup memakai jaring-jaring balok yang terdiri dari 6 sisi. Untuk merekatkan kemasan tambahkan sedikit kepingan pada masing-masing sisi balok.
Ayo Diskusikan
Kegiatan ekspor dan impor yaitu bentuk saling ketergantungan antarnegara. Satu negara membutuhkan sumber daya dari negara lain. Namun di sisi lain, banyak yang beropini bahwa kemandirian ekonomi harus segera diwujudkan. Hal tersebut masih menjadi pro dan kontra dikala ini. Apakah mungkin suatu negara sanggup berdiri sendiri dan tidak membutuhkan negara lain?

Kamu akan mengikuti debat wacana hal tersebut. Kamu akan dibagi menjadi 2 kelompok besar.
  1. Kelompok A : Pro globalisasi, kerjasama, dan saling ketergantungan antarnegara.
  2. Kelompok B : Kontra terhadap globalisasi. Mereka menginginkan negara yang mandiri.
Sebagai persiapan untuk melaksanakan debat wacana globalisasi, setiap kelompok harus mencari data dari aneka macam sumber (buku di perpustakaan, koran, majalah, internet, melaksanakan wawancara kepada orang yang ada di sekitar) untuk mendukung argumentasi pada dikala debat nanti.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel