Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan

Kemampuan fotosintesis yang dimiliki oleh flora menyebabkan mereka bisa menyediakan sumber kuliner untuk kehidupan mereka sendiri, dan beberapa senyawa lainnya disimpan sebagai cadangan kuliner dalam bentuk amilum / pati yang dimanfaatkan oleh mahkluk hidup ( terutama konsumen primer ) sebagai sumber makanan.Sehingga sanggup dikatakan flora menjadi sumber kehidupan utama bagi mahkluk hidup lainnya, lantaran energi yang berasal darinya akan ditransfer kepada mahkluk hidup lainnya melalui rantai kuliner dan jaring-jaring makanan.

Tahukah kau bahwa flora tidak saja bermanfaat sebagai sumber kuliner bagi kehidupan makhluk hidup? Akan tetapi, ada manfaat lainnya dalam kehidupan kita? Yuk, kita cari tahu

Berdasarkan pengamatanmu sehari-hari, tuliskan banyak sekali manfaat flora bagi kehidupan makhluk hidup.

Ayo Cari Tahu
Bakau, Tumbuhan Penjaga Pesisir Pantai
Bakau merupakan flora unik yang terdapat di muara sungai, tempat pasang surut, dan pesisir laut. Tumbuhan ini unik, lantaran mempunyai ciri-ciri adonan dari flora yang hidup di darat dan di laut. Bakau mempunyai akar napas, yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. Ini merupakan cara pembiasaan flora terhadap kondisi tanah yang miskin oksigen.

Keberadaan bakau di lingkungannya mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain sebagai berikut.
  1. Melindungi pantai dari erosi dan erosi Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga biar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpunrumpun bakau bisa menyerap energi gelombang yang datang, sehingga hanya riak gelombang yang hingga di sisi pantai.
  2. Menahan rembesan air maritim ke darat.
  3. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri Selain sanggup menjaga daratan, bakau juga mempunyai kiprah penting dalam mengurangi polutan di air laut.
  4. Menciptakan udara pesisir yang higienis dan segar Daun bakau sanggup menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap higienis dan segar.
  5. Menjadi habitat alami banyak sekali biota darat dan laut, Kelestarian binatang maritim dan darat menyerupai udang, kepiting, banyak sekali jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
  6. Mengurangi pengaruh tragedi akhir gelombang laut, menyerupai angin puting-beliung dan gelombang pasang.
Saat ini, terutama di kota-kota besar, keberadaan bakau di sekeliling garis pantai semakin menyusut. Hal ini disebabkan penebangan bakau secara hiperbola maupun akhir pengalihan hutan bakau menjadi area tambak, pemukiman, maupun area perindustrian. Oleh lantaran itu, perlu digalakkan kesadaran masyarakat untuk merehabilitasi keberadaan tumbuhan bakau. Beberapa komunitas pemerhati lingkungan berinisiatif untuk menggerakkan penanaman bakau. Kegiatan ini melibatkan masyarakat melalui pesan edukatif serta undangan untuk melestarikan keberadaan hutan bakau di lingkungan pesisir.

Secara alami, kondisi geografis suatu lingkungan didukung oleh keberadaan makhluk hidup untuk menjaganya. Seperti tumbuhan bakau untuk menjaga pesisir pantai. Hal ini merupakan kiprah insan untuk tetap

Ayo Diskusikan
Bersama kelompokmu jawablah pertanyaan berikut.
  1. Dimanakah tumbuhan bakau tumbuh? Muara sungai
  2. Apa saja manfaat dari tumbuhan bakau?Melindungi pantai dari erosi dan abrasi, Menahan rembesan air maritim ke darat, Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri, Menciptakan udara pesisir yang higienis dan segar, Menjadi habitat alami banyak sekali biota darat dan laut. Mengurangi pengaruh tragedi akhir gelombang laut, menyerupai angin puting-beliung dan gelombang pasang.
  3. Apa yang akan terjadi kalau tidak ada lagi tumbuhan bakau? Jika tidak ada tumbuhan bakau maka pantai akan mengalami abrasi, dan sebagian binatang kecil akan musnah.
  4. Apa saja yang sanggup dilakukan untuk melestarikan tumbuhan bakau? Penanaman kembali mangrove, Pengaturan kembali tata ruang wilayah pesisir: pemukiman, vegetasi, dll. Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan mangrove secara bertanggungjawab. Ijin perjuangan dan lainnya hendaknya memperhatikan aspek konservasi.
Ayo Menulis
Dimanakah tempat tinggalmu? Di sekitar pantai, di dataran rendah, atau di  dataran tinggi? Carilah isu dari banyak sekali sumber dan lakukan observasi untuk melihat kondisi geografis di lingkunganmu.
  1. Apa sajakah yang sudah dilakukan masyarakat di sekitar rumahmu untuk menjaga kondisi lingkungan? Untuk menjaga kondisi lingkungan warga sekitarku menanam tumbuhan di sekitar rumah.
  2. Tumbuhan apa sajakah yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Beraneka macam flora ditanam oleh warga menyerupai tumbuhan bunga dan aneka buah-buahan.
  3. Apakah kiprah flora tersebut dalam menjaga kondisi lingkungan? Tumbuhan tersebut menjaga kondisi lingkunganku sempurna segar dan sehat.
Ayo Berkreasi
Buatlah poster yang berisi isu ihwal pentingnya flora bagi kehidupan. Perhatikan kriteria berikut ini.
  1. Poster berisi isu ihwal paling sedikit satu manfaat flora bagi kehidupan, serta kalimat undangan untuk menjaga dan mencintai tumbuhan.
  2. Terdapat gambar yang mendukung informasi.
  3. Gambar dan goresan pena jelas, rapi, terbaca, dan gampang dipahami.

Gunakan poster tersebut untuk berkampanye ihwal pentingnya flora dan sampaikan ke kelas-kelas lain. Setelah itu, pasang poster tersebut di tempat yang strategis di sekitar sekolah dan gampang terbaca.

Ayo Berlatih
1. Perhatikan grafik batang ihwal data kandungan vitamin C dalam satuan miligram (mg) pada beberapa jenis buah berikut.

  • Dari data di atas, berapakah kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya? Kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya= 62 mg
  • Buah apakah yang kandungan vitamin C paling tinggi? Buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, yaitu Jambu Monyet lantaran angka kandungan vitamin C-nya ialah 265 mg, yaitu yang tertinggi di antara yang lain.
  • Jika kau memakan 1 kg kiwi, berapa mg vitamin C yang kau konsumsi?. Kandungan vitamin C pada 1 kg kiwi = [1000 gram : 100] x 93 = 930 mg.
  • Bagaimana caramu mendapat jawabannya?. Caranya ialah satuan kilogram pada kiwi diubah menjadi gram.
Tahukah kamu?
Menurut Angka Kebutuhan Gizi (AKG) di Indonesia pada tahun 2007, kebutuhan Vitamin C untuk orang arif balig cukup akal ialah 90 mg/hari, sedangkan untuk anak usia 2-5 tahun ialah 45 mg/hari.
  1. Jika mengonsumsi 1/2 kg leci, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, lantaran 1/2 kg = [500 gram : 100] x 71 = 355 mg.
  2. Jika mengonsumsi 1 kg nanas, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu, lantaran 1 kg = [1000 : 100] x 56 = 560 mg
  3. Jika mengonsumsi 1 kg lengkeng dan 1/2 kg pepaya, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, lantaran [1000 gram: 100] x 84 + [500 gram : 100] x 62 = 1.150 mg
  4. Tabel konsumsi buah setiap hari biar kebutuhan vitamin C untuk badan sanggup terpenuhi. 
Berdasarkan isu sebelumnya, buatlah tabel ihwal buah yang sanggup kau konsumsi setiap hari biar kebutuhan vitamin C untuk tubuhmu dapat
terpenuhi.
Nama BuahBanyaknyaKandungan Vitamin C
Jambu Batu½ kgVit C = 500 gram : 100 x 228 = 1.140 mg
Kiwi Zespri1 kgVit C = 1.000 gram : 100 x 93 = 930 mg
Pepaya1 kgVit C = 1.000 gram : 100 x 62 = 620 mg
Lengkeng5 onsVit C = 500 gram : 100 x 84 = 420 mg
Strawberi200 gramVit C = 200 gram : 100 x 59 = 118 mg
2. Selain kandungan vitamin C dalam sayur dan buah, juga terdapat kandungan air yang mempunyai kegunaan bagi tubuh. Berikut ialah data kandungan air dalam buah dan sayur.

a. Berapa persen kandungan air dalam setiap buah-buahan di atas?
  • Apel = 90%
  • Semangka= 95%
  • Jeruk = 90%
  • Kentang = 80%
b. Berapa persen kandungan yang bukan air pada setiap buah-buahan di atas?
  • Apel = 10%
  • Semangka= 5%
  • Jeruk = 10%
  • Kentang = 20%
c. Tuliskan bentuk persen dalam grafik di atas ke bentuk desimal dan pecahan.
  • Apel = 90% = 0,9 = 9/10
  • Semangka= 95% = 0,95 = 95/100
  • Jeruk = 90% = 0,9 = 9/10
  • Kentang = 80% = 0,8 = 8/10

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel