Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Binatang Sahabatku

Belajar tema binatang selama seminggu ini menyenangkan sekali. Kamu sanggup mengetahui teks laporan pemeriksaan wacana hewan. Selain itu, kau juga berguru wacana pentingnya menjaga kelestarian binatang dan flora dengan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo, kita memperkuat pemahaman wacana bahan yang telah kita pelajari. Namun, sebelumnya berolahraga dulu, ya.

Tahukah kau bahwa dalam permainan rounders diharapkan banyak sekali ketangkasan? Seperti ketangkasan melaksanakan lemparan mendatar, lemparan melambung, dan lemparan menyusur tanah.
1. Lemparan melambung
Lemparan melambung biasanya dipakai untuk lemparan yang berjarak jauh. Lemparan ini memerlukan tenaga yang cukup besar alasannya ialah bola harus jauh dan tinggi. Cara melaksanakan lemparan melambung, yaitu:
  1. Bola dipegang dengan posisi tangan atau jari-jari dengan benar.
  2. Ayunkan tangan yang memegang bola sambil kaki melangkah secara bersamaan.
  3. Berat tubuh bertumpu pada kaki depan.
  4. Saat mengambil awalan melempar, tubuh sedikit condong ke belakang.
2. Lemparan mendatar
Lemparan bola mendatar ialah lemparan bola yang arah bolanya mendatar dan cepat. Lemparan ini dilakukan dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan sejajar dengan bahu. Gerakan melempar ini disertai dengan lecutan pergelangan tangan.

3. Lemparan bawah (menyusur tanah)
Lemparan bawah ini arah atau jalannya bola menyusur tanah. Biasanya dilakukan dalam keadaan darurat dan dilakukan dengan cepat. Cara melaksanakan lemparan bawah, yaitu:
  1. Posisi tubuh sedikit membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk.
  2. Ayunan tangan dilakukan dari samping atas ke depan bawah.
  3. Gerakan melempar bola bawah ini disertai dengan lecutan tangan.
Ayo Diskusikan
Diskusikan dengan kelompokmu bagaimana taktik untuk memenangkan pertandingan dalam permainan Rounders. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut
  1. Pukul bola sejauh mungkin keluar kan selurruh tenagamu
  2. Sesudah memukul lari secepat cepatnya sesuai kehebatanmu
  3. Kalau ada yang ingin mengenaimu dengan bola usahakan zig zag atau membisu di daerah hinggap
Ayo Lakukan
Praktikkan banyak sekali taktik dalam permainan rounders melalui pertandingan.

Ayo Amati
Ingatkah kau dengan bahan di kelas sebelumnya wacana manfaat binatang dan flora bagi keseimbangan lingkungan hidup? Amati rantai masakan berikut!

Berdasarkan rantai masakan tersebut, lengkapi tabel berikut.
ProdusenKonsumen
tingkat 1
Konsumen
tingkat 2
Konsumen
tingkat 3
Pengurai
Tanaman JagungAyam, Ikan, Burung, ManusiaSerigala, Manusia, Harimau-Bakteri
Baca dalam hati teks berikut dengan teliti!
Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
Beragam jenis binatang dan flora sanggup ditemui di sekitarmu. Setiap jenis binatang dan flora tersebut mempunyai peranan untuk menunjang keberlangsungan kehidupan di Bumi.

Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia masakan bagi binatang dan manusia. Tanah yang kau pijak mirip pabrik raksasa yang menghasilkan ribuan bahkan jutaan jenis tumbuhan. Padi dan palawija menjadi sumber energi bagimu. Sayuran dan buah-buahan menjaga kesehatan tubuhmu. Pohon-pohon besar menyediakan kayu yang dipakai menjadi bermacam-macam jenis peralatan yang diharapkan bagi kehidupan kita.

Ribuan jenis binatang yang hidup di darat dan di air makin memperkaya kehidupan di Bumi. Setiap jenis binatang dan flora mempunyai ciriciri khusus yang berbeda beserta keuntungannya bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Ayam dan ikan sebagai sumber protein yang membuat belum dewasa tumbuh kembang, besar, dan sehat. Beberapa jenis binatang mirip ikan, burung, kucing, dan anjing menjadi teman insan yang menghibur dan menemanimu di kala sedih.

Tuhan Yang Maha Esa telah membuat binatang dan flora untuk dilestarikan. Dapatkah kau bayangkan bila tidak ada lagi ayam atau ikan di bumi ini? Atau tidak ada lagi sayuran dan buah-buahan alasannya ialah seluruh tanah kita terkotori oleh sampah. Sudahkah kau bersikap bijak terhadap binatang dan tumbuhan? Ayo, kita lestarikan keberadaannya.

Diskusikan bersama sobat untuk menjawab pertanyaan berikut.
1. Apakah peranan produsen, konsumen, dan pengurai dalam kehidupan? Jelaskan dengan singkat.
  • Produsen ialah membuat makanan, yaitu tumbuhan
  • Konsumen ialah pemakan yaitu insan dan hewan
  • Pengurai ialah menguraikan hewan-hewan yang terkubur di dalam tanah.
2. Apa yang akan terjadi pada binatang lainnya bila terjadi hal-hal berikut?
  • Tanaman jagung punah.maka semua konsumen akan punah
  • Ayam punah.maka serigala berkurang, insan tidak lagi sanggup makan ayam
  • Cacing punah. maka  jasad di dalam tanah tidak akan terurai dan menumpuk di dalam tanah.
3. Bagaimana hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai? Jelaskan dengan singkat.
Keterkaitan hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai, yaitu semua konsumen memerlukan produsen, pengurai memerlukan jasad mati konsumen, produsen memerlukan zat-zat sisa konsumen yang diuraikan pengurai sebagai daerah tumbuh

4. Bagaimana hubungan antara perkembangbiakan flora dengan keseimbangan ekosistem? Jelaskan dengan singkat.
Tumbuhan mempunyai kemampuan berkembang biak dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem

5. Bagaimana biar rantai masakan tersebut terjaga keseimbangannya? Bagaimana kiprah insan didalamnya? Jelaskan dengan singkat dan berikan beberapa contoh.
Manusia mempunyai kiprah untuk menjaga supaya flora sebagai produsen terjaga kelestariannya dengan menjaga tanah dan air supaya tidak tercemar.

Ayo Analisis
Sekarang kau akan mengamati hubungan saling ketergantungan antara tumbuhan-hewan-manusia yang ada di lingkungan daerah tinggalmu, kemudian tuliskan dalam bentuk teks laporan investigasi. Perhatikan hal-hal berikut!
  1. Amati jenis flora dan binatang yang ada di sekitarmu, temukan ciri-ciri khusus, serta keuntungannya bagi keberlangsungan kehidupan dalam ekosistem di lingkungan daerah tinggalmu.
  2. Analisis hubungan saling ketergantungan antara hewan-tumbuhanmanusia dalam ekosistem tersebut.
  3. Tuliskan kehidupan yang akan terjadi bila salah satu jenis binatang dan flora tersebut punah.
Struktur teksKalimat
Penjelasan UmumBeragam jenis binatang dan flora sanggup ditemui di sekita kita. Setiap jenis binatang dan flora tersebut mempunyai peranan untuk menunjang keberlangsungan kehidupan di Bumi. Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia masakan bagi binatang dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan, flora memerlukan insan dan hewan.

Untuk keberlangsungan hidupnya makhluk hidup tidak sanggup hidup sendiri alasannya ialah makhluk hidup saling membutuhkan. Manusia, binatang dan flora membentuk suatu jaringan hidup yang saling berkaitan. Manusia bergantung pada binatang dan flora biar tetap hidup. Tumbuhan merupakan produsen bagi insan dan hewan. Hubungan keterkaitan antara makhluk hidup ini harus dijaga.
Fakta-faktaSetiap makhluk hidup mempunyai peranan masing-masing. Peranan produsen, konsumen, dan pengurai dalam kehidupan, yaitu sebagai berikut.
  1. Produsen ialah membuat makanan, yaitu tumbuhan. Tumbuhan hijau bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan zat masakan melalui proses fotosintesis, sehingga disebut sebagai produsen.
  2. Konsumen ialah pemakan. Manusia dan binatang termasuk dalam golongan konsumen alasannya ialah keduanya tidak sanggup membuat masakan sendiri.
  3. Pengurai ialah menguraikan hewan-hewan yang terkubur di dalam tanah. Makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai ialah kuman dan jamur saprofit.
Jika salah satu komponen dalam sebuah lingkungan tidak ada atau hilang maka komponen yang lainya akan terganggu. Misalnya apa yang akan terjadi pada binatang lainnya, bila terjadi hal-hal berikut.
  1. Tanaman jagung punah semua konsumen akan punah alasannya ialah tumbuhan jagung merupakan produsen makanan.
  2. Jika Ayam punah maka serigala berkurang, insan tidak lagi sanggup makan daging ayam.
  3. Jika cacing punah maka jasad di dalam tanah tidak akan terurai dan menumpuk di dalam tanah.
Keterkaitan hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai, yaitu semua konsumen memerlukan produsen, pengurai memerlukan jasad mati konsumen, produsen memerlukan zat-zat sisa konsumen yang diuraikan pengurai sebagai daerah tumbuh.
KesimpulanTumbuhan dan binatang mempunyai kemampuan berkembang biak dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Manusia mempunyai kiprah untuk menjaga supaya flora sebagai produsen terjaga kelestariannya dengan menjaga tanah dan air supaya tidak tercemar.

EVALUASI
1. Buatlah soal dongeng wacana perbandingan senilai. Jelaskan cara menjawab soal tersebut dengan santunan tabel.
Harga 3 liter bensin Rp. 13.500,00. Jika seseorang membeli 6 liter bensin maka berapa uang yang harus ia bayar?
No.Banyaknya Bensin (liter)Harga (Rp)
1.313.500
2.6x
X = 6/3 x 13.500
X = 6 x 13.500/3 = 81.000/3 = 27.000

2. Peternakan “Hewan Sahabatku” mempunyai persediaan pakan ternak untuk 60 ekor ayam selama 20 hari. Peternak itu membeli ayam 30 ekor lagi, beberapa hari persediaan pakan itu akan habis?
Diketahui
Ayam yang ada sesudah membeli lagi ada 90 ekor
Jumlah AyamJumlah HariCara Menjawab
6020 hari(60 x 20 ) : 90 = n
1.200 = 90n
n = 1.200 : 90 = 13,33
90n
3. Untuk mengantar pesanan susu memakai kendaraan, petugas di peternakan “Hewan Sahabatku” memerlukan 5 liter bensin untuk jarak 30 km. Berapa jarak yang sanggup ditempuh dengan bensin sebanyak 7 liter?
5/30 = 7/x = 5x = 7 x 30
x  = 7 x 30/5 = 210/5 = 42, jadi dengan 7 liter sanggup menempuh 42 km
Saat ini, persediaan bensin 12 liter. Apakah bensin tersebut mencukupi untuk menempuh jarak 80 km? Jelaskan.
7/42 = 12/x = 7x = 12 x 42
x =12 x 42/7=504/7= 72, jadi bensin 12 tidak cukup untuk jarak 80 km.

4. Jelaskan 3 cara binatang berkembang biak dan berikan contohnya.
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contoh ayam, penyu, cicak, buaya dan jenis burung lainnya.
  1. Selain bertelur, ada juga binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Sapi, kucing, dan gajah teladan binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan.
  2. Ada juga binatang yang berkembang dengan cara bertelur dan melahirkan misalnya ialah ular. Ular tidak selamanya melahirkan anaknya. 
  3. Kadang-kadang pada ketika mengeluarkan anak-anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan mirip ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan (ovovivipar).
5. Apakah makna kerja keras bagimu? Jelaskan teladan yang pernah kau alami.
Kerja keras ialah suatu perjuangan yang dilakukan untuk mendapat tujuan yang diinginkan ataupun untuk mendapat  hasil yang terbaik. teladan yang pernah saya alami, ketika saya harus bekerja keras dalam proses berguru untuk mendapat hasil yang maksimal.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Binatang Sahabatku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel