Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Wednesday, August 22, 2018
Add Comment
Wilayah Indonesia sangat luas, dari Sabang hingga Merauke. Bangsa Indonesia yaitu bangsa yang beragam sebab terdiri dari banyak sekali macam suku, bahasa, agama, adat-istiadat, serta kebiasaan yang berbeda-beda.
Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku
Jawablah pertanyaan berikut:
- Mengapa kepala sekolah pada dongeng di atas menjadi pemimpin idola? Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai penerima lomba. Ia sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah. Untuk menggalang dana dia melaksanakan lelang pisang di sekolah.
- Apakah kepala sekolah pada dongeng sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan! Ya dia mengundang Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT untuk berperan dalam penggalangan dana (lelang pisang)
- Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato? Sudin yaitu penduduk orisinil di sini. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan komunikatif. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato.
- Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut? Kepedulian dia terhadap prestasi penerima didiknya.
- Apakah yang mengakibatkan Sudin hasilnya sanggup pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan! Semua bersatu padu membantu Pak Welly mewujudkan harapannya yaitu Sudin sanggup mengikuti lomba.
- Bagaimana menurutmu kekerabatan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas serta pejabat kawasan lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan ibarat itu? Hubungan Kepala sekolah dengan kepala dinas, bupati, dan pejabat lainnya sangat baik. Buktinya mereka mau menghadiri jadwal lelang pisang untuk penggalangan dana.
Pak Welly yaitu seorang Kepala SD Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Agar muridnya memperoleh pengalaman berharga dia mendaftarakan Sudin mengikuti lomba pidato. Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai penerima lomba. Ia sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah.Ayo Cari Tahu
Namun problem dana menjadi hambatan dalam mengikuti lomba. Kepemimpinan dia di sekolah tersebut sanggup mengatasi problem kekurangan dana tersebut. Pada Hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya tiba untuk mengikuti lelang pisang.
Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin. Tak membuang kesempatan, Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia perjuangan Pak Welly dan teman-teman sekolahnya. Tak perlu ragu untuk maju. Selalu ada jalan saat kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan. Tidak salah memang bila Pak Welly disebut Guru Idola.
Agar persatuan dan kesatuan terjaga, maka negara membutuhkan pejabatpejabat untuk mewujudkannya. Diskusikanlah posisi-posisi di bawah ini dan temukan hubungannya satu dengan yang lain.
Jangan lupa, kau juga harus mengetahui apa yang menjadi tanggung jawab setiap posisi tersebut. Kamu sanggup mencari gosip tersebut melalui banyak sekali sumber, contohnya melalui buku di perpustakaan atau bertanya kepada guru-gurumu.
Presiden Joko Widodo | |
---|---|
Lembaga | Presiden (Politik) |
Jabatan | Presiden Republik Indonesia |
Tugas | Tugas Presiden sebagai Kepala Negara tercantum dalam peraturan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut :
|
Prestasi | Bekerja, bekerja, bekerja” merupakan slogan dalam kepemimpinan Jokowi dalam menakhodai negara ini ternyata Jokowi menghadapinya dengan memberi keteladanan bekerja sebagai bhakti kepada negerinya membuat Indonesia negara besar dan bermartabat. Presiden RI ini diolok-olok dan difitnah oleh kekuatan usang dan para lawan politiknya, satu per satu dibalas dengan bukti kerja kasatmata dan niat lurus untuk bangsa dan negaranya. |
Nilai Kepemimpinan | Keteladanan dia dalam menempatkan kepemimpinan yang melayani masyarakat, sederhana, bisa menjadi panutan seluruh rakyat. Gagasan revolusi mental sangat diharapkan seluruh lapisan masyarakat. Perubahan gaya hidup, pola pikir menuju masyarakat Indonesia yang maju, berdikari dan sejahtera. |
Gubernur DKI Jakarta Ahok | |
Lembaga | Pemerintah DKI (Politik) |
Jabatan | Gubernur |
Tugas | Sebagai wakil pemerintah pusat, gubernur mempunyai kiprah dan wewenang sebagai berikut, sebagaimana juga tertuang pada UU No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah
|
Prestasi | Mekanisme penyusunan anggaran Pemprov DKI yang memakai sistem e-budgeting. Penyusunan anggaran melalui sistem e-budgeting tersebut sudah transparan dan akuntabel. Terobosan yang dilakukan Basuki terkait proses perizinan dengan membentuk pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang memudahkan masyarakat. Langkah Basuki dalam menjamin kesejahteraan masyarakat dengan pembagian kartu-kartu, ibarat Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat, dan juga Kartu E-Natura yang masih direncanakan. |
Nilai Kepemimpinan | Gaya kepemimpinannya yang dikenal tegas membuat semua pejabat di DKI Jakarta bila melaksanakan kesalahan niscaya menerima semprotan dari Ahok. Gaya kepemimpinan tersebut sebuah upaya untuk menghipnotis orang lain dan menggerakannya untuk mencapai suatu tujuan yag telah ditetapkan . Ahok lebih mengutamakan kepentingan rakyat yang dipimpinnya dibandingkan kepentingan partainya sehinggah ahok mempunyai imbas yang berpengaruh dimasyarakat. Jujur itu andal gaya inilah yang dimiliki Ahok gaya kejujuran dalam memimpin saat kejujuran dimiliki seorang pemimpin maka kepercayaan dari rakyat sanggup dimilikinya. |
Walikota Tri Rismamaharini | |
Lembaga | Pemerintah Kota Surabaya (Politik) |
Jabatan | Walikota |
Tugas | Wali Kota mempunyai kiprah dan wewenang memimpin penyelenggaraan kawasan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD Kota. |
Prestasi | Taman-taman kota yang dibangun Risma yaitu pemugaran taman bungkul di Jalan Raya Darmo dengan konsep all-in-one entertainment park, taman di Bundaran Dolog, taman buah Undaan, serta taman di Bawean, dan di beberapa tempat lainnya yang dulunya mati kini tiap malam dipenuhi dengan warga Surabaya. Kota Terbaik Se-Asia Pasifik versi Citynet pada tahun 2012. Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012. Masuk nominasi 10 perempuan paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013. Meraih 2 kategori penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center pemkot Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia Pasifik. |
Nilai Kepemimpinan | Pemimpin yang menawarkan standar tinggi dari tingkah laris moral dan etika, serta memakai kemampuan untuk menggerakkan individu maupun kelompok terhadap pencapaian misi mereka dan bukan untuk nilai perseorangan. Langkah Risma yang begitu berani untuk membawa perubahan di Kota Surabaya ialah keberaniannya untuk menutup tempat lokalisasi terbesar di Asia Tenggara yakni Dolly. Gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Risma menawarkan bahwa banyak sekali perjuangan yang dilakukan Risma untuk memperbaiki dan membawa perubahan yang lebih baik bagi warga Kota Surabaya. |
Camat Sartika Mayasari | |
Lembaga | Pemerintah Kecamatan (Politik) |
Jabatan | Camat Blangkenjeran |
Tugas | Kecamatan mempunyai kiprah pokok melaksanakan kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Untuk menyelenggarakan kiprah pokok Kecamatan mempunyai fungsi :
|
Prestasi | Camat menjadi Nominee Citra Kartini Bidang Pemerintahan tingkat Nasional di tahun 2013. |
Nilai Kepemimpinan | Setinggi apapun jabatan perempuan, tetap saja perempuan yang mempunyai kodrat sebagai istri dan ibu. Karir bukanlah tujuan namun itu given (pemberian/amanah-red) jangan terlalu terobsesi untuk mendapatkan jabatan namun harus disyukuri untuk berkarya yang keuntungannya sanggup dirasakan masyarakat banyak. |
Lurah Aryadi Wardoyo | |
Lembaga | Pemerintah Kelurahan (Politik) |
Jabatan | Lurah Tlogomas |
Tugas | Lurah mempunyai kiprah pokok menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dan melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota. Dalam melaksanakan kiprah pokok tersebut Lurah mempunyai tugas:
|
Prestasi | Kelurahan Tologomas menjadi juara I kelurahan berprestasi, dan berhak meraih penghargaan: “ADIKARYA BHAKTI PRAJA TAHUN 2014”. |
Nilai Kepemimpinan | Kemampuan menghipnotis orang lain semoga bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan ditentukan bersama antara pimpinan dan bawahan. |
Ketua RW H. Edy Karman, SE, | |
Lembaga | Rukun Warga (Politik) |
Jabatan | RW 06 Kelurahan Gandaria Selatan |
Tugas | Tugas seorang ketua RW antara lain :
|
Prestasi | Warga RW 06 Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta memetik hasil atas jerih payah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan sumber daya insan (SDM). Atas kesuksesan ini mengantarkan RW 06 sebagai juara pertama Lomba Kinerja RW tingkat Kota Jaksel dan menjadi wakil Jaksel dalam lomba serupa di tingkat DKI Jakarta. |
Nilai Kepemimpinan | Sebagai tokoh masyarakat, Edy pundak membahu bersama warga dalam mengelola seabrek jadwal pembangunan di tingkat RW. Meliputi Sistem Administrasi dan Pelayanan Masyarakat, Membangun Rumah Serba Guna, Bank Sampah Abuserin, Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ), Koperasi Wanita Prima ( Kopwan Prima ), Kota Layak Anak, RW Siaga dan membudidayakan ternak ikan lele. |
Ketua RT | |
Lembaga | Rukun Tetangga (Politik) |
Jabatan | RT 05 Bhakti Jaya Depok |
Tugas | Tugas seorang ketua RT antara lain :
|
Prestasi | Warga RT 05 Bhakti Jaya menjadi juara lomba pemukiman sehat dengan Pola Hidup Bersih & Sehat (PHBS) serta lomba tingkat RT higienis & hijau, yang digagas Dinas Kesehatan, dimenangkan oleh RT 05 RW 10 Kelurahan Baktijaya Kec. Sukmajaya. |
Nilai Kepemimpinan | Sebagai tokoh masyarakat, pundak membahu bersama warga dalam mengelola area pemukiman, drainase, ruang terbuka hijau, tempat pengolahan sampah (TPS), pemilahan sampah, pengolahan sampah, jalan lingkungan, sarana penunjang kehidupan lingkungan, dan bank sampah |
Di dalam dongeng di atas disebutkan perihal suatu poster yang menggugah kepala sekolah untuk berbuat. Menurutmu, mengapa poster tersebut bisa menarik perhatian pembacanya?
Tujuan poster yaitu menginformasikan kepada pembaca perihal sebuah gosip yang dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, terperinci dan menarik. Manfaat poster yaitu semoga para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster dengan memakai kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.
Setelah poster diserahkan kepada Sudin, Sudin membuat planning teks pidatonya. Ini yaitu hasil rancangannya.
”Selamat pagi bapak, ibu, dan teman-teman semua. Hari ini kita akan saling menyebarkan dongeng dan pengalaman perihal persatuan. Saya akan memberikan kisah saya mengenai persatuan, kemudian saya akan berguru dari kisah teman-teman.”
“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, sebab dengan bersatu tugastugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita bisa berguru dari perbedaan-perbedaan yang ada.”
“Saya telah mengalami dan mencicipi sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya yaitu sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari kawasan yang berbeda-beda. Beberapa sahabat saya yaitu anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana, kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga berguru banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.”
“Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang gampang untuk mengirim saya ke sini, sebab sekolah kami tidak mempunyai cukup biaya. Kepala sekolah kami mempunyai cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta derma kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Yang membeli pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang tiba ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa, saya sudah mencicipi bahwa persatuan sangat penting dan berguna.”
“Itulah pengalaman saya perihal persatuan. Bagaimana dongeng temanteman? Saya juga ingin mendengar dan berguru dari dongeng kalian. Terima kasih.”
Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu bisa menilai pidatonya dengan memberi tanda cek (√) pada kolom yang sesuai berikut.
No. | Kriteria | Ada | Tidak Ada |
---|---|---|---|
1. | Teks pidato mempunyai pecahan pembuka | √ | - |
2. | Teks pidato mempunyai pecahan inti | √ | - |
3. | Bagian inti teks pidato menjelaskan perihal topik yang dibahas dengan lengkap | √ | - |
4. | Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik | √ | - |
5. | Teks pidato mempunyai pecahan penutup | - | √ |
6. | Teks pidato mempunyai kalimat ajakan | - | √ |
7. | Teks pidato memberi ide bagi pembaca | √ | - |
8. | Sebagian besar kata yang dipakai dalam teks memakai kosa kata baku | √ | - |
Ayo Berlatih
Sebelum berangkat, kepala sekolah dan guru-guru mengumpulkan pakaian dan celana panjang untuk Sudin. Semuanya yaitu sumbangan dari para pejabat. Banyak sekali pakaian dan celana yang terkumpul. Sayangnya, tas pakaian Sudin hanya memuat empat pasang pakaian. Akhirnya Kepala Sekolah meminta para guru dan siswa untuk membantu memilihkan pakaian-pakaian tersebut.
Teman Sudin melaksanakan percobaan dengan pasangan pakaian tersebut. Ia membuat bulat dan menggambar pasangan pakaian dengan mencantumkan nomor secara urut 1-8. Kemudian Ia memutar bulat sebanyak satu kali. Menurutmu, berapa peluang untuk pasangan pakaian no 1, 6, 7 dan 8 untuk terpilih. Sekarang lakukan percobaan sebanyak 50 kali dan urutkan hasil peluangmu mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya.
No Pasangan Pakaian | Turus | Jumlah | Peluang Empirik |
---|---|---|---|
7 | 9 | Peluang Pasangan 7 = 9/50 | |
1 | 12 | Peluang Pasangan 1 = 12/50 | |
6 | 14 | Peluang Pasangan 6 = 14/50 | |
8 | 15 | Peluang Pasangan 8 = 15/50 |
0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku"
Post a Comment