Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam
Friday, November 9, 2018
Add Comment
Ondel-ondel ialah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.Reog ialah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bab barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada ketika reog dipertunjukkan.
Ayo Berlatih
Lakukan rangkaian gerakan berikut dengan iringan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
- Naik-naik ke puncak gunung. Cara melakukan: Jalan di tempat. Ikuti dengan gerakan tangan naik-turun sesuai dengan gerakan kaki.
- Tinggi-tinggi sekali. Cara melakukan: Melompatlah ke atas dengan posisi kedua tangan diangkat ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali.
- Kiri-kanan kulihat saja. Cara melakukan: Melangkahlah ke kiri diikuti dengan ayunan tangan hormat di depan dahi. Dilanjutkan dengan gerakan melangkah ke kanan diikuti ayunan tangan hormat ke kanan.
- Banyak pohon cemara ...a...a....a.... Cara melakukan: Berdiri tegak merentangkan kedua tangan ke samping. Diakhiri dengan gerakan membungkukkan badan.
Tahukah Kamu?
Lemari es merupakan pola peralatan sehari-hari yang memakai magnet. Apakah fungsi magnet pada lemari es? Bagaimana cara kerja magnet pada lemari es?
Ternyata, ada magnet yang dipasang di tubuh lemari es dan bingkai pintunya terbuat dari besi. Ketika pintu didekatkan, magnet akan segera menariknya. Akibatnya, timbullah gaya tarik yang mengakibatkan pintu lemari es akan menutup. Pintu kulkas memang di desain halus dengan manfaat magnetnya sanggup menempelkan pernak pernik lucu anak anak atau sebuah catatan penting yang mengingatkan kita untuk segera melakukannya.
Ayo Berlatih
Cara Membuat Mainan Kupu-Kupu Kertas
1. Siapkan alat dan bahan
- Alat: pisau cutter dan gunting.
- Bahan: karton , bambu kecil-kecil, benang, pola gambar, lem, spidol atau pensil warna.
- Buatlah pola gambar sayap pada kertas, kemudian guntinglah. Warnailah sayap-sayap yang sudah kau gunting sehingga menjadi anggun dan indah.
- Buatlah tubuh kupu-kupu dari bambu kecil. Rautlah bambu-bambu tersebut ibarat tubuh kupu-kupu. Lengkapilah dengan antena kupu-kupu.
- Kaitkan sayap-sayap yang telah kau buat pada tubuh kupu-kupu memakai benang. Pastikan terkait dengan benar dan sayap sanggup bergerak-gerak.
- Buatlah beberapa kupu-kupu.
- Kaitkan tali pada tiap-tiap kupu-kupu. Panjang tali antara kupu-kupu satu dengan yang lain dibentuk tidak sama.
Ayo Bacalah
Banyak peninggalan-peninggalan sejarah ditemukan, termasuk peninggalan dari masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan betapa tinggi dan maju peradaban dan budaya bangsa Indonesia pada masa lampau.
Peninggalan masa lampau tersebut mengharapkan tugas aktif kita sebagai generasi penerus untuk menjaga, merawat, dan melestarikannya. Tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan berikut berkaitan dengan bendabenda peninggalan sejarah.
Berilah tanda centang (√) pada pernyataan yang sesuai dengan sikapmu.
No. | Pernyataan | Sikapku | |||
---|---|---|---|---|---|
Setuju | Alasan | Tidak Stuju | Alasan | ||
1. | Menjaga dan merawat benda bersejarah. | √ | Ikut melestarikan peninggalan sejarah | - | - |
2. | Menjadikan benda bersejarah sebagai koleksi pribadi. | - | - | √ | Peninggalan sejarah ialah milik negara |
3. | Mencoret-coret tempat bersejarah. | - | - | √ | Akan merusak daerah bersejarah |
4. | Menjadikan daerah bersejarah sebagai daerah tujuan wisata. | √ | Dengan mengunjungi daerah bersejarah berarti ikut melestarikan peninggalan sejarah | - | - |
5. | Melakukan ekspedisi untuk mencari harta karun dan benda- benda peninggalan sejarah. | √ | Memperbanyak koleksi benda bersejarah | - | - |
6. | Mempelajari karya sastra peninggalan sejarah meskipun berbeda dengan keyakinan kita. | √ | Mengetahui kekayaan sastra Indonesia | - | - |
7. | Membiarkan terbengkalai situs-situs bersejarah alasannya bercorak agama lain dengan agama yang kita anut | - | - | √ | Situs sejarah akan rusak |
8. | Melaporkan ke pihak berwenang ketika menemukan benda-benda peninggalan sejarah. | √ | Benda sejarah ialah milik negara | - | - |
9. | Mengeramatkan situs-situs purbakala. | - | - | √ | Bertentangan dengan agaama |
10. | Berjualan di tempat-tempat peninggalan sejarah | - | - | √ | Karena akan mengotori daerah bersejarah |
0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam"
Post a Comment