Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan

Kita telah mencar ilmu perihal perkembangbiakan binatang ahad lalu. Ayo, kita ingat lagi perihal jenis binatang yang mempunyai perkembangbiakan unik, yaitu bertelur dan melahirkan!

Tahukah Kamu?
Bertelur dan Melahirkan
Hewan mempunyai kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. Pada umumnya, kita mengenal dua jenis perkembangbiakan hewan, yaitu bertelur dan melahirkan.

Perkembangbiakan terjadi dikala sel telur betina bertemu dengan sel sperma jantan, kemudian terjadilah pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi ini kemudian bermetamorfosis bakal bayi dari jenis binatang yang bersangkutan.

Pada binatang melahirkan, bakal bayi berkembang di dalam badan induknya sampai usianya cukup untuk dilahirkan. Pada binatang petelur, sel telur yang telah dibuahi kemudian dikeluarkan oleh induknya, telur ini kemudian dierami oleh sang induk sampai telur tersebut bermetamorfosis bakal bayi dan keluar dari cangkang telurnya.

Selain kedua jenis binatang tersebut, ternyata ada juga jenis binatang yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yang disebut dengan binatang ovovivipar. Hewan ovovivipar mempunyai kemampuan untuk bertelur dan melahirkan. Amati perkembangbiakan ikan hiu berikut!

Tuliskan persamaan dan perbedaan ketiga jenis perkembangbiakan binatang Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar dalam bentuk diagram venn berikut ini.

Ayo Menulis
Berdasarkan isu yang kau sanggup dari bacaan serta dari hasil pemeriksaan pada pembelajaran sebelumnya, himpunlah fakta-fakta perihal tahap perkembangbiakan hewan. Tuliskan teks laporan pemeriksaan menurut fakta yang telah dihimpun dengan memperhatikan kriteria berikut.
  1. Tuliskan fakta-fakta perihal ciri-ciri binatang Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar.
  2. Tuliskan beberapa pola jenis binatang dari setiap jenis perkembangbiakan tersebut.
  3. Perhatikan penggunaan abjad besar, tanda baca, dan kosakata baku dalam tulisanmu.
Struktur teksKalimat
Penjelasan UmumPerkembangbiakan binatang secara generatif ialah perkembangbiakan binatang melalui tragedi perkawinan. Proses perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan Pembuahan merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang pada balasannya akan menghasilkan zigot. Hewan berkembang biak menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.
Fakta-faktaPerkembangbiakan binatang secara generatif dibagi dalam tiga kategori yaitu perkembangbiakan secara Ovivar (bertelur), Vivivar (beranak/melahirkan) dan Ovovivivar (Bertelur dan beranak/melahirkan).

1. Bertelur (Ovivar)
Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Ovum dihasilkan oleh binatang betina dan akan dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh binatang jantan. Embrio yang telah terbentuk akan tumbuh menjadi individu yang gres (anak) diluar badan induk, yaitu berkembang di dalam telur sebelum menetas menjadi individu yang baru.

Proses pembuahan ovum oleh sperma dibedakan menjadi dua yaitu pembuahan internal dan pembuahan eksternal. Pembuahan internal terjadi pada badan induk betina, pola nya ialah pada  ayam dan bebek. Pembuahan eksternal ialah pembuahan terjadi di luar badan induk betina, misalnya  pada  ikan dan katak.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur mempunyai ciri-ciri yang membedakan dengan binatang lainya. Beberapa ciri binatang Ovivar antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak mempunyai daun telinga.
  2. Umumnya mengerami telurnya sampai menetas.
  3. Biasanya badan ditutupi oleh bulu.
  4. Pembuahan terjadi di dalam induk dan di luar induk (ikan dan katak)
  5. Janin tumbuh di luar badan induk yaitu dalam telur.
  6. Janin memperoleh makanan dari cadangan makanan yang tersimpan dalam telur.
  7. Janin tumbuh relatif cepat dibandingkan cara melahirkan.
Selain ikan dan katak binatang yang berkembangbiak dengan cara bertelur antara lain ayam, bebek, kura-kura, burung, dan masih banyak yang lainnya.

2. Melahirkan (Vivipar)
Cara berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar. Hewan yang melahirkan ialah bangsa mamalia. Mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Mamalia yang hidup di darat antara lain kucing, anjing, sapi, dan kambing. Mamalia yang hidup di air antara lain lumba-lumba, paus, dan singa laut.

Pada perkembangiakan secara melahirkan, sehabis terjadi pembuahan embrio berkembang di dalam rahim induknya dan mendapat makanan eksklusif dari induk betina melalui plasenta (ari-ari). Selama embrio mengalami pertumbuhan dan perkembangan di dalam rahim, binatang betina mengalami masa mengandung. Lama masa mengandung berbeda antara binatang yang satu dengan lainnya.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan mempunyai beberapa ciri khusus. Ciri-ciri binatang yang berkembangbiak dengan cara melahirkan antara lain sebagai berikut
  1. Memiliki daun telinga
  2. Memiliki kelenjar susu
  3. Janin tumbuh di dalam rahim induk betina (masa kehamilan).
  4. Janin memperoleh makanan dari induknya.
  5. Pertumbuhan janin relatif lambat.
  6. Mempunyai daun telinga.
  7. Mempunyai kelenjar susu dan menyusui anaknya.
  8. Biasanya badan ditumbuhi rambut.
  9. Telur ada di dalam badan induk.
3. Bertelur dan Beranak (Ovovivivar)
Perkembangbiakan binatang ini merupakan adonan dari dua cara perkembangbiakan binatang ibarat yang telah disebutkan sebelumnya. Pada perkembangbiakan jenis ini pembuahan terjadi di dalam badan binatang betina. Setelah pembuahan terbentuklah telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Makanan zigot ialah cadangan makanan di dalam telur bukan dari induknya Janin dilahirkan dari induk betina.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur melahirkan mempunyai ciri yang membedakan dengan binatang lainnya. Ciri-ciri binatang yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak mempunyai kelenjar susu dan tidak menyusui anaknya (kecuali Platypus)
  2. Makanan diperoleh embrio dari dalam telur bukan dari badan induknya
  3. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur dan menetas di dalam badan induknya.
  4. Anak keluar dengan proses dilahirkan.
Beberapa pola binatang yang berkembangbiak secara ovovivipar antara lain : beberapa jenis reptil ibarat kadal, ular, dan plathypus
KesimpulanPerkembangbiakan generatif pada binatang membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan yang merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Pembiakan secara generatif pada binatang dikelompokan menjadi tiga yaitu bertelur, melahirkan, dan bertelur melahirkan. Hewan berkembangbiak dengan tujuan mempertahankan jenisnya supaya tidak mengalami kepunahan.
Ayo Berlatih
Perhatikan soal kisah berikut.
Edo mempunyai ikan peliharaan di dalam akuarium. Ikannya terdiri atas 1 ekor ikan badut dan 4 ekor ikan mas koki.
a. Tuliskan perbandingan kedua jenis ikan tersebut. Perbandingan kedua jenis ikan tersebut, yaitu ikan badut : ikan mas koki = 1/4 x100%= 25%

b. Berapa persen dari kedua jenis ikan tersebut yang merupakan jenis ikan badut? Persentase jenis ikan badut, yaitu 25%.

Buatlah kreasi soal ceritamu sendiri dengan menerapkan hitungan perbandingan dan pecahan. Carilah contoh-contoh yang ada di sekitarmu sebagai materi soal ceritamu.
Pak budi mempunyai ayam dan kambing dengan perbandingan 1:5 jika,jumlah kambing ialah 25 ekor, berapa jumlah ayam milik Pak budi?

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel