Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Kita hidup di masa globalisasi dengan efek dari luar yang sangat besar. Sebagai generasi penerus kita harus tetap mempertahankan jati diri dan budaya bangsa. Membatik yakni sebuah teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang-ulang di atas kain. Lilin malam dipakai sebagai penahan untuk mencegah biar warna tidak menyerap ke dalam serat kain di bagian-bagian yang dikehendaki.

Batik merupakan lukisan di atas kain yang dipakai sebagai materi dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan keraton. Batik terdiri dari banyak sekali motif dan setiap motif merupakan simbol bagi pemakainya, menyerupai motif-motif bendo dan kawung yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan. Pada perkembangannya, batik menyebar ke kalangan masyarakat umum. Ayo, kita terus membatik!

Ayo Amati
Sebelumnya kau telah menciptakan rancangan motif batik. Sekarang saatnya melaksanakan langkah-langkah berikut.

Ayo Berkreasi
Kita akan melanjutkan membatik.
Perhatikan langkah-langkah selanjutnya.

1. Menyanting
Menyanting yakni menelusur rancangan pola yang telah dibentuk di atas mori dengan canting yang diisi oleh lilin batik cair. Sebelumnya, lilin batik dilelehkan dalam wajan di atas tungku. Perhatikan kemiringan posisi canting, biar lilin batik yang keluar dari ujung canting tidak terlalu deras. Aliran lilin batik yang terlalu deras akan menodai mori.

Lilin batik itu lazim disebut sebagai malam. Malam atau lilin batik yakni materi yang dipakai untuk menutup permukaan kain berdasarkan gambar motif batik, sehingga permukaan yang tertutup malam tersebut mencolok terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut. Bahan pokok malam atau lilin batik yakni gondorukem, damar mata kucing, parafin, microwax, minyak kelapa, dan lerod.

Alat dan Bahan :
  • Mori yang telah digambar
  • Pemegang kain
  • Canting
  • Lilin batik/malam
  • Wajan
  • Tungku/Anglo
2. Mencelup warna
Setelah lilin batik kering, lakukan proses pewarnaan. Campurkan bubuk pewarna dengan air. Sebelum dimasukkan ke dalam larutan warna, celupkan mori terlebih dahulu ke dalam air sabun. Air sabun berkhasiat untuk mengikat pewarna kain biar menempel dengan baik. Kamu juga sanggup memakai materi pewarna alami. Misalnya kayu akasia untuk pewarna coklat, kayu secang untuk pewarna merah, daun gambir untuk pewarna hitam, atau Daun Indigo untuk pewarna biru.

Setelah itu, angin-anginkan mori yang telah diberi warna. Jangan dijemur pribadi di bawah terik matahari, alasannya yakni akan memudarkan warna.

Alat dan Bahan :
  • Bak/Ember plastik
  • Larutan pewarna
  • Larutan sabun
  • Sarung tangan plastik
  • Celemek
  • Mori yang telah ditutup malam

3. Melorod
Melorod yakni proses merontokkan lilin batik yang telah mengeras. Caranya yakni dengan merebus mori di dalam panci berisi air mendidih. Lilin batik akan larut dengan sendirinya dalam air mendidih. Karena mori telah diberi warna, jalur yang ditinggalkan oleh malam yang telah melarut akan membentuk pola batik yang kau inginkan.

Angin-anginkan lagi mori hingga kering. Untuk menciptakan motif batik dengan beberapa warna, kalian harus mengulang langkah nomor 2 hingga nomor 3 beberapa kali hingga diperoleh motif dan warna yang kalian inginkan.

Alat dan Bahan :
  • Panci besar berisi air mendidih
  • Penjepit kain
  • Mori yang telah diberi warna
Ayo Berlatih
Setelah kau final membatik, kini selesaikan soal wacana kemasan batik berikut!

Soal 1
Kamu akan merancang kemasan kotak bermotif batik menyerupai di samping. Kotak tersebut mempunyai panjang 40 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 5 cm. Di bab depan akan ditempel plastik transparan dengan panjang 27 cm dan lebar 10 cm.

Buatlah jaring-jaring dan denah kemasan batik tersebut pada kertas berpetak berikut:

Ayo Menulis
Tulis klarifikasi cara kau menuntaskan soal 1!
Untuk menciptakan kemasan batik berbentuk balok sanggup memakai jaring-jaring balok. Karena kemasan batik mempunyai panjang 40 cm, lebar 15 cm, dan tinggi, 5 cm maka jaring-jaring yang dibentuk menyerupai gambar di atas. Pada masing-masing sisi balok diberik potongan kecil untuk menyatukan sisi-sisi balok ketika akan dibentuk kemasan batik.

Soal 2 :
Sekarang amati kotak batik dari karton di halaman berikut! Buatlah soal kisah menyerupai tadi! Kamu sanggup memperkirakan sendiri panjang, lebar, dan tinggi kotak tersebut. Kamu juga harus memperkirakan panjang dan lebar plastik transparan.

Tukarkan soal yang kau buat dengan teman di sampingmu, kemudian selesaikan soal tersebut.

Soal 3
Gambar sebuah kotak untuk kemasan batik dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi kotak kau tentukan sendiri. Buatlah soal kisah berdasarkan kotak tersebut menyerupai pada teladan di atas.

Ayo Berlatih
Kamu akan melanjutkan berlatih untuk debat ‘Pro dan Kontra wacana Globalisasi’ secara berkelompok. Kelompok Pro dan Kontra akan berlatih di daerah terpisah. Kamu sanggup melakukannya di luar ruangan (halaman sekolah atau daerah di sekitar sekolah yang nyaman untuk berlatih).

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel