Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Hubungan Antarmakhluk Hidup
Setiap makhluk hidup tidak sanggup hidup sendiri. Mereka hidup saling memengaruhi dan tergantung satu dengan lainnya. Hubungan antarmakhluk hidup sanggup saling membantu dan menguntungkan. Tetapi ada pula yang saling merugikan, bahkan yang ada sama-sama tidak diuntungkan atau dirugikan. Hubungan antarmakhluk hidup yang khas yang hidup bersama dalam sebuah ekosistem dinamakan simbiosis. Simbiosis bertujuan sebagai perjuangan makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungannya.

Hewan-hewan yang hidup berkelompok, saling memperlihatkan pertolongan kepada anggota kelompoknya dari serangan musuh. Beberapa anjing hutan bergantian berjaga-jaga melindungi kelompoknya. Apabila mereka melihat dan mencium bahaya, mereka akan melolong memberitahukan anggota kelompoknya. Pada ketika itu, semua anggota kelompok akan lari bersembunyi sampai ancaman berlalu. Demikian juga dengan sekelompok lebah. Seekor lebah yang menemukan makanan, akan kembali ke sarangnya. Lebah itu akan melaksanakan gerakan tertentu menyerupai gerakan menari, untuk memberitahu lebah-lebah lainnya perihal sumber masakan tersebut.

Beberapa tumbuhan kecil yang hidup di hutan yang lebat sering kesulitan mendapat sinar matahari. Oleh karenanya, beberapa tumbuhan menyerupai tumbuhan anggrek hutan, hidup melekat pada batang pohon yang tinggi. Dengan demikian, tumbuhan anggrek tersebut mendapat cukup sinar matahari untuk bertahan hidup. Bagaimana dengan pohon yang ditumpanginya? Pohon tersebut sama sekali tidak dirugikan, alasannya yaitu tumbuhan anggrek tersebut tidak mengambil masakan dari pohon berbatang tinggi tersebut. Hubungan antara anggrek dan pohon yang ditumpanginya ini disebut simbiosis komensalisme.

Hubungan yang unik terjadi antara bunga dan kupu-kupu. Kupu-kupu membantu bunga untuk membuatkan serbuk sari ke bunga yang lain semoga terjadi penyerbukan. Pada ketika yang sama, kupu-kupu mendapat masakan dari bunga berupa madu, yang disebut nektar. Dengan demikian kedua jenis makhluk hidup tersebut saling membantu dan saling diuntungkan. Hubungan ini disebut simbiosis mutualisme.

Hubungan dua jenis makhluk hidup sanggup juga saling merugikan. Salah satu contohnya yaitu hubungan antara tumbuhan tali putri dan tumbuhan inangnya. Tanaman tali putri yang berwarna kuning, tidak sanggup menciptakan makanannya sendiri, alasannya yaitu tidak mempunyai zat hijau daun. Tanaman ini membutuhkan tumbuhan lain semoga ia sanggup hidup. Ia akan hidup melekat dan mengambil masakan tumbuhan lainnya. Hubungan menyerupai ini disebut sebagai simbiosis parasitisme.

Membuat Ringkasan
Kamu akan menciptakan ringkasan dari bacaan di atas. Bacaan tersebut mengandung
informasi penting yang harus kau pahami. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Tentukan pandangan gres pokok dari setiap paragraf.
  2. Tuliskan pandangan gres pokok tersebut di dalam kotak-kotak yang sudah tersedia.
  3. Lihatlah kembali ide-ide pokok tersebut.
  4. Buatlah ringkasan menurut pandangan gres pokok yang sudah kau buat di dalam kotak besar yang tersedia.
PargrafIde pokok paragrafRingkasan
Paragraf 1Makhluk hidup tidak sanggup hidup sendiriMakhluk hidup tidak sanggup hidup sendiri, sehingga mereka saling membutuhkan. Hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem disebut simbiosis
Paragraf 2Hewan hidup berkelompokHewan-hewan hidup berkelompok dan saling memperlihatkan tunjangan kepada anggota kelompoknya dari serangan musuh. Contohnya yaitu anjing dan lebah.
Paragraf 3Tanaman kesulitan mendapat sinar matahariTanaman kecil di hutan kesulitan mendapat sinar matahari sehingga mereka melekat pada pohon yang tinggi. Misalnya tumbuhan anggrek, anggrek tidak mengambil masakan dari flora yang ditumpanginya. Hubungan anggrek dengan tumbuhan yang ditupangi disebut simbiosis komensalisme.
Paragraf 4Hubungan bunga dan kupu-kupuHubungan antara bunga dan kupu-kupu saling menguntungkan.Kupu-kupu mendapat masakan dari bunga dan bunga terbantu penyerbukannya. Hubungan bunga dan kupu-kupu disebut simbiosis mutualisme.
Paragraf 5Hubungan makhluk hidup yang merugikanHubungan dua makhluk hidup juga sanggup saling merugikan contohnya pada tali putri dan flora inangnya. Hubungan tali putri dan flora inangnya disebut simbiosis parasitisme.
Gunakanlah gambar-gambar di awal pembelajaran ini untuk melengkapi tabel berikut! Lalu, pilihlah hubungan yang terjadi pada gambar tersebut dengan melingkari tanggapan yang kau anggap paling tepat. Tuliskan juga beberapa teladan hubungan antarmakhluk hidup yang sesuai.
GambarKeterangan gambarHubungan
yang terjadi
Contoh Lain
Gambar 1Hubungan antara anggrek dan pohon yang ditumpangisaling membantuTumbuhan paku dan pohon jati
Gambar 2Hubungan antara kupu-kupu dan bungaSaling membantu
dalam kelompok
Burung jalak dan kerbau, 
Gambar 3Hubungan antara teli putri dan flora inangnyasatu merugikan yang
lainnya
Benalu dan pohon mangga
Gambar 4Hubungan antara lebah dan bungaSaling membantu
dalam kelompok
Ikan hiu dan remora
Tahukah Kamu?
Kubus
Apakah yang kau ingat perihal kubus? Perhatikanlah gambar berikut!

Kubus mempunyai 6 sisi, semuanya merupakan persegi. Sebutkanlah keenam sisi kubus! Kubus juga mempunyai 8 titik sudut. Dapatkah kau menyebutkan kedelapan titik sudut tersebut?

Bagaimanakah memilih volume kubus? Perhatikan gambar berikut!

Terdiri atas berapa kubus satuankah kubus tersebut? Mari kita hitung!
Jumlah kubus pada lapisan pertama = 4 x 4 = 16
Jumlah lapisan kubus = 4
Maka, volume kubus tersebut yaitu 4 x 4 x 4 = 64
Volume kubus di atas juga sanggup dihitung dengan cara yang lain:
Jumlah kubus satuan ke kanan (AB) = 4
Jumlah kubus satuan ke belakang (BC) = 4
Jumlah kubus satuan ke atas (AE) = 4

Jumlah kubus satuan seluruhnya = 4 x 4 x 4 = 4³ = 64
Maka, volume kubus = 64 kubus satuan

Kubus mempunyai panjang rusuk yang sama, maka :
Dengan memperhatikan keterangan di atas, kerjakanlah soal latihan berikut!
Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk
V = r x r x r
V = r³

1. Lengkapilah tabel di bawah ini!
No.Panjang rusuk kubus (cm)Volume kubus (cm³)
1.1 1 x 1 x 1 = 1 cm³
2.1212 x 12 x 12 = 1.728 cm³
3.2121 x 21 x 21 = 9.261 cm³
4.3232 x 32 x 32 = 32.768 cm³
2. Carilah panjang rusuk pada setiap kubus di bawah ini!

3. Sebuah kubus x mempunyai panjang rusuk 18 cm.

a. Berapakah volume kubus X?
b. Berapakah volume kubus Y yang mempunyai panjang rusuk 1/8 dari panjang rusuk kubus x?
c. Jika sebuah kubus Z mempunyai volume sebesar 1/6 dari volume kubus X, berapakah panjang rusuk kubus Z?

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel