Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Menghindari Kekerasan pada Anak
Manusia ialah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karenanya, insan sebagai anggota masyarakat memakai cara-cara untuk berkomunikasi dengan insan lainnya. Anak-anakjuga anggota masyarakat yang horus berkomunikasi dengan anggota masyarakat lainnya. Akan tetapi, belum dewasa horus mengetahui coracora berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Salah satunya ialah dengan mengenali orang yang diajak berkomunikasi.

Beberapa insiden kekerasan terhadap anak terjadi sebab belum dewasa tidak cukup mengenal orang-orang di sekitarnya. Oleh karenanya, untuk menghindari kekerasan terhadap anak, perlu dilakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Menghindari berada di tempat yang sepi tanpa didampingi orang remaja dari pihak keluarga.
  2. Selalu bepergian dengan sepengetahuan atau bersama dengan orang tua.
  3. Menolak undangan atau proteksi orang tak dikenal.
  4. Selalu berpakaian sopan.
  5. Berani menolak tindakan kekerasan baik yang dilakukan oleh orang dikenal maupun tidak dikenal.
  6. Menghindari berbicara tidak sopan yang sanggup menyinggung orang lain
  7. Menolak undangan orang lain untuk melihat gambar-gambar yang menimbulkan rasa tidak nyaman.
  8. Tidak memperlihatkan identitas diri kepada orang lain yang tidak dikenal.
Ayo Lakukan
Bermain Peran
  1. Di dalam kelompok, bacalah bacaan di atas dengan seksama.
  2. Diskusikan dengan anggota kelompok untuk mendapat pengertian yang sama perihal bacaan di atas.
  3. Buatlah sebiah skenario sederhana untuk menggambarkan butir-butir yang ada di dalam bacaan tersebut.
  4. Setiap anggota mendapat tugas sesuai skenario yang dibuat.
  5. Berlatihlah sesuai skenariomu.
  6. Tampilkanlah hasil skenariomu di depan kelas. Lakukanlah dengan penuh semangat dan percaya diri.
Ayo Bacalah
Hewan Dan Tumbuhan langka di Indonesia
Perubahan lingkungan selalu terjadi, baik yang terjadi secara alami maupun sebab acara manusia. Perubahan lingkungan akan mengakibatkan beberapa tumbuhan dan binatang horus menyesuaikan diri. Beberapa tumbuhan dan binatang berhasil menyesuaikan, namun tidak sedikit yang gagal. Kegagalan
binatang atau tumbuhan untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya akan mengakibatkan kepunahan. Beberapa jenis tumbuhan dan binatang sekarang berada di ambang kepunahan sebab tidak bisa bertahan dengan banyak sekali alasan. Hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan merupakan binatang dan tumbuhan langka yang dilindungi oleh pemerintah.

Beberapa jenis binatang langka yang dilindungi pemerintah Indonesia antara lain: warak bercula satu dan warak bercula dua, komodo, burung cenderawasih, dan burung jalak bali. Badak merupakan binatang paling langka dan paling terancam punah di Indonesia. Populasi warak ini kian menurun sebab adanya perburuan liar untuk mengambil cula mereka. Habitat warak bercula satu terdapat di tempat Ujung Kulon, Banten. Sedangkan warak bercula dua Habitatt aslinya di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera.

Burung cenderawasih merupakan burung khas dari Papua. Burung ini mempunyai bulu yang indah dan berwarna-warni, sehingga banyak diburu. Sarna halnya dengan burung jalak bali. Burung ini horus dilindungi sebab sering diburu manusia. Burung ini mempunyai bulu yang indah. Komodo merupakan reptil yang bentuknya mirip biawak. Binatang ini hanya terdapat di Pulau Komodo, propinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlahnya di alam bebas semakin sedikit sebab terbatasnya sumber makanannya yang berupa daging dan bangkai binatang ternak.

Selain binatang langka, terdapat beberapa tumbuhan yang dilindungi sebab populasinya yang semakin menurun, yaitu Rafflesia arnoldi dan pohon cendana. Bunga raflesia atau bunga bangkai merupakan bunga berukuran besar yang hid up di Taman Nasional Bengkulu. Populasi bunga ini menurun drastis sebab Habitattnya tergeser oleh pembukaan wilayah hutan untuk banyak sekali acara manusia.

Pohon cendana mempunyai kelebihan yang tidakdimiliki tumbuhan lainnya. Pohon cendana ialah tumbuhan berkayu yang menghasilkan anyir harum. Habitat orisinil pohon cendana berada di Nusa Tenggara Timur. Populasinya menurun sebab pemanfaatannya oleh insan lebih cepat dibandingkan masa perkembangbiakannya.

Ayo Bertanya
Bacalah bacaan di atas dengan seksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan memakai kata tanya yang sesuai, kemudian tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!
  1. Apa penyebab kelangkaan binatang di Indonesia?
  2. Bagaimanakah cara pencegahan biar binatang dan tumbuhan tidak mengalami kepunahan?
  3. Hewan dan Tumbuhan apa saja yang termasuk langka?
Membuat Peta Pikiran
Buatlah sebuah ringkasan dengan menciptakan sebuah peta pikiran! Gunakanlah sebuah kertas ukuran A4 dan buatlah peta pikiran menurut bacaan di atas! Jika memungkinkan, carilah gambar-gambar yang sesuai kemudian tempelkan atau buatlah berdekatan dengan keterangan yang kau muat di dalam peta pikiranmu! Kembangkanlah kreatifitasmu biar ringkasanmu berupa peta pikiran itu, menjadi ringkasan yang menarik dan bermanfaat. Presentasikanlah peta pikiranmu di depan kelas! Dengan demikian kau akan memahami bacaan tersebut!

Ayo Bekerja Sama
Membuat Riset Sederhana
Hewan dan tumbuhan langka perlu dilindungi oleh negara dengan undang-undang. Punahnya salah satu binatang atau tumbuhan dalam sebuah ekosistem, niscaya akan mensugesti semua cuilan di dalam ekosistem tersebut. Akan tetapi seringkali masyarakat tidak mengetahui tumbuhan dan binatang mana yang dilindungi. Hal ini menimbulkan populasi binatang dan tumbuhan tersebut terus menurun. Jika masyarakat luas mengetahui dan mengenal jenis-jenis tumbuhan dan binatang langka tersebut, dibutuhkan masyarakat sanggup ikut menjaganya.

Di dalam kelompok, kau akan melaksanakan riset sederhana perihal tumbuhan dan hewan-hewan langka tersebut. Carilah info perihal apa yang kau ketahui perihal tumbuhan dan binatang tersebut, termasuk Habitatt, cara hidupnya, makanannya, pemangsanya, cara berkembang biak, dan bag ian mana dari tubuhnya yang sering dimanfaatkan manusia. Masing-masing kelompok akan melaksanakan riset perihal satu jenis binatang atau tumbuhan langka tersebut, dan menuliskannya di dalam tabel mirip di bawah ini. Lalu, buatlah laporan sederhana perihal binatang atau tumbuhan langkamu secara perorangan. Setelah itu presentasikan hasil risetmu di depan kelas!
Nama Hewan/TumbuhanHabitatCara BerkembangbiakMakananBagian Tubuh yang Dimanfaatkan Manusia
Burung CenderawasihPapuaBertelurBiji-bijianBulu
Jalak BaliBaliBertelurBiji-bijianSuara yang Indah
KomodoKomodoBertelurDaging dan BangkaiKulit Komodo
Raflesia ArnoldiBengkuluGeneratif (biji)-Bunga sebagai materi obat
CendanaNTTGeneratif (Biji)-Kayu
Badak JawaBantenMelahirkanTumbuhanCula untuk obat
Badak SumateraBengkuluMelahirkanTumbuhanCula untuk obat
Ayo Bernyanyi
Pelajarilah salah satu lagu wajib di bawah ini. Pelajari biramanya, tempo dan lirik lagunya. Bersama ternan sekelompok, diskusikanlah biar kau bisa menyanyikannya secara kanon. Berlatih lagi terus hingga kau bisa menyanyikannya secara padu!

Tanah Air

Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biar pun soya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negeri kujalani
Yang mashur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel