Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Insan Dan Lingkungan

Manuk Dadali merupakan salah satu lagu Sunda asal tempat Jawa Barat. Dengan berbahasa sunda yang diciptakan oleh pembawa program radio dan televisi serta penulis lagu berbahasa sunda, Sambas Mangundikarta. Manuk Dadali yang berarti burung garuda merupakan lagu penuh rasa nasionalisme menceritakan keperkasaan burung garuda yang merupakan lambang dari Indonesia.

Banyak makna yang terkandung di dalam lagu Manuk Dadali, mulai dari rasa Nasionalisme yang tiinggi, sampai kegagahannya. Hal tersebut senada dengan Indonesia yang merdeka alasannya usaha pribumi bukan alasannya sumbangan negara penjajah.

Beni dan teman-teman berlatih menyanyikan lagu Manuk Dadali. Lagu Manuk Dadali merupakan lagu tempat Jawa Barat. Inilah lagu Maanuk Dadali.

Berlatihlah menyanyikan lagu Manuk Dadali. Berlatihlah terus sampai kau sanggup bernyanyi dengan baik. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Gunakan iringan menggunakan alat musik yang ada di sekitarmu. Beni dan ternan-ternan telah berlatih rnenyanyikan lagu Manuk Dadali,
Kemudian, mereka berlatih gerakan-gerakan senam irama rnengikuti irama lagu Manuk Dadali lnilah gerakan-gerakan yang mereka lakukan

Gerak 1
  1. Sikap awal bangun tegak, kaki kiri ditekuk sedikit, Kedua lengan direntangkan ke samping, Pandangan ke depan
  2. Hitungan 1-2 luruskan kedua lengan ke atas
  3. Hitungan 3-4 langkahkan kaki kiri ke sarnping dan liukkan tubuh ke arah kiri dengan merentangkan kedua lengan ke atas. Lakukan bergantian kiri dan kanan.
  4. Sikap selesai kernbali ke sikap permulaan.
Gerak 2
  1. Sikap awol bangun tegak, pandangan ke depan, kedua lengan di samping badan.
  2. Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke samping bersamaan dengan mengayun kedua lengan dari samping ke depan.
  3. Hitungan 2: tutup kaki kiri, bersamaan dengan menurunkan kedua lengan ke samping badan.
  4. Lakukan gerakan tersebut dengan arah berlawanan
Gerak 3
  1. Sikap permulaan bangun tegak, Kedua lengan direntangkan ke samping, Pandangan ke depan
  2. Hitungan 1-2 : ayunkan kedua lengan ke belakang, sambil melangkahkan salah satu kaki ke belakang
  3. Hitungan 3-4 : kembali ke sikap 1 dengan berat tubuh berada pada kedua kaki.
  4. Sikap selesai kembali ke sikap permulaan
Gerak 4
  1. Sikap permulaan bangun tegak, kedua lengan direntangkan sejajar bahu.
  2. Hitungan 1 : langkahkan kaki kiri ke samping,lalu ayunkan lengan kiri ke samping kanan sejajar dengan pundak I lengan kanan.
  3. Hitungan 2: ayunkan kembali kedua lengan lurus ke samping kanan dan kiri.
  4. Hitungan 3-4: lakukan gerakan hitungan 1-2 dengan arah kebalikan.
  5. Sikap selesai kembali ke sikap permulaan.









Gerak 5
  1. Sikap permulaan bangun tegak, kedua tungkai lurus, Kedua lengan di samping badan, Pandangan ke depan
  2. Hitungan 1 : angkat kedua lengan ke atas dengan diayunkan ke belakang diikuti dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.
  3. Hitungan 2 : kembali ke sikap permulaan.
  4. Hitungan 3 : angkat kembali kedua Iegan ke atas diayunkan ke belakang disertai melangkahkan kaki kiri ke depan.
  5. Hitungan 4 : kembali ke sikap permulaan.
  6. Sikap selesai kembali ke sikap permulaan
Gerak 6
  1. Sikap awal bangun tegak, kedua tangan di samping badan, pandangan ke depan.
  2. Hitungan 1 : ayunkan salah satu kaki lurus ke depan, bersamaan dengan itu ayun kedua lengan lurus ke samping belakang.
  3. Hitungan 2 : kembali ke sikap semula.
  4. Lakukan dengan kaki yang berbeda
Gerak 7
  1. Sikap permulaan bangun tegak, kedua tungkai lurus, Kedua lengan di samping badan, Pandangan ke depan.
  2. Hitungan 1 : putarkan kedua lengan ke arah kanan searah dengan jarum jam ke samping, atas dan bawah diikuti dengan melangkahkan kaki kanan ke samping kanan.
  3. Hitungan 2 : kembali ke sikap bangun semula
  4. Hitungan 3 : putar lengan ke arah kiri, berlawanan dengan arah jarum jam, diikuti melangkahkan tungkai ke kiri disertai tungkai kanan.
  5. Sikap selesai kembali ke sikap permulaan.
Arti Lagu Manuk Dadali
Burung Garuda

Terbang melesat tinggi, jauh di awang-awang
Merentang sayapnya, tegak tanpa ragu
Kukunya panjang dan paruhnya melengkung
Menyongsong lang it dengan cergas terbangnya

Siapa yang sanggup menyaingi keberaniannya
Gagah perkasa tanpa tandingan
Dihormati dan disegani oleh sesama
Tanpa ragu tanpa takut, besar nyalinya

Burung garuda, burung paling gagah
Lambang sakti Indonesia jaya
Burung garuda, yang paling tersohor
Senang bersatu, rukun semuanya

Hidup berhimpun tanpa soling iri
Saling menyayangi, tak sungkan membela
Burung garuda yaitu lambang kesatriaan
Untuk seluruh bangsa di negara Indonesia
Kamu telah mengetahui Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Banyak orang menyampaikan gambar burung garuda terinspirasi dari burung elang.

Ayo Bacalah
Konservasi Elang di Halimun Salak
Burung elang jawa (Nisoetus bortefsi) merupakan pola lukisan Burung Garuda. Namun, sekarang jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa tersebut antara lain alasannya kerusakan habitat tempat hidupnya, baik alasannya musibah maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula sikap lain insan yang menyebabkan populasi burung ini makin menyusut tajam, yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh alasannya itu Indonesia berupaya melaksanakan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak gampang dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan pinjaman pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya, Indonesia masih menggunakan metode lama, yaitu dengan memasang semacam bend kurun kuning di sayap. Sebagai bandingan, di Thailand, pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mota.

Kamu telah membaca bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak. Addakah kata-kata sukar yang belum kau ketahui artinya? Jika ada, tuliskan dalam tabel berikut. Kemudian, carilah arti kata-kata tersebut. Carilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau bertanyalah kepada orang-orang yang kau anggap mengetahui.
Kata SulitArti
KonservasiPemeliharaan dan proteksi sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian
PopulasiJumlah penghuni, baik insan maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang/daerah tertentu
HabitatTempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli;
KoleksiKumpulan benda/barang yang sering dikaitkan dengan minat atau hobi.
MetodeCara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu acara guna mencapai tujuan yang ditentukan.
SatelitSatelit yaitu benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan.

Dari bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak Kamu mengetahui beberapa efek acara insan terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu? Lengkapilah peta pikiran berikut.

Ayo Diskusikan
Apa yang sanggup kau lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan kesannya dalam tabel berikut
No.Usahaku untuk lkut Melestarikan Elang Jawa
1.Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang Jawa. Masyarakat biasanya masih saja memelihara Elang Jawa, atau binatang dilindungi lainnya. Mereka menangkap Elang Jawa dengan cara memburunya. Tindakan tersebut terang sangat mengganggu kelestarian Elang Jawa.
2.Menjaga habitat Elang Jawa. Masyarakat ikut aktif dalam menyelamatkan Elang Jawa dan habitatnya. Upaya masyarakt contohnya melapor kepada pihak Kehutanan, atau Kepala Desa setempat apabila terjadi pengrusakan hutan /habitat Elang Jawa, penangkapan, pemeliharaan maupun perdagangan Elang Jawa
3.Pemerintah menerbitkan UU Nomor 5 tahun 1990 perihal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistimnya, yang secara terang dan faktual bahwa menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, mempunyai dan memperdagangkannya baik hidup, mati maupun bagian-bagian tubuhnya saja dinyatakan dihentikan dan diancam eksekusi maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal 100 juta rupiah.
4.Membuat Kelompok Penyelamat Elang Jawa. Masyarakat yang memelihara Elang Jawa dibutuhkan menyerahkannya kepada petugas Polisi Kehutanan setempat. Elang Jawa hasil dari penyerahan masyarakat tidak sanggup pribadi dilepaskan ke alam begitu saja melainkan harus direhabilitasi terlebih dahulu di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS).

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Insan Dan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel