Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi

Tahukah kau wacana pengelompokkan jenis makanan? Mengapa kita perlu memelajarinya? Ayo kita cari tahu lebih lanjut!

Tahukah Kamu?
Gizi Seimbang
Gizi seimbang yakni asupan gizi sesuai kebutuhan seseorang untuk mencegah risiko gizi lebih dan gizi kurang. Zat gizi terbaik, sanggup diperoleh dari masakan sehari-hari. Sayuran hijau menyerupai selada, buncis, dan kangkung merupakan jenis masakan dengan kandungan gizi alami terbanyak. Untuk mendapat gizi yang seimbang selain mengerti wacana fungsi dan kebutuhan akan nutrisi, juga harus mengerti wacana nilai gizi pada tiap masakan yang tersaji, menyerupai nilai gizi yang terkandung pada biji-bijian, beras, tepung terigu dan roti, susu, keju, dan lainnya.

Tentunya kau masih ingat dengan g izi seimbang yang telah dipelajari di semester sebelumnya. Pada gizi seimbang, materi masakan dibagi tiga kelompok, yaitu:
  1. Sumber energi/tenaga, contohnya padi-padian, umbi-umbian, sagu, jagung, dan sejenisnya.
  2. Sumber zat pengatur, contohnya sayur dan buah-buahan.
  3. Sumber zat pembangun, contohnya ikan, daging, ayam, telur, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya, menyerupai tempe, tahu, dan kacang kedelai.
Bagaimana bila setiap hari kau hanya mengonsumsi sumber zat pembangun? Jika setiap hari hanya mengonsumsi zat pembangun saja tentu tidak baik alasannya yakni setiap hari asupan cizi harus seimbang antara pembangun, pengatur dan tenaga.

Ayo Belajar
Ikan merupakan salah satu sumber protein dan lemak hewani. Ayo kita membaca isu wacana salah satu jenis ikan yang dihasilkan negeri kita.

Ikan Bilih
Ikan bilih yakni sumber protein, lemak, dan vitamin yang baik bagi tubuh. Ikan ini hidup dan berkembang biak di danau, tepatnya di Danau Singkarak, Sumatra Barat. Ikan ini juga menjadi sumber rezeki bagi penduduk di sekitar danau. Para pencari ikan menjual ikan ini kepada pedagang. Para pedagang menjajakan ikan bilih matang yang digoreng kering.

Awalnya, ikan-ikan ini ditangkap dengan menggunakan jaring. Saat ini tangkapan ikan bilih jauh berkurang alasannya yakni penangkapannya menggunakan materi peledak, yang berakibat merusak habitat sumber daya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1. Dapatkah kau menyebutkan pola jenis masakan lainnya?
2. Jenis masakan apa saja yang dihasilkan di daerahmu? Makanan olahan singkong
3. Apa manfaat dari masakan tersebut? Makanan tersebut dijadikan masakan ringan.
4. Menurutmu, bagaimanakah pekerjaan penduduk di daerah-daerah tersebut? Penduduk di kawasan tersebut sebagai petani

Jawablah dalam tabel berikut!
No.Jenis sumber daya alamWilayahMata pencaharian penduduk
1.KentangPegununganPetani kentang
2.BerasDataran rendahPetabi sawah
3.SapiDaerah pegununganPeternak sapi
4.AyamDerah dataran rendahPeternak ayam
Menurutmu, apa relasi antara wilayah dengan mata pencaharian manusia?
Aktivitas penduduk di suatu kawasan sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis terutama kondisi fisiknya. Kondisi geografi fisik tersebut mencakup kondisi iklim, topografi, jenis dan kualitas tanah, serta kondisi perairan.

Ayo Bekerja Sama
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3 orang. Bekerja samalah dengan kedua orang temanmu untuk mendiskusikan wacana pengolahan suatu jenis masakan hingga sanggup dikonsumsi oleh masyarakat.

Perhatikan pola berikut!
Tahukah kau asal mula tempe, masakan tradisional Indonesia yang mengandung protein tinggi bagi tubuh?

Beberapa pola masakan yang berasal dari tempe contohnya mendoan dan keripik tempe. Ada banyak lagi masakan olahan dari tempe yang rasanya tak kalah nikmat, contohnya tempe bacem, tempe goreng, bahkan nugget tempe, dan steak tempe. Ternyata tempe berasal dari kacang kedelai.

Menurutmu, bagaimana cara mengolah kacang kedelai menjadi tempe? Perhatikan prosesnya berikut ini!

Dari isu tersebut, menurutmu alat teknologi apa yang dipakai dalam menciptakan tempe? Teknologi yang dipakai dalam pembuatan tempe yakni teknologi sederhana memanfaatkan jamur.

Apa saja yang sanggup dihasilkan dari kacang kedelai? Tahu, kecap, susu, dan lain-lain

Selain tumbuhan, contohnya kacang kedelai, binatang pun juga menjadi sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Bagaimana pendapatmu wacana gambar-gambar berikut? Apa sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat dan apa teknologi yang digunakannya?

Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, praktikkan cara menciptakan tempe!

Ayo Membuat Laporan
Dari yang telah kau pelajari, buatlah sebuah laporan cara menciptakan tempe yang di dalamnya terdapat hal-hal berikut:
  1. bahan
  2. alat
  3. cara membuat
  4. hasil
Cara Membuat Tempe
Tempe yakni masakan yang dibentuk dari fermentasi biji kedelai atau beberapa materi lain yang menggunakan beberapa jenis kapang. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".Untuk menciptakan tempe sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Alat yang digunakan:
  1. Dandang
  2. Saringan
  3. Baskom
  4. Kipas angin
  5. Inokulum tempe/ragi
  6. Sotel kayu
  7. Kompor
  8. Tampah
  9. Daun pisang atau kantong plastik
  10. Kedelai
Bahan yang digunakan
  1. Kedelai
  2. Ragi tempe/inokulum
Cara Membuat :
  1. Langkah pertama, siapkan semua alat dan materi yang akan digunakan.
  2. Setelah itu, basuh dan bersihkan kacang kedelai hingga bersih.
  3. Lalu kacang kedelai yang sudah dibersihkan direndam kira­-kira hingga 18 jam.
  4. Jika kedelai sudah melunak, maka langkah selanjutnya kupas bab kulit kemudian bilas bersamaan dengan menggunakan air bersih.
  5. Setelah itu, biji kedelai dikukus hingga empuk.
  6. Kemudian biji kedelai yang telah direbus tadi Anda tiriskan pada tampah, selanjutnya gunakan kipas angin supaya kedelai cepat dingin.
  7. Setelah dingin, taburkan ragi bertahap ­sedikit di atas permukaannya secara merata.
  8. Lalu siapkan pembungkusnya, boleh menggunakan plastik ataupun daun pisang.
  9. Masukan kedelai tadi yang sudah ditaburkan ragi pada pembungkus daun pisang/plastik aturlah ukuran ketebalannya.
  10. Setelah itu lakukan proses fermentasi selama 1 hari pada suhu kamar. Saat fermentasi berlangsung Anda harus memastikan bahwa kacang kedelai dalam keadaan tertutup.
  11. Setelah simpulan fermentasi tempe dibuka dari penutupnya dan diangin-anginkan biar tempe mendingin.
  12. Setelah cuek tempe sudah siap untuk diolah.
Hasil yang diperoleh dari proses pembuatan tempe di atas yakni tempe berwarna putih alasannya yakni pertumbuhan jamur yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Proses fermentasi kedelai pada proses pembuatan tempe merubah kedelai menjadi mempunyai rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel