Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Thursday, October 4, 2018
Add Comment
Kegiatan insan untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menjadikan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bab alam, baik abiotik maupun biotik, secara hiperbola tanpa memikirkan akibatnya. Sekali insan melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menjadikan kerusakan lingkungan berikutnya.
Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik, yaitu tanah dengan melaksanakan penggalian untuk mendapat materi tambang yang mempunyai kegunaan untuk banyak sekali keperluan. Batubara, ialah salah satunya. Selain itu, banyak sekali jenis materi logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah satu materi tambang logam mulia yang paling banyak dicari alasannya ialah nilainya yang tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari dalam bag ian lapisan bumi ialah nikel, timah, bauksit, dan lainnya.
Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia, Hampir semua jenis flora dan binatang pun dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan, yaitu binatang peliharaan dan binatang liar yang hid up bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis binatang untuk memenuhi kebutuhan hidup, menyerupai ayam, sapi, dan beberapa jenis ikon, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya atau bag ian tubuh lainnya menyerupai cula rino dan gading gajah. Perburuan man usia yang tidak terkendali menjadikan menurunnya populasi binatang tersebut secara drastis. Apabila hal terebut dibiarkan, maka binatang tersebut akan mengalami kepunahan.
Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis flora yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa flora mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, contohnya pohon jati dan pohon cendana. Tekstur kayu yang bogus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, pigura , dan sebaganya.
Ayo Lakukan
Buatlat pertanyaan dari bacaan di atas dengan memakai beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!
- Sebutkan dua jenis lingkungan alam!
- Pemanfaatan alam yang bagaimanakah yang sanggup merusak alam?
- Sebutkan referensi pemanfaat alam biotik dan abiotik yang sanggup merusak alam!
Bacalah kembali bacaan di atas dan bersama dengan ternan sebangkumu. Carilah kalimat utama dan pandangan gres pokok dari setiap paragraf di atas. Tuliskan kalimat utama dan pandangan gres pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut:
Paragraf | Ide Pokok | Kalimat Utama |
---|---|---|
1 | Kegiatan insan untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menjadikan kerusakan lingkungan | Kegiatan insan untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menjadikan kerusakan lingkungan |
2 | Contoh pemanfaatan lingkungan abiotik | Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik, yaitu tanah dengan melaksanakan penggalian untuk mendapat materi tambang yang mempunyai kegunaan untuk banyak sekali keperluan |
3 | Pemanfaatan lingkungan biotik (hewan) oleh manusia | Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia, Hampir semua jenis flora dan binatang pun dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan, yaitu binatang peliharaan dan binatang liar yang hidup bebas di hutan |
4 | Pemanfaatan lingkungan biotik (tumbuhan) oleh manusia | Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis flora yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah.tangga, ditanam dan dibudidayakan |
Hewan | Tumbuhan | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
No. | Nama Hewan | Bagian yang diambil | Manfaat | No. | Nama Tumbuhan | Bagian yang diambil | Manfaat |
1. | Ayam | Daging dan telur | Bahan Makanan | 1. | Kayu Jati | Kayu | Bahan Meubelair |
2. | Sapi | Daging dan Susu | Sumber Makanan | 2. | Pohon Cendana | Minyak | Minyak wangi |
3. | Ikan | Daging | Sumber Makanan | 3. | Kina | Kulit | Bahan Obat |
4. | Badak | Cula | Bahan Obat-obatan | 4. | Mahoni | Kayu | Perabot rumah tangga |
5. | Gajah | Gading | Hiasan | 5. | Jahe | Akar rimpang | Obat-obatan |
Ayo Bacalah
Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Setelah kau tahu cora mengumpulkan data, kau sanggup menyajikan data dalam banyak sekali bentuk. Data-data yang kau peroleh biasanya dicatat di dalam tabel dengan memakai turus dan angka. Turus dan angka mengatakan frekuensi dari masing-masing data. Lihatlah referensi di bawah ini. Berikut ialah hasil penimbangan berat tubuh siswa kelas V SD Mentari dalam satuan kilogram.
Hasil Penimbangan Badan | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
30 | 29 | 35 | 31 | 37 | 32 | 35 | 32 | 30 | 35 |
33 | 33 | 34 | 32 | 34 | 29 | 36 | 36 | 34 | 35 |
34 | 36 | 36 | 33 | 38 | 33 | 30 | 30 | 33 | 37 |
Berat Badan (kg) | Turus | Banyak Siswa (Frekuensi) |
---|---|---|
29 | II | 2 |
30 | III | 3 |
31 | II | 2 |
32 | III | 3 |
33 | IIII | 4 |
34 | IIII | 4 |
35 | IIII | 4 |
36 | IIII | 4 |
37 | II | 2 |
38 | I | 1 |
- Berat tubuh terendah 29 kg dan tertinggi 38 kilogram.
- Jumlah siswa yang berat badannya 33 kg paling banyak, yaitu 5 anak, Sedangkan siswa yang dengan berat 38 kg hanya 1 anak.
Ayo Berlatih
1. Hasil penimbangan berat bad an sisw/ kelas V SD Xll ialah sebagai berikut:
32 30 33 31 34 28 35 30 34 31
34 36 34 37 33 33 34 32 36 32
36 29 37 31 33 38 33 33 34 33
32 34 38 32 33 31 34 28 36 30
a. Nyatakanlah dalam tabel distribusi frekuensi.
Berat Badan (kg) | Turus | Banyak Siswa (Frekuensi) |
---|---|---|
28 | II | 2 |
29 | I | 1 |
30 | III | 3 |
31 | IIII | 4 |
32 | 5 | |
33 | IIII | 4 |
34 | 8 | |
35 | 5 | |
36 | IIII | 4 |
37 | II | 2 |
38 | II | 2 |
Jumlah | 40 |
- Berapakah jumlah siswa di dalam kelas tersebut? 40
- Berapakah berat tubuh tertinggi dan terendah dalam kelas tersebut? Tertinggi= 38 dan terendah=28
- Berat tubuh paling banyak ialah 34, yaitu sebanyak 8 siswa
- Berat tubuh paling sedikit ialah 29 , yaitu sebanyak 1 Siswa.
25 23 28 28 29 30 27 24 28 25
28 23 28 22 28 30 29 25 23 29
24 26 22 22 25 22 28 27 27 24
26 26 25 28 24 26 27 28 29 30
a. Nyatakanlah dalam tabel distribusi frekuensi
Berat Badan (kg) | Turus | Banyak Siswa (Frekuensi) |
---|---|---|
22 | IIII | 4 |
23 | III | 3 |
24 | IIII | 4 |
25 | 5 | |
26 | IIII | 4 |
27 | IIII | 4 |
28 | 9 | |
29 | IIII | 4 |
30 | III | 3 |
Jumlah | 40 |
- Berapakah jumlah siswa dalam kelas tersebut? 40
- Berapakah banyak siswa yang tabungannya paling banyak? 9
- Berapakah jumlah siswa yang jumlah tabungannya paling sedikit?4
- Bekerjalah bersama sahabat sebangkumu.
- Tentukan data apa yang ingin kau dapatkan dari teman-teman sekelasmu. Misalnya, nomor sepatu, jumlah buku tulis yang mereka bawa hari itu, jumlah pensil yang mereka miliki, jumlah halaman buku yang mereka boca dalam satu minggu, jenis makanan kesukaan, dan lain-lain.
- Lakukanlah survei singkat untuk mendapat data-data tersebut.
- Sajikanlah datamu di dalam tabel distribusi frekuensi menyerupai referensi di atas.
- Lalu buatlah pertanyaan yang sama dengan referensi pada dua latihan di atas.
- Tukarkanlah tabelmu beserta dengan pertanyaanmu ke pasangan lainnya.
- Mintalah mereka untuk menjawab pertanyaan yang kau buat menurut data yang kau miliki.
- Jawablah pertanyaan yang diberikan oleh temanmu yang lain dengan memakai data milik mereka.
0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan"
Post a Comment