Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku

Di acara olah raga hari ini kau akan melanjutkan latihan pencak silat. Setelah bugar nanti, kau akan melanjutkan acara debat wacana globalisasi dan kolaborasi antarnegara.

Ayo Lakukan
Sebelumnya kau telah mempelajari keterampilan dasar langkah dalam pencak silat. Sekarang kau akan mempelajari lebih lanjut wacana langkah. Arah dan langkah daam pencak silat dikenal dengan delapan penjuru mata angin, yang dimulai dari titik pusat.Langkah pertama dimulai dari belakang dan selanjutnya menurut jarum jam. Langkah-langkah tersebut yaitu; langkah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, dan, derong kanan belakang. Amati gambar wacana pola langkah dalam pencak silat berikut:

Sekarang kau akan mempraktikkan keterampilan dasar menurut pola langkah tersebut dengan dipandu oleh guru. Perhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru dan ikuti arahan yang diberikan.

Ayo Bekerja Sama
Setelah selesai berlatih pencak silat, kini saatnya kau menguji pengetahuan dan keterampilanmu dalam debat. Perhatikan klarifikasi guru wacana tata cara pelaksanaan debat. Ketika giliran temanmu berbicara, kau harus memperhatikan dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan. Setelah selesai melaksanakan debat, tulislah kesimpulan yang berisikan klarifikasi bahan debat wacana saling ketergantungan antarnegara.

Masyarakat Pro-globalisasi sangat mendukung globalisasi sebab beropini bahwa globalisasi menyebabkan:
  1. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara. Dengan terjadinya perdagangan bebas dalam globalisasi, maka masyarakat sanggup melaksanakan perdagangan dengan negara lain serta sanggup memenuhi kebutuhannya.
  2. Produksi global sanggup ditingkatkan. Masyarakat akan memperoleh laba dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat
  3. Memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik. Dengan adanya investor yang masuk dari banyak sekali negara, maka diharapkan setelahnya akan ada peralihan teknologi serta modal.
  4. Memperluas pasar untuk produk dalam negeri Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.
Sedangkan Masyarakat Anti-globalisasi beropini bahwa globalisasi menyebabkan:
  1. Sektor keuangan semakin tidak stabil. Besarnya jumlah investasi yang berasal dariluar negeri menciptakan ekonomi suatu negara tidak stabil
  2. Memperburuk neraca pembayaran. Kecenderungan meningkatnya jumlah impor ketika terjadinya globalisasi menciptakan kondisi neraca pembayaran suatu negara memburuk
  3. Menghambat pertumbuhan sektor industri. Ketergantungan kepada industri-industri yang dimiliki perusahaan multinasional semakin meningkat menciptakan pertumbuhan industri dalam negeri terhambat
  4. Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Pendapat – pendapat sebelumnya bila terjadi dalam waktu yang usang akan menciptakan prospek ekonomi
Ayo Menulis
Bagaimana tugas listrik di kala globalisasi? Kamu telah mempelajari bermacam-macam hal wacana listrik di tema 3. Berdasarkan pengalaman belajarmu, tuliskan wacana energi listrik dan keuntungannya di era
globalisasi ketika ini dalam bentuk teks eksplanasi.
Struktur teksKalimat
Pernyataan UmumListrik sangat berperan dalam proses globalisasi. Kita tidak sanggup menyangkal akan betapa pentingnya tugas listrik dalam hidup. Listrik memudahkan pekerjaan manusia. Sebagian besar masyarakat memakai listrik untuk beraktifitas. Mulai dari yang paling sesahidupan sehari-hari. Tanpa danya listrik globalisasi tidak akan secepat ketika ini.
Deretan PenjelasSebagai insan yang hidup di zaman modern, kita tidak sanggup menyangkal betapa pentingnya tugas listrik dalam hidup kita. Setiap hari, setiap jam, bahkan mungkin setiap menit kita memakai listrik untuk beraktifitas. Salah satunya ialah ketika memakai perangkat teknologi informasi.

Perangkat teknologi gosip merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat gosip yang dibutuhkan baik melalui media cetak atuapun elektronik yaitu : televisi, laptop, komputer, radio, telepon genggam, dan kamera digital,

Benda-benda tersebut memakai energi listrik sebagai sumber energinya. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap saluran gosip ke banyak sekali belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, sebab dengan adanya listrik kemudian terjadi arus gosip yang dengan cepat sanggup diakses oleh warga di banyak sekali penjuru dunia.
InterpretasiListrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal saluran gosip ke banyak sekali belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, sebab dengan adanya listrik kemudian terjadi arus gosip yang dengan cepat sanggup diakses oleh warga di banyak sekali penjuru dunia.

EVALUASI
1. Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan kesimpulan wacana kubus pada diagram frayer berikut. Buatlah gambar ketika memperlihatkan rujukan dan rujukan dari kubus.
Ciri-ciri kubus
  • Jumlah bidang sisi ada 6 buah yang berbentuk bujur sangkar 
  • Kubus memiliki 8 buah titik sudut
  • Memiliki 12 buah rusuk yang sama panjangnya 
  • Mempunyai sudut yang semuanya siku-siku.
  • Mempunyai 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang.

2. Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi balok pada diagram frayer berikut. Buatlah gambar ketika memperlihatkan rujukan dan bukan rujukan dari balok.

3. Gambarlah kubus dan balok pada kertas berpetak berikut. Tentukan sisi, rusuk, diagonal bidang, diagonal ruang, dan sudut.

4. Globalisasi menembus ruang dan waktu. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut.
Globalisasi menembus ruang dan waktu artinya dengan adanya globalisasi memudahkan mendapat gosip semakin mudah. Sebagai rujukan kalau kita ingin menonton sepak bola liga Inggris kita tidak perlu tiba ke negara tersebut. Kita sanggup menyaksikan pertandingan liga Inggris melalui televisi atau internet.

5. Peranan listrik dalam globalisasi sangat penting. Jelaskan dan beri rujukan dalam kehidupan sehari-hari
Hampir semua acara insan membutuhkan energi listrik. Mulai dari acara kantor contohnya listrik dipakai untuk menyalakan komputer, pertokoan listrik dipakai untuk menyalakan lampu, pabrik listrik dipakai untuk menyalakan mesin-mesin, sentra perbelanjaan listrik dipakai untuk penerangan dan tangga berjalan, rumah tangga listrik dipakai untuk menyalakan alat rumah tangga menyerupai magic jar, bahkan acara peribadatan pun memerlukan tenaga listrik.

6. Di kala globalisasi, kolaborasi antarnegara sangat diperlukan. Jelaskan pendapatmu wacana pernyataan tersebut. Berikan beberapa contoh.
Di kala globalisasi kerjasama antar negara memang sangat la penting. Karena, sumber daya alam setiap negara tersebut tidak mencukupi kebutuhan untuk rakyatnya. Untuk memenuhinya negara tersebut saling bekerja sama dalam hal ekspor dan impor baik itu barang, jasa, atau pun konsumsi makanan, sehingga kebutuhan ekonomi rakyat akan tercukupi/terpenuhi.
Contoh : kerjasama dalam bidang ekspor dan impor menyerupai barang pakaian, atau konsumsi makanan., sanggup juga pertukaran pelajar antar sesama negara tersebut.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel