Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Sunday, September 30, 2018
Add Comment
Bali merupakan tempat wisata yang san gat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bali mempunyai banyak daya tarik yang menciptakan para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Salah satu daya tarik Bali ialah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah klarifikasi berikut.
Desa Tenganan
Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa orisinil suku Bali). Desa ini populer dengan kesederhanaannya.
Desa Trunyan
Desa Trunyan terletak di pinggir danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini ialah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, mayit orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di desa Trunyan mayit orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.
Desa Penglipuran
Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, kurang lebih 45 km dari kota Denpasar. Desa ini mempunyai struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh alasannya itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melaksanakan program adat, menyerupai pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.
Ayo Diskusikan
Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Dari bacaan Desa Unik di Bali apa saja keunikan yang kau dapatkan dari bacaan tersebut?
- Adakah keunikan dari tempat tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?
- Desa Tenganan populer dengan kesederhanaannya.
- Di desa Trunyan mayit orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon
- Masyarakat Desa Penglipuran banyak melaksanakan program adat, menyerupai pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.
Buatlah kelompok bersama 4-5 orang temanmu. Carilah isu mengenai perubahan bentuk dan sifat sosial dan budaya yang terjadi pada masyarakat Indonesia ketika ini dibandingkan 10-15 tahun lalu. Tulislah kesannya dalam tabel berikut.
No. | Bidang Kehidupan | Perubahan Yang Terjadi | |
---|---|---|---|
10-15 Tahun lalu | Saat Ini | ||
1. | Komunikasi | Media : surat, telegram, telepon rumah | Media: telepon rumah, dan telepon genggam |
2. | Bidang Sosial | Masyarakat saling mengunjungi | Masyarakat bersilaturahmi melalui media sodial |
3. | Bidang Pertanian | Membajak sawah memakai tenaga sapi dan kerbau | Membajak sawah memakai tenaga traktor |
4. | Bidang Industri | Industri masih memakai teknologi sederhana | Industri memakai teknologi moder dan tenaga insan digantikan oleh tenaga mesin |
5 | Budaya | Masih mempertahankan budaya lokal | Banyak budaya ajaib yang masuk dan mempengaruhi budaya lokal |
Dari hasil kegiatan dalam Ayo, Cari Tahu, buatlah artikel sederhana mengenai acara insan Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan sosial dan budaya. Tulislah dalam bahasa Indonesia baik dan benar. Perhatikan tata bahasa dan ejaannya. Pilihlah lima artikel terbaik di kelasmu, kemudian pajanglah pada majalah dinding di sekolahmu.
Perubahan bentuk rujukan komunikasi masyarakat Indonesiayang semula memakai surat menjadi memakai telepon genggam, memunculkan kebutuhan baru. Namun, secara umum kebutuhan setiap man usia berbeda.
Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok bersama 5-6 temanmu. Berdiskusilah untuk mencari isu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia. Carilah infomasi tersebut dari banyak sekali sumber bacaan atau dari narasumber yang kau anggap mengetahui isu tersebut. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam tabel berikut. Lalu, bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.
No. | Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia | Contoh |
---|---|---|
1. | Jenis kelamin | Kebutuhan jenis pakaian pria dan wanita tidak sama |
2. | Keadaan alam | Keadaan alam mendorong insan membutuhkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan. Misalnya di kutub membutuhkan pakaian tebal untuk melawan dingin |
3. | Peradaban baru | Makin tinggi peradaban, makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. Kebutuhan pada masa primitif berbeda dengan ketika ini |
4. | Tradisi Masyarakat | Misalnya tradisi upacara perkawinan, tradisi pulang kampung lebaran, dan sebagainya. Untuk kegiatan itu tentunya juga akan besar lengan berkuasa terhadap aneka ragam kebutuhan. |
5. | Agama | Penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dihentikan mengonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaannya dan dihentikan mengonsumsi daging sapi |
6. | Pendapatan | Misalnya tradisi upacara perkawinan, tradisi pulang kampung lebaran, dan sebagainya. Pendapatan yang kecil hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja menyerupai makan dan minum. Sedangkan kebutuhan yang lain menyerupai ingin punya motor atau kendaraan beroda empat dan lain-lain belum sanggup terpenuhi. |
7. | Jenis pekerjaan | Seorang petani membutuhkan cangkul untuk bertani dan nelayan membutuhkan jaring dan bahtera untuk menangkap ikan. |
8. | Hobi atau Kegemaran | Orang yang hobi bermain bola membutuhkan bola, sedangkan orang mempunyai hobi membaca tentunya membutuhkan buku untuk dibaca |
Sikapku terhadap perjuangan insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya:
- Menghargai setiap jenis pekerjaan yang tidak merugikan orang lain. Makara sebagai orang yang sama-sama bekerja,sama-sama cari makan dari kerjaan kita alangkah baiknya kita saling menghargai dan menghormati apapun jenis pekerjaan orang itu.
- Setiap pekerjaan itu mulia, asalkan pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang baik yang tidak melanggar norma agama dan hukum. Karena pekerjaan tersebut mempunyai manfaat.
- Jangan meremehkan pekerjaan orang lain, Diantara jenis pekerjaan tersebut, mungkin ada jenis pekerjaan yang terlihat sederhana, menyerupai tukang sapu, loper koran, tukang semir sepatu dan pengamen. Jenis pekerjaan tersebut sekalipun terlihat sederhana tetapi sangat besar keuntungannya bagi orang yang membutuhkan jasanya.
Ayo Diskusikan
Perhatikan diagram batang yang menyatakan data banyak telur yang dijual.
Diskusikan tanggapan pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Berapa nilai terendah dan nilai tertinggi data tersebut?Terendah: 1 Kg dan Tertinggi: 25 kg
- Berapa modus data tersebut? 15 kg (muncul 3 kali)
- Berapa mediannya? 13,5 kg (1, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 12, 13, 14, 15, 15, 15, 16, 17, 19, 20, 20, 25)
- Berapa rata-ratanya?13 kg (260/20)
- Apa yang sanggup kau simpulkan dari diagram batang tersebut? Penjualan telur bu Wika terbanyak pada tanggal 8 sebanyak 25 kg, dan paling sedikit pada tanggal 2 (1kg).
Data tertinggi: 25.
Data terendah: 1.
Kita nyatakan data tersebut dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Kelos Interval | Frekuensi | Frekuensi Relatif | |
---|---|---|---|
Pecahan | Persentase | ||
1-5 | 2 | 2/10 = 1/10 | 10% |
6-10 | 4 | 4/10 = 2/10 | 20% |
11-15 | 8 | 8/20 = 2/5 | 40% |
16-20 | 5 | 5/20 = 1/4 | 25% |
21-25 | 1 | 1/20 | 5% |
Jumlah | 20 | 1 | 100% |
Beberapa hal berikut perlu diperhatikan ketika memilih tabel frekuensi dan frekuensi relatif.
- Jumlah kelas interval antara 5 hingga dengan 20.
- Jumlah data yang besar memerlukan lebih banyak kelas interval.
- Jumlah data yang lebih sedikit memerlukan lebih sedikit kelas interval.
- Lebar interval kelas sanggup ditentukan sebagai berikut: Lebar kelas =data terbesar- data terkecil /banyak kelas interval
Buatlah tabel data frekuensi relatif untuk data berikut.
1. 12 10 14 14 15 20 22 13 21 26 33 45
44 46 30 32 50 48 22 25 27 19 18 17
Data tertinggi: 50.
Data terendah: 10.
Lebar kelas = 50 – 10/8 = 40/8 = 5
Tabel | |||
---|---|---|---|
Kelas Interval | Frekuensi | Frekuensi Relatif | |
Pecahan | Persentase | ||
10 - 17 | 7 | 7/24 | 29% |
18 - 25 | 7 | 7/24 | 29% |
26 - 33 | 5 | 5/24 | 21% |
34 - 41 | - | - | - |
42 - 49 | 4 | 4/24 | 17% |
50 - 57 | 1 | 1/24 | 4% |
Jumlah | 24 | 1 | 100% |
148 133 122 128 140 142 149 127 114 118 126 150
Data tertinggi: 160.
Data terendah: 111.
Lebar kelas = 160 – 111/7 = 49/7 = 7
Tabel | |||
---|---|---|---|
Kelas Interval | Frekuensi | Frekuensi Relatif | |
Pecahan | Persentase | ||
111 - 118 | 3 | 3/24 = 1/8 | 12,5% |
119 - 126 | 4 | 4/24 = 1/6 | 17% |
127 - 134 | 6 | 6/24 = 1/4 | 25% |
135 - 142 | 3 | 3/24 = 1/8 | 12,5% |
143 - 150 | 6 | 6/24 = 1/4 | 25% |
151 - 158 | 1 | 1/24 | 4% |
159 - 166 | 1 | 1/24 | 4% |
Jumlah | 24 | 1 | 100% |
0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan"
Post a Comment