Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Relasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Sudah datang hari untuk berolahraga! Para siswa kelas V sudah bersiap dengan pakaian olahraga mereka, lengkap dengan sepatu olahraga. Wajah mereka tampak berseriseri. Beberapa siswa bangun bergerombol membicarakan sesuatu. Sepertinya seru sekali pembicaraan mereka. Hingga tidak disadari, bahwa waktu untuk olahraga segera dimulai. Pak Guru sudah memasuki lapangan. Semua siswa berbaris menunggu perintah.

Pak Guru tiba-tiba menciptakan gerakan tertentu. Kedua kakinya dilebarkan. Badan diturunkan, bertumpu pada kedua kakinya. Tangan berada di samping. Semua siswa terkesima.

Latihan Kuda-Kuda
Mari perhatikan langkah-langkah melaksanakan latihan Kuda-Kuda berikut ini!

  1. Latihan dilakukan di atas deretan menyerupai pada gambar. Sikap awal siswa bangun di bulat tengah (O).
  2. Sikap kuda-kuda menyamping siswa melangkahkan kaki ke bulat 1 atau bulat 3 dengan posisi tubuh menyamping.
  3. Sikap kuda-kuda tengah siswa melangkahkan kaki kiri ke samping bulat 1 atau melangkahkan kaki kanan ke samping bulat 3.
  4. Sikap kuda-kuda depan siswa melangkahkan kaki kiri ke depan bulat 2 atau kaki kanan ke depan bulat 2
Ayo Bacalah
Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan
Ketergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bab dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapat energi dari matahari. Hewan mendapat energi dari flora atau binatang lainnya yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun menciptakan sendiri makanannya. Makhluk hidup yang sanggup menciptakan sendiri makanannya disebut produsen.

Banyak jenis makhluk hidup yang tidak sanggup menciptakan sendiri makanannya. Mereka mendapat energi dari kuliner yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan kuliner tanpa sanggup membuatnya sendiri, disebut dengan konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivora. Sedangkan yang lainnya memakan binatang sebagai sumber energinya, dinamakan karnivora. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivora.

Energi mengalir dari satu makhluk hidup satu ke makhluk hidup lainnya di dalam rantai makanan. Rantai kuliner ialah kekerabatan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen
memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu kemudian menjadi mangsa
konsumen yang lainya. Mangsa ialah semua binatang yang diburu untuk dimakan oleh binatang lainnya. Maka, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator ialah konsumen yang berburu makanan. Dengan demikian, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.

Ayo Lakukan
Membuat Kamus Mini
Banyak istilah gres yang kau dapatkan kali ini. Oleh alasannya ialah itu, buatlah sebuah kamus mini untuk mencatat istilah-istilah penting dari bacaan di atas. Langkah-langkah:

  1. Ambillah dua buah kertas ukuran A4, kemudian bagilah menjadi 8 bagian.
  2. Potonglah bagian-bagian tersebut menjadi bab yang sama.
  3. Tuliskan pada masing-masing kertas tersebut sebuah istilah gres dari bacaan di atas.
  4. Di bawah goresan pena tersebut, tuliskan artinya. Kamu sanggup memakai kamus kalau diperlukan.
  5. Buatlah gambar yang menjelaskan istilah barumu. Kamu juga sanggup menempelkan gambar yang kau dapatkan dari banyak sekali sumber (majalah, surat kabar, internet, dan sebagainya).
  6. Lakukanlah hal yang sama pada kertas-kertas yang lain sesuai dengan istilah gres yang kau temukan.
  7. Ambil salah satu kertas dengan ukuran yang sama, gunakan sebagai sampul.
  8. Satukan kertas-kertas tersebut menjadi satu dengan memakai stapler. Kamu sanggup juga menciptakan lubang pada salah satu bab kertas tersebut, kemudian ikatlah dengan pita kecil. Lakukan sesuai kreatifitasmu.
  9. Kamus mini buatanmu pun jadi!
Membuat Proyek Majalah Dinding
Kamu akan bekerja di dalam kelompok untuk menciptakan sebuah majalah dinding. Majalah dinding tersebut berisi wacana banyak sekali hal yang berafiliasi dengan interaksi antarmakhluk hidup dalam sebuah ekosistem. Kamu akan memerlukan sebuah kertas karton besar, gambar-gambar binatang dan
tumbuhan, lem, spidol warna-warni, tanaman-tanaman kecil menyerupai rumput, daundaun atau bunga kering dan benang. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Tentukan sebuah ekosistem yang akan kau perdalam.
  2. Bagilah kertas karton besar menjadi tiga bagian: Jenis-jenis Konsumen dan Produsen, Rantai Makanan, dan Jejaring Makanan.
  3. Jenis-jenis Konsumen dan Produsen: Pada bab ini, buatlah sebuah daftar serta gambar-gambar yang menawarkan jenis binatang herbivora, karnivora dan omnivora. Di bab yang sama tambahkan beberapa gambar produsen, atau tempelkan beberapa tumbuhan kecil atau rumput yang kau miliki. Jelaskanlah masing-masing tugas konsumen dan produsen.
  4. Rantai Makanan: Pada bab ini tentukan sebuah rantai kuliner yang terdiri dari makhluk hidup yang menjadi bab ekosistem tersebut. Jelaskanlah masing-masing perannya, sebagai konsumen atau produsen.
  5. Jejaring Makanan: Pada bab ini buatlah sebuah jejaring kuliner yang melibatkan beberapa rantai makanan. Perlihatkan bagaimana kekerabatan antara satu produsen dengan konsumen yang lain, dan antara konsumen satu dengan yang lainnya. Tunjukkanlah kekerabatan di antara makhluk hidup itu dengan memakai benang. Berilah keterangan pada jejaring makananmu dengan warta secukupnya.
  6. Berilah beberapa warta secukupnya pada majalah dindingmu. Gunakanlah istilah-istilah gres yang ada di Kamus Mini milikmu.
  7. Berikan beberapa hiasan, sehingga majalah dindingmu menarik dan penuh warta penting.
  8. Tempelkanlah majalah dindingmu pada dinding sekolah. Pastikan majalah dindingnya tidak gampang lepas.
Ayo Bernyanyi
Kalian telah menyanyikan beberapa lagu daerah. Kali ini kau akan menyanyikan kembali sebuah lagu kawasan yang berasal dari kawasan Betawi. a. Pelajarilah lagu kawasan berikut ini.
  1. Cobalah mencari arti lirik lagu tersebut.
  2. Lalu ciptakan musik pengiringnya semoga sesuai dengan nada dan irama lagu.
  3. Nyanyikanlah berulang-ulang dengan penuh kegembiraan.
  4. Kamu sanggup bergantian dengan teman sekelompokmu untuk mengiringinya. Misalnya, sesudah mengulang lagu ini dua kali, kelompok penyanyi akan memainkan alat musik ritmis untuk mengiringi. Kelompok yang sebelumnya mengiringi lagu, sekarang menjadi kelompok penyanyi.
  5. Menyenangkan, bukan?

Kicir-Kicir
Kicir kicir ini lagunya
Lagu usang ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka
Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
Buah mangga lezat rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
niscaya menjadi menjadi warga berguna

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Relasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel