Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 1 Komponen Ekosistem

Ekosistem yang sengaja dibentuk insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, insan menciptakan sawah irigasi, menciptakan bendungan, juga menciptakan sekolah ini. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan insan terhadap pangan dan pendidikan.

Demikian juga dengan perkotaan. Kita yakni individu yang berasal dari sekelompok insan yang tinggal bersama dan mempunyai kesamaan. Lalu, membentuk komunitas. Di desa ini terdapat banyak komunitas. Karena kita menentukan tinggal bersama di kawasan ini, maka terbentuklah ekosistem desa ini.

Ayo Bacalah
Masyarakat sebagai Salah Satu Komponen Ekosistem
Salah satu bentuk ekosistem buatan yakni permukiman kota dan desa. Kota atau desa merupakan kawasan di mana masyarakat yang terdiri dari komunitas yang berbeda tinggal bersama pada suatu waktu. Di dalam ekosistem permukiman kota atau desa, terjadi interaksi antara penghuninya. Interaksi yang terjadi sanggup berupa interaksi sosial, budaya, dan ekonomi.

Di dalam ekosistem permukiman kota atau desa, masyarakat yang tinggal sangatlah beragam. Keberagaman itu terdiri atas keberagaman suku, bahasa, agama dan kebiasaan-kebiasaan. Setiap anggota dalam ekosistem harus bisa berinteraksi secara baik dengan anggota ekosistem lainnya. Perbedaanperbedaan yang ada pada setiap komunitas masyarakat harus dikelola dengan baik semoga ekosistem permukiman kota atau desa tersebut juga sanggup berjalan dengan baik.

Setiap individu dalam ekosistem masyarakat harus melaksanakan hak dan kewajibannya semoga interaksi yang terjadi di dalam masyarakat tersebut sanggup berjalan dengan baik. Jika ada individu yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya maka keseimbangan ekosistem dalam masyarakat tersebut akan terganggu. Demikian juga, kalau terjadi gangguan terhadap ekosistem kota dan desa, menyerupai terjadi musibah atau kebakaran, ekosistem akan terganggu. Tetapi kalau setiap individu dalam ekosistem tersebut melaksanakan acara yang saling mendukung, maka ekosistem akan berjalan baik.

Ayo Lakukan
Kamu dan sahabat sebangkumu akan menciptakan pertanyaan dengan memakai balasan dari teks bacaan di atas.
  1. Gunakanlah kata tanya yang sempurna untuk setiap pertanyaan yang kau buat.
  2. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan menurut bacaan di atas.
  3. Tuliskanlah pertanyaanmu di atas secarik kertas kecil.
  4. Tempelkanlah pertanyaanmu pada sebuah kertas karton besar yang diberi judul dengan memakai kata tanya tertentu. Misalnya, kalau pertanyaanmu memakai kata tanya “Apa”, maka tempelkanlah pertanyaanmu pada kertas karton yang bertuliskan kata “Apa”. Demikian seterusnya sehingga kertas karton yang ditempelkan di dinding dipenuhi oleh kertas kecil berisi pertanyaan dari teman-teman sekelasmu.
  5. Kamu dan temanmu akan menjawab satu pertanyaan dari setiap pertanyaan yang ada di setiap kertas karton tersebut.
  6. Tuliskanlah jawabanmu dengan memakai kalimat lengkap, dan tuliskan pada kertas karton tersebut.
  7. Pada tamat kegiatan, berjalanlah berkeliling untuk melihat bagaimana temantemanmu menjawab pertanyaan yang ada.
  8. Catatlah hal-hal yang kau anggap menarik atau yang membuatmu penasaran, kemudian buatlah sebagai pertanyaan.
Ayo Bacalah
Interaksi antar Individu dalam Masyarakat
Setiap anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang harus dilakukannya semoga relasi antar anggota masyarakat berjalan harmonis. Sikap saling menghormati dan empati sangat dibutuhkan pada ketika berinteraksi dengan anggota masyarakat yang sangat beragam.

Suatu masyarakat terdiri atas komunitas-komunitas yang berbeda-beda. Pada suatu masyarakat, terdapat komunitas-komunitas agama, komunitas adat, komunitas suku dan lainnya. Komunitas-komunitas ini hidup berdampingan satu sama lain. Tanpa rasa saling menghormati dan tenggang rasa, interaksi antar komunitas yang berbeda di dalam masyarakat akan gampang terganggu.

Setiap individu yang ada di dalam sebuah masyarakat, hendaknya tetap mengembangkan rasa saling menghormati. Demikian juga dengan perilaku empati dan saling membantu antar individu dari komunitas yang lain yang berbeda. Keberagaman seringkali menjadikan perselisihan. Tetapi kalau setiap individu mengembangkan perilaku toleransi dan saling menyayangi, keberagaman justru akan menciptakan individu menjadi lebih baik.

Ayo Lakukan
Mari Berbagi
Kamu akan mengembangkan pengalaman dengan teman-temanmu ketika berinteraksi dengan orang lain di sekitar rumahmu. Kamu juga boleh membagikan pengalaman orang lain yang kau ketahui.
  1. Berdiskusilah dengan sahabat sebangkumu wacana pengalamanmu dalam berinteraksi dengan sahabat atau sanak saudara yang berbeda dari kamu, yang berada di sekitar rumahmu. Perbedaan itu bisa alasannya perbedaan agama, suku, bahasa, atau moral istiadat.
  2. Ceritakanlah pengalamanmu yang paling menarik wacana interaksimu dengan mereka.
  3. Buatlah dongeng yang kau sampaikan kepada sahabat sebangkumu dalam bentuk komik atau poster.
  4. Lengkapilah komik atau postermu dengan warna-warna yang menarik. Selalu perhatikan proporsi dan komposisi pada ketika membuatnya.
  5. Presentasikanlah komik atau postermu di depan kelas.
  6. Simaklah presentasi temanmu yang lain dengan seksama.
  7. Tuliskanlah pengalaman yang paling menarik yang kau dapatkan dari teman-temanmu.
  8. Tuliskanlah nilai-nilai yang ingin kau kembangkan untuk memperbaiki interaksimu dengan orang-orang di sekitar rumahmu!
Tuliskan sebuah pesan moral yang sanggup kau simpulkan dari hasil presentasi teman-temanmu
di bawah ini!
Sesama insan kita harus tolong menolong
Masih ingatkah kau cara mencari keliling sebuah lingkaran? Dari acara sebelumnya, kau sudah menemukan bahwa keliling bulat bekerjasama dengan diameter bulat dan pi.
Keliling bulat = diameter x π, π = 3,14 atau 22/7

Untuk mengingat kembali wacana bagian-bagian lingkaran, kerjakanlah acara berikut!
Pada gambar di atas, O yakni titik sentra bulat dan AOB yakni sebuah garis lurus.
  1. OA, OB dan OC disebut sebagai jari-jari lingkaran.
  2. AB yakni sebuah diameter (garis tengah) lingkaran.
  3. OA = OB = OC
  4. AB = 2 x OC
  5. Keliling bulat = π x d (AB)
Dari acara di atas, tentu kau sanggup mengerjakan latihan berikut ini!
1. Tentukan keliling bulat di bawah ini dengan memakai π = 22/7

2. Carilah keliling bulat berikut ini dengan memakai π = 3,14.(d = 2 x r)
a. Diameter = 12 cm. K = π x d = 3,14 x 12 = 37,68 cm
b. Diameter = 16 cm. K = π x d = 3,14 x 16 = 50,24 cm
c. Jari –jari = 10 cm. K = π x d = 3,14 x 20 = 62,80 cm
d. Jari-jari = 7 cm. K = π x d = 3,14 x 14 = 43,96 cm

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 1 Komponen Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel