Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Tempat Tempat Tinggalku

Daerah yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri. Masyarakatnya harus menjaga kelestarian lingkungan alam, sosial, budaya, serta ekonomi. Mari, kita pelajari.

Ayo Belajar
Ada hal yang menarik dari masyarakat Badui yang tinggal di Provinsi Banten, yaitu pandangan terhadap alam semesta. Masyarakat Badui khususnya Badui Dalam sangat menjaga keseimbangan dan keselarasan dengan alam.

Masyarakat Badui sangat menjaga air semoga selalu jernih dan higienis sehingga sanggup digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Saat mandi atau bersih-bersih dihentikan ada materi kimia yang digunakan oleh masyarakat Badui termasuk pengunjung. Hal itu untuk menjaga air semoga tetap higienis dan jernih. Aliran sungai yang melintasi perkampungan tanah etika suku Badui amat jernih, tidak ada sampah.

Tidak ibarat rumah pada umumnya, masyarakat Badui tidak menggali tanah untuk fondasi. Batu hanya diletakkan di atas tanah. Jika permukaan tanah tidak rata, bukan tanah yang menyesuaikan sehingga diratakan, melainkan kerikil dan tiang kayu yang menyesuaikan. Bahan bangunan rumah masyarakat Badui merupakan materi yang sanggup dan gampang diurai oleh tanah. Bahan tersebut di antaranya dinding bilik bambu, atap dari ijuk, dan daun pohon kelapa, dan rangka rumah dari kayu alam, yaitu kayu jati, kayu pohon kelapa, dan kayu albasiah.

Jika masyarakat Badui akan memakai kayu maka kayu yang akan digunakan ialah kayu-kayu yang telah kering dan tua. Kayu bakar tersebut diperoleh dari pohon yang sudah dimakan rayap atau batang pohon dan ranting yang jatuh terserak. Masyarakat Badui tidak menebang pohon untuk kayu bakar.

Masyarakat Badui menyimpan hasil panen padi huma di sebuah leuit (lumbung padi). Leuit dibangun di pinggiran tiap kampung. Setiap keluarga mempunyai leuit. Leuit ialah wujud pemahaman masyarakat Badui perihal ketahanan pangan. Dengan adanya leuit, masyarakat Badui tidak kekurangan materi pangan.

Dalam hal bekerjasama dengan orang lain Suku Badui Luar dan Badui Dalam mendapatkan masyarakat luar untuk berinteraksi. Namun, Suku Badui Dalam menolak segala sesuatu yang bekerjasama dengan teknologi dan budaya dari masyarakat di luar Suku Badui Dalam.

Ayo Ceritakan
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah ringkasan perihal kekerabatan masyarakat Badui dengan alam.
Masyarakat Badui sangat menjaga air semoga selalu bersih, tidak ada materi kimia yang digunakan oleh masyarakat Badui. Mereka tidak menggali tanah, dikala membangun rumah apabila tanah tidak rata maka kerikil dan tiang kayu yang menyesuaikan dengan tanah. Mereka memanfaatkan materi yang gampang diurai oleh tanah. Untuk memperoleh kayu bakar mereka tidak menebang pohon tetapi memanfaatkan pohon yang sudah mati. Mereka menyimpan cadangan masakan di leuit, sebagai bentuk ketahanan pangan. Hubungan kemasyarakatan masyarakat Badui dalam menolak segala sesuati yang bekerjasama dengan teknologi.
Ayo Cari Tahu
Warnailah pada pilihan wajah yang sesuai dengan apa yang kau rasakan
KriteriaSelaluKadang-kadangTidak Pernah
Aku berbincang dengan teman-temanku di sekolah😐😷😳
Aku bekerja sendirian😐😷😳
Aku bahagia bekerja sama😐😷😳
Aku membuang sampah di tempatnya😐😷😳
Aku menyirami tanaman yang saya miliki😐😷😳
Aku menonton pertunjukan seni😐😷😳
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah brosur dengan mengikuti arahan berikut:

  1. Brosur yang kau buat berisi perihal skema lingkungan tempat tinggalmu.
  2. Sebelum membuatnya, buatlah draf brosurmu di kertas yang disediakan.
  3. Brosur yang kau buat harus berisi pembelajaran perihal peta grid dan arah mata angin.
  4. Ceritakan keunikan/ciri khas yang dimiliki oleh daerahmu.
  5. Ceritakan juga perihal jenis sumber daya alam yang dihasilkan serta teknologi yang digunakan di daerahmu.
  6. Ceritakan juga bagaimana masyarakat di daerahmu bekerjasama (berinteraksi) dengan sesama, dengan lingkungan serta budaya yang ada.
  7. Ceritakan juga aturan-aturan yang berlaku untuk menjaga kekerabatan yang harmonis dengan masyarakat, lingkungan alam, serta budayanya.
  8. Jika telah selesai, kau sanggup mempresentasikannya di depan kelas.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Tempat Tempat Tinggalku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel