Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan

Dalam memenuhi kebutuhannya insan membutuhkan tumbuhan. Tumbuhan dimanfaatkan insan dengan memanfaatkan bab akar, batang, daun, buah, dan bijinya. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemanfaatan tumbuhan tersebut dilarang mengganggu kelestarian tumbuhan tersebut. Karena tumbuhan sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup lainnya dan lingkungan sekitarnya.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh insan sebagai materi makanan. Tumbuhan juga dimanfaatkan oleh binatang sebagai materi makanan. Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Ayo Amati
Amatilah gambar berikut!

Temukan Jawabannya
Bersama dengan kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa saja yang memperoleh manfaat dari tumbuhan? Manusia dan Hewan

2. Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?
  • Sumber energi bagi manusia.
  • Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Sumber oksigen untuk bernapas.
  • Pengikat air tanah.
  • Peneduh dan memperidah kehidupan di bumi.
3. Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi binatang untuk tumbuh bermetamorfosis besar

4. Apakah tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan? Jelaskan!Ya, tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan insan dan hewan, alasannya yaitu tumbuhan yaitu produsen penghasil cadangan masakan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

5. Apa yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan? Coba jelaskan menurutmu! Sampaikan hasil diskusi dengan kelompokmu di depan kelas. Beberapa hal yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan yaitu insan dan binatang tidak mempunyai sumber masakan dan bumi akan gersang, sehingga kehidupan akan berakhir.

Tahukah Kamu?
Liburan sekolah telah tiba. Udin mengunjungi pamannya di desa. Pak Umar, nama pamannya. Dia seorang petani jagung. Udin tiba ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Udin juga ingin belajar. Ibu guru memperlihatkan kiprah Contoh laporan pemeriksaan yang ditulis Udin.

Judul : Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Tugas : Mandiri
Metode : Pengamatan dan Wawancara
Alat dan Bahan
1. Buku
2. Alat tulis
3. Buku Referensi atau lainnya

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan pokok di banyak sekali tempat, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menyebabkan jagung sebagai masakan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tumbuhan penghasil karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk menyerupai tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada bab ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bab bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bab tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan yaitu biji jagung. Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang renta sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Temukan Jawabannya
  1. Apa yang dilakukan Udin ketika liburan sekolah? Udin mencari isu perihal perkembangbiakan tumbuhan jagung dengan melaksanakan wawancara, mengamati, dan mencari gambar ketika liburan sekolah.
  2. Siapakah Pak Umar itu? Apa pekerjaan Pak Umar?Pak Umar yaitu paman Udin, ia seorang petani jagung
  3. Apa yang ingin Udin pelajari dari Pak Umar?
  4. Udin ingin mempelajari perihal perkembangbiakan tumbuhan jagung dari Pak Umar
  5. Mengapa Udin bertanya banyak sekali hal mengenai jagung kepada Pak Umar?
  6. Untuk mengumpulkan informasi, yang akan Udin tulis dalam bentuk teks laporan
  7. Apa saja yang dilakukan Udin untuk menciptakan kiprah laporannya?Udin melaksanakan pemeriksaan untuk menciptakan kiprah laporannya
Ayo Amati
Laporan yang ditulis Udin mengenai perkembangbiakan jagung merupakan laporan investigasi, yaitu berupa fakta bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan yang terperinci, Udin harus melaksanakan pengamatan, wawancara, dan melengkapi isu dari banyak sekali sumber biar diperoleh data yang lengkap. Secara umum teks laporan pemeriksaan yaitu sebagai berikut.
Bagian TeksKalimat
Informasi UmumJagung yaitu salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan di banyak sekali tempat, juga di Indonesia. Penduduk Pulau Madura menyebabkan jagung sebagai masakan pokoknya. Jagung merupakan salah satu penghasil karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di
permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan kemudian, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk menyerupai tongkol itu, pada mulanya berupa sekuntum bunga jagung.
Fakta-fakta berdasarkan dataBunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada bab ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Ketika angin bertiup, tepung sari akan terbang terbawa angin. Sebagiannya, akan jatuh pada putik, yang terletak pada bab bawah bunga. Ketika itulah terjadi pembuahan. Bunga jagung kemudian terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itu sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen.

Ketika rambutnya sudah berwarna kecokelatan dan bab tongkolnya sudah mengering apabila dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan yaitu biji jagung.
KesimpulanAgar jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian dari hasil panennya. Biji jagung yang telah renta ditanamnya kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung
Ayo Cari Tahu
Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bab bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan. Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif.Amatilah bagian–bagian bunga tepat berikut ini.

Ayo Diskusikan
Carilah isu dari banyak sekali sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
  1. Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur.
  5. Hasil dari pembuahan yaitu zigot.
  6. Zigot bermetamorfosis lembaga, bakal biji bermetamorfosis biji, dan bakal buah bermetamorfosis daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
Temukan Jawabannya
Carilah bunga di lingkungan sekolahmu. Petiklah bunga tersebut, kemudian amati bagian-bagiannya. Gambarlah bagian-bagian bunga tersebut.

Ayo Analisis
Amatilah gambar berikut! Carilah isu dari banyak sekali sumber mengenai jenis penyerbukannya!

PenyerbukanSendiriSilangTetanggaBastar
PengertianPenyerbukan sendiri yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Penyerbukan silang yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada tumbuhan lain yang sejenis.Penyerbukan tetangga yaitu menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhanBastar yaitu Penyerbukan yang terjadi alasannya yaitu serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang spesiesnya berbeda.
Ciri-ciriSerbuk sari di kepala putik dari tumbuhan itu sendiri dan penyerbukan tidak menghasilkan keturunan yang bervariasiSerbuk sari di kepala putik bunga lain yang berbeda induk tapi masih dalam satu species yang samaSerbuk sari di kepala putik bunga yang lain namun masih berada pada satu tumbuhan yang samaSerbuk sari ke kepala putik tumbuhan lain yang berbeda jenis tanamannya tapi masih dalam satu famili
ContohContohnya pada bunga telang dan bunga turi. Persilangan antara bunga merah dengan bunga putih sanggup menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih.JagungSerbuk sari  dari jambu kerikil berdaging merah menyerbuki putik dari jambu kerikil berdaging putih.
Temukan Jawabannya
Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagiannya. Tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini.

Ayo Berlatih
Ladang Sumber Kehidupan
Pak Umar mempunyai ladang seluas 1.000 m2. Ladang tersebut merupakan sumber mata pencaharian Pak Umar dan keluarganya. Selain hasil dari menanam dijual, materi masakan yang berasal dari ladang juga diolah untuk dimakan oleh Pak Umar dan keluarganya. Pak Umar dan keluarganya merawat tumbuhan di ladang dengan penuh kasih sayang. Pak Umar menanami 0,25 bab dari ladangnya dengan kacang panjang, ¼ bab ditanami pohon mangga, dan sisanya ditanami jagung.
1. Tuliskan luas setiap bab ladang Pak Umar dalam bentuk pecahan biasa, desimal, dan persen  pada tabel berikut.
TanamanLuas Ladang
Pecahan BiasaPecahan PersenPecahan Desimal
Kacang Panjang1/425%0,25
Mangga1/425%0,25
Jagung1/250%0,50
2. Total jumlah yang dihasilkan setiap jenis tumbuhan dalam satu tahun.
Hasil Panen, Dijual, DikonsumsiJenis Tanaman
Kacang panjangManggaJagung
Hasil panen satu tahun125,5 x 4 = 502 kg246,8 x 2 = 493,6 kg145,25 x 3= 435,75 kg
Total jumlah dijual502 x 95% = 476,9 kg493,6 x 95% = 468,92 kg435,75 x 95%= 413,96 kg
Total jumlah yang dikonsumsi502 x 5% = 25,1 kg493,6 x 5% = 24,68 kg435,75 x 5% = 21,79 kg
3. Uang yang didapat Pak Umar dari hasil panen semua jenis tanaman.
TanamanHarga hasil panen
Harga per kgHasil panen satu tahunHasil penjualan dalam satu tahun
Kacang panjangRp1.500,00476,9 kgRp715.350,00
ManggaRp2.500,00471,77 kgRp1.179.425,00
JagungRp1.250,00413,75 kgRp517.187,00
Total hasil penjualanRp2.411.962,00
4. Uang yang dipakai oleh Pak Umar setiap tahun untuk beli pupuk, ditabung, dan biaya kehidupan sehari-hari.
TotalBeli pupuk 25%Ditabung 10%Kebutuhan hidup sehari-hari
Rp2.411.962,5Rp602.990,625Rp241.196,25Rp1.567.775,625
Tumbuhan mempunyai kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. Oleh alasannya yaitu itu, kita sanggup menikmati terus manfaatnya.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel