Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Binatang Sahabatku

Sebelumnya, kau telah merancang contoh berbentuk binatang memakai kain perca. Sekarang, ayo kita menciptakan hasil karya tiga dimensi dengan teknik menjahit. Teknik Aplikasi yaitu karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menempelkan (menjahitkan) guntingan-guntingan kain yang dibuat menyerupai bunga, buah, binatang, dsb pada kain lain sebagai hiasan.

Seni rupa 3 dimensi yaitu karya seni yang dibatasi tidak saja dengan sisi panjang dan lebar, namun juga dibatasi oleh kedalaman atau tinggi. Dalam bahasa sederhananya yaitu karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang. Banyak kerajinan tangan yang dibuat berbentuk hewan. Salah satunya yaitu karya seni tiga dimensi yang dibuat dengan teknik menjahit.

Ayo Berkreasi
Buatlah karya seni tiga dimensi memakai contoh yang telah digambar dan digunting pada materi dasar kain perca dengan teknik jahit tiga dimensi. Sebelum melaksanakan pekerjaan, diskusikan faktor estetikanya dengan bimbingan gurumu.

Cara menciptakan boneka kelinci :

  1. Sediakan Bahan-bahannya menyerupai pola, jarum kain flanel, kapas/dakron dan benang sulam 
  2. Cetak contoh ke kain flanel (plissss pakai kapur jahit atau pakai pinsil warna yang mendekati warna kain yah, jangan ikutin menyerupai foto bisa-bisa karya kita jadi kotor) 
  3. Gunting  pola, kemudian jahit/sulam aplikasi menyerupai mata, verbal dll 
  4. Satu kan bab depan dan belakang dengan memakai tusuk feston 
  5. Sisa kan sedikit kira-kira 3 cm untuk memasukan materi isi menyerupai kapas/dakron/kapuk 
  6. Lalu teruskan kembali jahitan (tusuk feston) sampai semua sisi terjahit semua 
  7. Pasang aplikasi lainya menyerupai hidung, ekor atau tali penggantung. 
  8. Boneka kelinci telah jadi. 
Estetika
Secara sederhana, estetika yaitu ilmu yang membahas keindahan, bagaimana suatu benda sanggup terbentuk, dan bagaimana seseorang sanggup mencicipi keindahannya. Lebih lanjut mengenai estetika yaitu sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris dan kadang dianggap sebagai evaluasi terhadap sentimen dan rasa.

Ayo Amati
Amati hasil karya jahit tiga dimensi yang kau buat dan jawablah pertanyaan berikut.
  1. Hewan apa yang kau buat? Kelinci
  2. Dimanakah binatang tersebut biasa kau temui (di pegunungan, di dataran, di pantai, atau di laut)? Di daratan
  3. Adakah dampak daerah hidup (letak geografis) binatang tersebut terhadap kehidupannya? Jelaskan! Ada kelinci binatang yang hidup di darat sehingga kelinci mempunyai kemampuan menggali tanah untuk menciptakan sarangnya.
  4. Apakah keberadaan binatang tersebut mempunyai dampak terhadap kehidupan insan di sekitar binatang tersebut berada? Jelaskan! Kelinci merupakan binatang ternak yang sanggup dimanfaatkan dagingnya untuk sumber makanan.
Ayo Diskusikan
Diskusikan dalam kelompokmu, yaitu kaitan antara letak geografis daerah hidup binatang dengan ciri-ciri khusus binatang tersebut. Apa hubungannya dengan kehidupan manusia? Tuliskan jawabanmu pada skema berikut.

Temukan Jawabannya
Kamu telah mengenal ciri-ciri khusus perihal hewan. Sekarang, kau sanggup mengeksplorasi hal-hal yang sanggup ditemukan sehari-hari perihal hewan. Mari melaksanakan perbandingan. Baca soal dongeng berikut dengan teliti.

Seorang peternak mempunyai persediaan kuliner untuk 30 ekor kambing selama 15 hari. Jika peternak tersebut menjual 5 ekor kambingnya, dalam berapa hari persediaan kuliner tersebut akan habis? Jawablah soal tersebut pada kolom di bawah ini.
Persediaan makananJumlah HariCara Menjawab
Untuk 30 ekor15 hari30 : 15 = 2 ekor
Untuk 2 ekor1 hari
Untuk 1 ekor0,5 hari
Jadi, 2 ekor kambing akan memerlukan 1 hari untuk menghabiskan makanan.

Jika kambingnya dijual 5 ekor, maka waktu yang diharapkan untuk menghabiskan kuliner adalah
5 ekor = 5 : 2 = 2,5 hari, 15 – 2,5 = 12,5 hari.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Binatang Sahabatku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel