Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Insan Dan Lingkungan

Ruang terbuka hijau merupakan suatu area tempat tumbuh tanaman, baik secara alamiah maupun yang sengaja ditanam. Penyediaan dan pemanfaatan RTH dalam RTRW Kota/RDTR Kota/RTR Kawasan Strategis Kota/RTR Kawasan Perkotaan, dimaksudkan untuk menjamin tersedianya ruang yang cukup bagi: daerah konservasi untuk kelestarian hidrologis; daerah pengendalian air larian dengan menyediakan bak retensi;  area pengembangan keanekaragaman hayati; tempat rekreasi dan olahraga masyarakat dan masih banyak yang lainnya.

Ingatkah kalian aktivitas wawancara yang kalian lakukan pada Pembelajaran 1? Dari aktivitas tersebut, kalian mendapat data mengenai luas ruang terbuka hijau di lingkungan sekitarmu. Inilah data yang telah diperoleh Udin dan teman-teman dari aktivitas tersebut.
LAPORAN HASlL WAWANCARA
No.Nama NarasumberLuas Lahan (m²)Luas R. Terbuka Hijau (m²)
1.Bapak Riyan315 m²80 m²
2.Ibu Donita220 m²80 m²
3.Bapak Dani450 m²180 m²
4.Bapak Romi340 m²80 m²
5.Ibu Tantri180 m²40 m²
6.Ibu Titi180 m²80 m²
7.Bapak Riko500 m²120 m²
8.Bapak Edo420 m²80 m²
9.Ibu Rina130 m²40 m²
10.Bapak Akhmad250 m²80 m²
Data tersebut disajikan dalam bentuk tabel. Adakah cora lain menyajikan data? Tentu ada. Suatu data dapatdisajikan dalam bentuk grafik batang dan diagram lingkaran. Perhatikan grafik batang untuk data tersebut di atas. Kita sanggup menggabungkan data luas seluruh lahan dan luas lahan terbuka dalam satu grafik batang. Perhatikan diagram berikut.

Ayo Lakukan
Pada Pembelajaran 1, kau telah melaksanakan aktivitas wawancara untuk mencari data luas ruang terbuka hijau pada rumah-rumah di lingkungan sekitarmu. Sajikan data tersebut dalam bentuk-bentuk berikut.
1. Tabel.
2. Grafik batang.
Perhatikan lagi data yang diperoleh Udin dan ternan-ternan. Kita pecah data tersebut menjadi dua, yaitu data luas seluruh lahan dan data luas lahan terbuka. Data tersebut kemudian kita urutkan dari terkecil ke terbesar. lnilah kedua data sehabis diurutkan.

Luas Lahan
No.Nama NarasumberLuas Lahan (m²)
1.Ibu Rina130 m²
2.Ibu Titi180 m²
3.Ibu Tantri180 m²
4.Ibu Donita220 m²
5.Bapak Akhmad250 m²
6.Bapak Riyan315 m²
7.Bapak Romi340 m²
8.Bapak Edo420 m²
9.Bapak Dani450 m²
10.Bapak Riko500 m²
Luas Ruang Hijau Terbuka
No.Nama NarasumberLuas R. Terbuka Hijau (m²)
1.Ibu Rina40 m²
2.Ibu Tantri40 m²
3.Bapak Romi80 m²
4.Ibu Titi80 m²
5.Bapak Akhmad80 m²
6.Bapak Riyan80 m²
7.Bapak Romi80 m²
8.Bapak Riyan80 m²
9.Bapak Riko120 m²
10.Bapak Dani180 m²
Perhatikan urutan data luas seluruh lahan tersebut. Ada 10 data. Data ke-5 yaitu 250 dan data ke-6 yaitu 315.
Data ke-5 +data ke-6/2 = 250 + 315/2 = 565/2 =282,5. Nilai 282, 5 ini disebut median data. Median data yaitu data yang terletak di tengah-tengah ketika data diurutkan.
Perhatikan lagi data luas lahan lahan.
No.Nama NarasumberLuas Lahan (m²)
1.Ibu Rina130 m²
2.Ibu Titi180 m²
3.Ibu Tantri180 m²
4.Ibu Donita220 m²
5.Bapak Akhmad250 m²
6.Bapak Riyan315 m²
7.Bapak Romi340 m²
8.Bapak Edo420 m²
9.Bapak Dani450 m²
10.Bapak Riko500 m²
Terlihat bahwa data 180 muncul duo kali, sedangkan data lain hanya muncul sekali.
Data 180 ini disebut modus data. Modus data yaitu data yang paling sering muncul.
Ayo Lakukan
Perhatikan data berikut. Urutkan, kemudian tentukan median dan modusnya.
No.Nama NarasumberLuas R. Terbuka Hijau (m²)
1.Ibu Rina40 m²
2.Ibu Tantri40 m²
3.Bapak Romi80 m²
4.Ibu Titi80 m²
5.Bapak Akhmad80 m²
6.Bapak Riyan80 m²
7.Bapak Romi80 m²
8.Bapak Riyan80 m²
9.Bapak Riko120 m²
10.Bapak Dani180 m²
Median = 80+80/2 = 80
Modus = 80 (muncul 6 kali)

Ayo Diskusikan
Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir. Tindakan itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kita terhadap lingkungan. Apa hak, kewajiban, dan tanggung jawab kita terhadap lingkungan? Diskusikan dengan temantemanmu, kemudian tuliskan hasil diskusimu.

Hak kita terhadap lingkungan:
  1. Menikmati lingkungan segar. Dengan lingkungan yang segar hidup kita menjadi sehat dan nyaman. Dengan hidup yang sehat dan nyaman semua aktivitas sanggup dilaksanakan dengan baik. Udara untuk keperluan pernapasan lantaran tidak ada insan yang sanggup bertahan hidup tanpa adanya dukungan udara.
  2. Memperoleh air sehat dan higienis yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan sawah, dan pembangkit tenaga listrik.
  3. Memperoleh apa yang kita butuhkan. Tumbuhan dan binatang untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati. Selain itu flora dan binatang juga sanggup di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan. Di daerah tertentu, sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
  4. Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan banyak sekali prasarana dalam mendukung kehidupan manusia, contohnya untuk menciptakan tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan pertokoan. Pemanfaatan lahan tersebut tentunya dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
  5. Bebas dari pencemaran lingkungan. Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bebas dari pencemaran. Dengan lingkungan yang sehat penghuni lingkungan juga sehat dan terbebas dari banyak sekali macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tercemar.
Kewajiban kita terhadap lingkungan:
  1. Membersihkan lingkungan dari sampah. Sampah yang berantakan harus dibersihkan biar lingkungan menjadi sehat.
  2. Melestarikan lingkungan sanggup dilakukan dengan melaksanakan reboisasi atau penanaman hutan kembali. Dengan reboisasi atau penanaman hutan kembali sanggup memperbaiki lapisan ozon yang mulai menipis lantaran pencemaran udara atau polusi.
  3. Menjaga kelestarian lingkungan sanggup dilakukan dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan kita sanggup mengurangi pencemaran udara atau polusi. Contoh kendaraan ramah lingkungan yaitu kendaraan beroda empat listrik dan kendaraan beroda empat tenaga surya.
  4. Memelihara lingkungan sanggup dilakukan dengan cara membangun gedung ramah lingkungan, buatlah gedung dengan pendekatan lingkungan. Gedung yang dibangun dengan pendekatan lingkungan disebut gedung hijau. Gedung itu biasanya menggunakan beling sebagai tembok dan ketika siang hari menggunakan Matahari sebagai lampu.
  5. Mengurangi penyebab polusi sanggup dilakukan dngan cara menggunakan energi alternatif. Energi alternatif yaitu sebuah Energi yang Ramah lingkungan dan tidak pernah habis. Contoh energi alternatif yaitu air, angin, dan panas matahari.
  6. Memperindah lingkungan sanggup dilakukan dengan cara menanam tumbuhan tanaman bunga dan tumbuhan hijau. Tanaman hijau yaitu tumbuhan yang sangat penting untuk membantu insan mendapat oksigen yang baik. Dengan oksigen yang cukup, masyarakat akan sanggup menjalankan kehidupan dan kegiatannya dengan lebih baik dan nyaman lagi.

Tanggung jawab kita terhadap lingkungan:
  1. Memelihara kebersihan lingkungan, menyerupai tidak membuang sampah sembarangan. Sampah dikelola dengan menerapkan prinsip 4 R yaitu ( Reduce, Reuse, Recycle dan Replace ). Dalam keseharian, dan sanggup dilakukan oleh siapa saja untuk mengurangi volume sampah.
  2. Tidak mengekspolitasi alam secara berlebihan, mengingat keterbatasan sumber daya alam yang ada. Eksploitasi sumber daya alam secara hiperbola tanpa memperhatikan aspek tugas dan fungsi alam ini terhadap lingkungan sanggup mendatangkan banyak sekali macam musibah menyerupai tanah longsor, banjir, kabut asap, pemanasan global yang sangat merugikan masyarakat.
  3. Menggunakan teknologi yang ramah lingkungan biar kebersihan dan kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik. Ramah lingkungan artinya tidak mengakibatkan kerusakan pada lingkungan sebagai tempat tinggal manusia. Maka dengan cara yang sederhana, teknologi ramah lingkungan yaitu teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan insan namun tidak mengakibatkan kerusakan atau memperlihatkan efek negatif pada lingkungan di sekelilingnya.
  4. Pemanfaatan teknologi harus mempertimbangkan lingkungan hidup di mana kita tinggal biar teknologi tersebut justru tidak merusak alam lingkungan kita. 
  5. Menjaga kelestarian lingkungan dengan cara meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber energi yang tidak akan habis sebagai pengganti minyak bumi atau kerikil bara, contohnya penggunaan energi sinar matahari, angin, geothermal, tenaga air, pasang air laut, dan sebagainya.
Ayo Berlatih
Urutkan data-data berikut, kemudian tentukan modus dan mediannya
  1. 12 14 18 12 16 15 20 14 17 14 11
  2. 24 22 26 23 22 20
  3. 6 8 4 5 6 8 7 6 9 8 12
  4. 300 200 240 220 230 200 280 220 260 220
  5. 128 126 130 132 126 190 180 160 124 126
Nomor 1
11, 12, 12, 14, 14, 14, 15, 16, 17, 18, 20
Mean: Data ke-6=14
Modus: 14

Nomor 2
20, 22, 22, 23, 24, 26
Mean: data ke-3 + data ke-4/ 2 = 22+23/ 2 = 45/2 = 22,5
Modus: 22

Nomor 3
4, 5, 6, 6, 6, 7, 8, 8, 8, 9, 12
Mean: data ke-6=7
Modus: 6 dan 8

Nomor 4
200, 200, 220, 220, 220, 230, 240, 260, 280, 300
Mean:
data ke-5 + data ke-6/2=220+230/2= 450/2 = 225
Modus: 220

Nomor 4
124, 126, 126, 126, 128, 130, 132, 160, 180, 190
Mean: data ke-5 + data ke-6/2 =128 130/2 = 258/2 = 129
Modus: 126

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Insan Dan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel