Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi
Friday, December 21, 2018
Add Comment
Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Hari ini Lani membawa kuliner sehat di kotak makannya. Ia ingat perkataan ibu bahwa kuliner sehat akan memberi energi untuknya di siang hari.
Lani berkata, “Bu, saya ingin membawa roti dan wortel kukus juga! Aku ingin punya energi yang banyak sampai siang nanti. Aku tidak ingin menyerupai Edo, Bu.”
“Ada apa dengan Edo?” tanya ibu.
“Kemarin Edo membeli kentang goreng dan mi goreng instan di kantin. Ia tidak memakan telur rebus dan jeruk yang dibawanya dari rumah. Selain itu, Edo juga membeli permen dan es serut warna-warni!” seru Lani.
“Lalu apa yang terjadi?” tanya ibu lagi.
“Awalnya Edo merasa biasa-biasa saja. Ia tetap berlari-larian dan bermain bersama kami sampai waktunya masuk kelas. Tak usang Edo merasa mengantuk. Ia tidak tahan untuk merebahkan kepalanya di meja. Guru memanggilnya, tetapi ia tidak memperhatikan alasannya yaitu ia merasa lelah.”
“Oh ya? Mengapa begitu, Lani?” tanya ibu lagi.
“Ternyata Edo gres tersadar bahwa semua kuliner yang ia makan tadi mengandung banyak gula dan lemak. Jika digabungkan akan menjadi kuliner yang tidak sehat. Aku sudah mengingatkan Edo bahwa kita boleh saja sesekali makan kuliner menyerupai yang dibawa Edo itu, asalkan dimakan bersama kuliner sehat,” lanjut Lani.
“Hebat kamu, Lani! Itulah mengapa kita harus tahu betapa pentingnya kuliner sehat untuk badan kita. Sekarang, kita harus selalu memastikan untuk membawa kuliner sehat yang sanggup memberi energi untuk kita sanggup belajar, bermain, dan melaksanakan hal-hal yang menyenangkan!” ujar ibu.
“Setuju, Bu! Terima kasih telah menyiapkan kuliner sehat untukku setiap hari,” kata Lani sambil memeluk ibunya.
1. Buatlah peta pikiran wacana hal-hal penting yang kau temukan di dalam cerita!
2. Menurutmu, apa judul yang sempurna untuk teks tadi? Makanan Sehat Membuat Tubuh Sehat.
3. Buatlah 5 pertanyaan menurut bacaan di atas di dalam buku seorang temanmu! Minta ia menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut!
No. | Pertanyaan dari Teman | Jawabanku |
---|---|---|
1. | Apa yang dimaksud dengan kuliner sehat | Makanan sehat yaitu kuliner yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang diharapkan untuk perkembangan tubuh. |
2. | Mengapa kita perlu mengonsumsi kuliner sehat | Makan sehat memperlihatkan nutrisi yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan badan kita, dengan kuliner sehat kita akan merasa lebih baik, dan mempunyai energi |
3. | Mengapa gula dan lemak tidak baik untuk kesehatan tubuh | Gula dan lemak memang diharapkan oleh badan namun apabila terlalu banyak akan membahayakan tubuh. |
4. | Mengapa sebaiknya kita membawa kuliner dari rumah | Membawa bekal dari rumah yaitu untuk menjaga bahwa kuliner yang kita makan higienis dan sehat |
5. | Apa manfaat kuliner sehat untuk anak sekolah | Makanan sehat berkhasiat untuk mencukupi energi yang dipakai untuk belajar, bermain dan melaksanakan hal-hal yang menyenangkan. |
Ayo Ceritakan
Suatu hari, Siti berkunjung ke rumah paman. Paman mempunyai kebun yang ditanami sayur-sayuran, menyerupai bayam, kacang panjang, dan mentimun. Hari itu Paman mengajak memanen bayam. Setelah itu, Siti memasaknya bersama bibi. Ia sangat menikmati hasil kuliner sayur bayamnya hari itu.
Pernahkah kau mempunyai pengalaman mengonsumsi kuliner menyerupai yang Siti alami? Coba ceritakan pengalaman tersebut kepada seorang temanmu. Gunakan kata-kata yang baik dan benar, serta dengan verbal wajah dan bahasa badan yang sesuai.
Ayo Belajar
Ketahuilah kuliner sehat yang berkhasiat untuk badan kita! Ini salah satunya!
- Wortel sanggup dikonsumsi dengan macam-macam cara: dimakan mentah, direbus, dikukus, dijus, ataupun dipanggang. Wortel terpanjang di dunia tercatat pada tahun 2007, dengan panjang 5,84 meter, sedangkan wortel terberat tercatat pada tahun 1998, yaitu seberat 8,61 kg.
- Tanaman ini mendapat warna jingganya dari beta karoten yang dikandungnya. Di dalam badan manusia, zat ini akan bermetamorfosis vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kita.
- Wortel yaitu kuliner yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, penguat tulang, dan gigi alasannya yaitu merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.
Wortel ternyata banyak manfaat bagi badan kita untuk itu sebaiknya kita mngonsumsi wortel.
Ayo Cari Tahu
Buatlah kelompok yang terdiri atas 7–8 siswa. Tuliskan kuliner yang kalian santap tadi malam.
No. | Nama Siswa | Makan Malam | No. | Nama Siswa | Makan Malam |
---|---|---|---|---|---|
1. | Agus Budiyanto | Sayur bayam | 9. | Wawan Hardono | Mie Instant |
2. | Ferdinand Sinaga | Tempe goreng | 10. | Lani Susanti | Tempe goreng |
3. | Erwin Gutawa | Sayur Bayam | 11. | Beni Andrian | Sayur bayam |
4. | Shinta Ananda | Sate Kambing | 12. | Susi Susilawati | Tempe goreng |
5. | Susilo Darmono | Mie instant | 13. | Sasi Safitrri | Mie Instant |
6. | Udin | Sate kambing | 14. | Ainun Najib | Tempe Goreng |
7. | Bayu Sadewa | Sate kambing | 15. | Julian Firmansyah | Mie instant |
8. | Joko Susilo | Sayur bayam | 16. | Eko Pambudi | Tempe Goreng |
Dari beberapa siswa ternyata kuliner yang mereka makan pada ketika makan malam sangat beragam
Selanjutnya, gabungkan data yang kalian miliki dengan data kelompok lain. Tuliskan kesudahannya pada tabel dengan memakai turus (tally)! Turus atau tally yaitu tanda berupa coretan untuk catatan penghitungan (proses membilang) atau anda hitungan memakai empat coretan tegak dan satu coretan miring yang menyilang diatas empat coretan untuk memperlihatkan hitungan lima-lima.
Data Kelompok
Data yaitu sekumpulan gosip atau fakta. Data sanggup merupakan angka-angka, kata-kata, pengukuran, atau hasil observasi.
Kelompok | Makan malam | Jumlah | Jumlah |
---|---|---|---|
1. | Sayur bayam | IIII | 4 |
2. | Tempe goreng | 5 | |
3. | Sate kambing | III | 3 |
4. | Mie instant | IIII | 4 |
Apa yang sanggup kau laporkan dari data tersebut? Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantumu!
1. Apakah seluruh siswa di kelasmu sudah mengonsumsi kuliner sehat tadi malam?
Tidak semua siswa kelasku mengkonsumsi kuliner sehat tadi malam
2. Apa saja kuliner sehat yang dikonsumsi? Berapa banyak siswa yang mengonsumsinya?
Sayur bayam 4, tempe goreng 5.
3. Apa saja kuliner tidak sehat yang dikonsumsi mereka? Berapa banyak siswa yang mengonsumsinya? Sate kambing 3, mie instant 4.
4. Apa yang sanggup kau simpulkan dari data ini?
Ternyata dari jumlah seluruh siswa di kelas, sebagian besar masih mengonsumsi kuliner tidak sehat. Masih sedikit siswa yang mengonsumsi kuliner sehat. Menurutku, yang sanggup saya lakukan yaitu bersama teman-temanku mulai mengonsumsi kuliner sehat dan saling mengingatkan untuk melakukannya. Aku juga sanggup meminta orang tuaku untuk membawakan kuliner sehat ke sekolah.
5. Apa yang sanggup kau lakukan wacana hal ini?
Sebaiknya kita mengkonsumsi kuliner yang sehat semoga badan kita juga sehat.
Ayo Kelompokkan
Masih ingatkah kau wacana pengelompokan makanan? Misalnya, nasi dan kentang merupakan golongan karbohidrat, kuliner ringan bagus dan minyak tergolong lemak, ikan dan ayam merupakan golongan protein hewani, serta sayur dan buah merupakan golongan vitamin.
Dari aneka macam kuliner dan minuman yang ditemukan tadi, kelompokkan semuanya menurut jenisnya. Gunakan tabel untuk mengelompokkannya.
No. | Golongan makanan | Contoh makanan | Jumlah siswa yang mengonsumsi |
---|---|---|---|
1. | Mengandung banyak protein | Tempe goreng | 5 |
2. | Mengandung banyak lemak | Sate kambing | 3 |
3. | Mengandung banyak karbohidrat | Mie instant | 4 |
4. | Mengandung banyak zat besi | Sayur bayam | 4 |
- Tempe terbuat dari kedelai
- Sate kambing terbuat dari daging
- Mie instant terbuat dari tepung terigu
- Sayur bayan terbuat dari sayuran
Kesimpulan apa yang sanggup kau buat dari aktivitas ini? Banyak siswa yang belum mengonsumsi kuliner sehat.
Buatlah dalam bentuk tabel.
No. | Golongan makanan | Jumlah siswa yang mengonsumsi |
---|---|---|
1. | Makanan Sehat | 9 |
2. | Makanan tidak sehat | 7 |
0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi"
Post a Comment