Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta
Wednesday, June 27, 2018
Add Comment
Ketika pergi ke planetarium, Siti dan teman-teman berkesempatan melihat benda langit. Mereka melihat benda langit memakai teropong. Mereka harus mengantri untuk memakai alat-alat tersebut.
Siswa yang berada di antrian paling depan akan mendapatkan giliran terlebih dahulu untuk memakai teropong bintang. Siti dan teman-teman wanita lainnya menerima antrian paling depan alasannya lebih cepat dan berdisiplin.
Udin dan teman-teman pria lainnya mengantri berikutnya. Petugas museum mengatur urutan giliran dengan adil. Dengan mengantri, semua siswa sanggup mendapatkan kesempatan untuk memakai teropong bintang.
Mengantri yaitu salah satu pola berlaku adil. Berlaku adil merupakan pola pengamalan sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”
Isilah titik-titik di bawah ini sesuai bacaan dengan benar.
1. Apa kegiatan yang sedang dilakukan Siti dan teman-teman di planetarium?
Melihat benda langit2. Mengapa Siti dan teman-teman harus bergiliran memakai teropong bintang?
Agar semua siswa sanggup mendapatkan kesempatan untuk memakai teropong bintang.3. Udin menerima antrian di belakang. Kewajiban Udin adalah...
Menunggu giliran sesudah antrian paling depannya4. Siti berada di antrian paling depan. Hak Siti adalah...
Mendapatkan kesempatan memakai teropong lebih dahulu daripada sobat yang ada dibelakangnya5. Apa arti adil menurutmu?
Adil yaitu mendapatkan hak sesuai kewajiban yang telah dilakukanAyo Berlatih
Kamu sudah berguru perihal bersikap adil. Salah satu pola perilaku adil yaitu melakukan hak dan kewajiban secara tepat. Amatilah gambar berikut ini, kemudian berikan pendapatmu perihal hal tersebut.
Senin depan jadwal upacara kelas 3A. Seluruh anggota kelas berdiskusi untuk memilih petugas upacara. Hampir semua siswa ingin menjadi petugas upacara. Sebagai ketua kelas, maka kau punya hak untuk membagi kiprah kepada anggota kelompok. Anggota kelas punya kewajiban untuk mendapatkan kiprah yang diberikan ketua kelas.Ayo Ceritakan
Siti perlu situasi yang damai dikala belajar. Beberapa temannya berbicara keras di kelas. Siti mempunyai hak untuk meminta teman-temannya supaya tidak berbicara keras di kelas. Teman-teman Siti berkewajiban untuk menghargai sobat yang sedang belajar.
Bu guru menawarkan kiprah yang harus dikerjakan secara berkelompok. Sebagai ketua kelompok, maka kau berkewajiban untuk membagi kiprah kepada anggota kelompok. Anggota kelompok mempunyai hak untuk memberikan pendapatnya.
Pernahkah kau mengantri? Di manakah kau mengantri? Buatlah kisah perihal pengalamanmu dikala mengantri. Lengkapi isi kisah dengan klarifikasi kawasan mengantri dan perasaan kau dikala mengantri. Tuliskan pula perilaku yang akan kau lakukan jikalau melihat orang lain tidak mengantri dengan tertib.
Setelah kegiatan olah raga di lapangan Bu Guru menyuruh bawah umur untuk mencuci kaki dan tangan. Mereka berbondong-bondong menuju kawasan basuh di bersahabat kamar mandi sekolah. Tempat basuh kaki di sekolahku hanya ada satu sehingga mustahil satu kelas mencuci kaki secara bersamaan.Ayo Amati
Siswa wanita berbaris memanjang untuk antri sesuai dengan kedatangannya di kawasan tersebut. Sementara anak pria ada yang tiba belakangan, tetapi menerobos masuk ke tengah antrian. Walaupun sudah disuruh untuk antri mereka tidak mau antri dan mau menangnya sendiri.
Melihat insiden tersebut tentu sangat menjengkelkan alasannya seharusnya siapa yang tiba lebih awal menerima giliran sesuai dengan kehadirannya. Mengantri melatih kesabaran dan melatih menghargai hak dan kewajiban orang lain.
Berikut ini yaitu laporan pengamatan Edo dikala berkunjung ke planetarium. Edo mengumpulkan informasi perihal peranan matahari dalam tata surya. Bacalah laporan yang dibentuk Edo, kemudian kerjakan kiprah yang diberikan.
Peranan Matahari dalam Tata Surya
Matahari merupakan sentra tata surya. Benda-benda langit yang ada dalam tata surya bergerak mengelilingi matahari. Matahari mempunyai ukuran, massa, volume, temperatur, dan gravitasi yang paling besar. Oleh alasannya itu, matahari mempunyai efek yang sangat besar pula terhadap benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya.
Matahari yaitu sumber cahaya dan panas bagi planet-planet di sekitarnya, termasuk bumi. Dengan cahaya matahari, kehidupan manusia, tumbuhan, dan binatang sanggup berlangsung di bumi. Selain sebagai sumber panas dan cahaya, Matahari mempunyai peranan sebagai pengatur iklim dan cuaca. Perbedaan iklim dan cuaca memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi.
Buatlah 5 pertanyaan, kemudian jawab pertanyaan tersebut sesuai dengan laporan yang dibentuk Edo.
- Apa peranan matahari dalam tata surya? Matahari merupakan sentra tata surya.
- Apa yang dilakukan benda-benda langit terhadap matahari sebagai sentra tata surya? Benda-benda langit yang ada dalam tata surya bergerak mengelilingi matahari.
- Sebutkan efek matahari terhadap benda-benda yang mengelilinginya! Matahari mempunyai ukuran, massa, volume, temperatur, dan gravitasi yang paling besar. matahari mempunyai efek yang sangat besar pula terhadap benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya.
- Apa manfaat cahaya matahari bagi kehidupan di bumi?Dengan cahaya matahari, kehidupan manusia, tumbuhan, dan binatang sanggup berlangsung.
- Jelaskan efek matahari terhadap iklim dan cuaca di bumi!Matahari mempunyai peranan sebagai pengatur iklim dan cuaca. Perbedaan iklim dan cuaca memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi.
Berikan balasan terhadap laporan Edo. Apa saja hal yang baik dari laporan Edo? Apa saja hal yang perlu diperbaiki dari laporan yang Edo buat?
Laporan yang disampaikan Edo sudah baik, namun akan lebih baik jikalau Edo juga memberikan apa saja efek matahari terhadap benda-benda yang mengelilinginya.Ayo Lakukan
Masih ingatkah kau dengan susunan planet dalam sistem tata surya? Mari mencoba mengingatnya melalui kegiatan bermain. Sebelum bermain, berlatihlah terlebih dahulu gerak berjalan menyamping dan gerak hadap kanan dan kiri.
Gerak menghadap kanan
Tahapan kegiatannya sebagai berikut.
- Bagilah kelompok yang terdiri dari 8 orang siswa.
- Siapkan 8 buah kartu yang bertuliskan nama planet.
- Siapkan pula delapan lintasan planet.
- Simpan sebuah bola besar di tengah-tengah lintasan.
- Susun kartu secara acak, dan setiap siswa mengambil satu buah kartu.
- Siswa harus menempati lintasan sesuai dengan nama planet yang didapatkannya.
- Berdirilah di lintasan yang sesuai.
- Beri tanda kawasan kau berdiri.
- Lalu setiap siswa akan berlatih jalan ke samping di setiap lintasan.
- Setiap satu hitungan, siswa akan berjalan ke samping satu langkah.
- Hitung banyak langkah yang diharapkan untuk mengitari satu lintasan penuh.
- Catat pada tabel yang telah disediakan berikut.
No. | Nama Siswa | Peranan | Banyak langkah yang dibutuhkan untuk mengitari satu lintasan penuh |
---|---|---|---|
1. | Edo | Merkurius | 8 Langkah |
2. | Lani | Venus | 12 langkah |
3. | Siti | Bumi | 16 langkah |
4. | Udin | Mars | 20 langkah |
5. | Dayu | Jupiter | 24 Langkah |
6. | Asep | Saturnus | 28 Langkah |
7. | Wawan | Uranus | 32 langkah |
8. | Wati | Neptunus | 36 langkah |
Tahap 2 : Menirukan gerak revolusi
- Siswa tetap pada posisi sebelumnya.
- Setiap hitungan 1 siswa akan melangkah satu langkah menyamping ke kanan.
- Setiap langkah pula siswa akan mengahadapkan badannya ke sebelah kanan
- Amati bab tubuh yang kena sinar matahari (bola).
- Catat pengamatanmu pada tabel yang sudah tersedia.
No. | Posisi | Bagian tubuh yang menghadap bola |
---|---|---|
1. | Posisi 1 | Bagian depan (muka) |
2. | Posisi 2 | Bagian samping kakan |
3. | Posisi 3 | Bagian samping kiri |
4. | Posisi 4 | Bagian belakang (punggung) |
0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta"
Post a Comment