Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 1 Komponen Ekosistem
Tuesday, November 6, 2018
Add Comment
Semua mahluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri dari bab yang hidup (biotik) dan bab tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup pada sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, binatang dan mahluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari sanggup menghangatkan udara, air, dan tanah, semoga mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup mahluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan menciptakan makanan. Air dan tanah merupakan bab penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan mahluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara mahluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut dengan ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu yaitu mahluk hidup tunggal, contohnya seekor kambing, seekor burung, sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut dengan habitat. Populasi yaitu kumpulan individu homogen yang menempati suatu tempat tertentu. Contohnya, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, populasi lumut. Sedangkan komunitas yaitu populasi mahluk hidup di suatu tempat tertentu. Contoh komunitas yaitu komunitas sungai, dan komunitas padang rumput.
Ayo Lakukan
Mari menjawab pertanyaan
1. Bersama dengan teman sebangkumu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan saksama menurut bacaan di atas. Apabila kau perlu menambahkan informasi, carilah pemanis gosip dari banyak sekali sumber.
Pertanyaan 1: Apakah yang dimaksud dengan individu, habitat, populasi, komunitas, dan ekosistem
- Individu yaitu mahluk hidup tunggal
- Tempat individu tinggal disebut dengan habitat.
- Populasi yaitu kumpulan individu homogen yang menempati suatu tempat tertentu.
- Komunitas yaitu populasi mahluk hidup di suatu tempat tertentu
- Ekosistem yaitu Interaksi antara mahluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan.
Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Pertanyaan 3: Bagaimanakah benda hidup dan tak hidup dalam ekosistem saling berinteraksi?
Di habitat suatu komunitas, terdapat benda tak hidup ibarat tanah, air, udara dan matahari. Anggota komunitas akan berinteraksi dengan benda tak hidup untuk membentuk ekositem.
Pertanyaan 4: Sebutkan macam-macam komunitas yang kau ketahui beserta populasi dan individu yang tinggal di dalamnya
Populasi rumput, serangga, harimau, dan kijang dalam suatu tempat padang rumput membentuk suatu komunitas.
Ayo Amati
Bagaimana Benda Hidup dan Tak Hidup Berbeda? Bersama dengan teman sekelompok, lengkapilah tabel berikut ini dengan memakai banyak sekali sumber yang kau miliki.
Ciri Benda Hidup | Contoh Benda Hidup | Ciri Benda Tak Hidup | Contoh Benda Tak Hidup |
---|---|---|---|
Mempunyai bentuk dan ukuran tertentu | Kucing mempunyai ukuran tertentu | Tidak mempunyai ukuran tertentu | Batu ada yang kecil sekali dan ada yang besar sekali |
Mempunyai komposisi kimia tertentu | Manusia | Tidak mempunyai koposisi kimi tertentu | Batu |
Terdiri dari sel-sel yang membentuk jaringan | Manusia | Susunanya merupakan hasil dari unsur pokoknya | Air |
Terjadi metabolisme | Hewan | Benda mati tidak mengalami metabolisme | Tanah |
Memberikan reaksi terhadap perubahan sekitarnya | Tumbuhan | Reaksinya seimbang dengan aksi | Batu |
Memiliki kemampuan reproduksi | Manusia, Hewan dan tumbuhan | Tidak mempunyai kemampuan reproduksi | Tanah |
- Bekerja samalah dengan teman sebangku atau teman sebelahmu.
- Pergilah ke luar kelas dan amatilah sekelilingmu.
- Dengan memakai tabel hasil pengamatan di atas, tentukan benda-benda yang mempunyai ciri sebagai benda hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitarmu.
- Catatlah nama benda-benda itu di dalam tabel di bawah ini.
- Tahukah kau bahwa benda tak hidup atau benda mati disebut dengan istilah abiotik? Sedangkan benda hidup diberi istilah biotik. Berilah tanda (√) untuk membedakan apakah benda itu termasuk biotik atau abiotik.
- Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain.
- Tuliskan kesimpulanmu ihwal benda biotik dan abiotik pada tamat kegiatan.
No. | Nama Benda | Jenis | No. | Nama Benda | Jenis | ||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Biotik | Abiotik | Biotik | Abiotik | ||||
1. | Batu | - | √ | 5. | Botol Minuman | - | √ |
2. | Tanaman Mawar | √ | - | 6. | Kertas | - | √ |
3. | Air dalam Bak | - | √ | 7. | Cacing | √ | - |
4. | Kucing | √ | - | 8. | Tempat sampah | - | √ |
Benda abiotik yaitu benda yang hidup sedangkan abiotik yaitu benda yang tak hidup (mati).
Ayo Bacalah
Lingkaran merupakan salah satu bentuk berdiri datar yang unik. Perhatikan gambar lingkaran dibawah. Berdasarkan gambar tersebut, lingkaran mempunyai sebuah sentra lingkaran O. Sedangkan PO dan OQ disebut sebagai radius (jari-jari) lingkaran, dan PO = OQ.
Mari Mengenal Lingkaran
Untuk menciptakan sebuah lingkaran, dibutuhkan sebuah jangka dan penggaris. Mulamula ukurlah panjang radius (jari-jari) yang diinginkan pada sebuah penggaris dengan memakai jangka. Lalu pindahkan jangka tersebut dari penggaris, dan mulailah menciptakan sebuah lingkaran pada kertas yang lain. Pastikanlah, bab lancip pada jangka menancap cukup berpengaruh pada kertas sehingga tidak bergeser. Putarlah pangkal kepala jangka dengan hati-hati.
Diameter
Perhatikanlah gambar lingkaran di bawah! Garis PQ dan ST melewati sentra lingkaran O. Maka POQ disebut sebagai diameter lingkaran tersebut. POQ dan SOT mempunyai panjang yang sama, maka SOT juga disebut dengan diameter.
Tetapi perhatikan garis AB! AB bukan diameter.
OP dan OQ yaitu jari-jari lingkaran.
OP = OQ
PQ = 2 x OP atau PQ = 2 x OQ
Apakah yang bisa kau katakan ihwal diameter dan jari-jari lingkaran?
Diameter = 2 x jari-jari lingkaranAyo Lakukan
Jari-jari lingkaran = Diameter : 2
Mengenal Lebih Dalam Tentang Lingkaran
Gunakan sebuah benang untuk mengukur keliling lingkaran dari setiap lingkaran berikut. Ukurlah panjang benang yang menutupi semua bab keliling lingkaran tersebut. Buatlah tabel untuk mencatat hasil pengukuranmu pada setiap lingkaran. Lalu, bagilah panjang keliling yang sudah kau dapatkan dengan panjang diameter masing-masing lingkaran tersebut. Tuliskan jawabanmu dalam bentuk pecahan, pada tempat yang sudah disediakan di tabel. Adakah hal yang menarik perhatianmu?
Lingkaran | Diameter | Keliling | Keliling : Diameter |
---|---|---|---|
A | 7 cm | 22 | 22 : 7 = 3,14 |
B | 14 cm | 44 | 44 : 14 = 3,14 |
C | 21 cm | 66 | 66 : 21 = 3,14 |
nilai yang sama. Angka tersebut dinamakan pi (π). Nilai pi yaitu 3,14 atau 22/7
Keliling lingkaran : diameter = π.Ayo Mencoba
Maka: Keliling lingkaran = π x Diameter
1. Dengan memakai π = 22/7 tentukan keliling lingkaran yang memiliki:
- Diameter 14 cm = K = π d = 22/7 x 14 = 44 cm
- radius 21 cm = K = π x d = 22/7 x 42 = 132
- Diameter 20 cm = K = π x d = 3,14 x 20 = 62,8 (pembulatan 63)
- radius 20 cm = K = π x d 3,14 x 40 = 125,6 (pembulatn 126)
0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 1 Komponen Ekosistem"
Post a Comment