Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta

Pada siang hari kita sanggup mencicipi sinar matahari yang hangat. Pada malam hari kita sanggup mengamati bintang dan bulan di langit. Semua itu yakni benda-benda langit. Bumi kawasan kita tinggal juga yakni benda langit. Semua benda langit bergerak dengan teratur.

Mari kita pelajari lebih lanjut susunan benda-benda langit, juga mengenal bumi lebih erat supaya kita
sanggup mengetahui cara memelihara bumi. Memelihara bumi supaya senantiasa menjadi kawasan tinggal yang nyaman bagi yang menempatinya.

Ayo Amati
Berkunjung ke Planetarium
Hari Senin siswa kelas III SD Nusantara akan karyawisata mengunjungi planetarium. Planetarium berada di Jl. Merkurius no 45. Udin dan teman-teman sangat bahagia dan tiba lebih pagi ke sekolah. Mereka sudah tidak sabar ingin segera menuju ke planetarium.

Planetarium yakni suatu kawasan yang sanggup mengatakan susunan bintang dan benda langit. Informasi pergerakan benda langit dan sejarah alam semesta juga sanggup kita dapatkan di sana. Planetarium dilengkapi alat teropong bintang. Melalui teropong bintang, kita sanggup mengamati benda langit dengan lebih erat dan jelas.

Semua siswa memperhatikan klarifikasi dari petugas planetarium dengan saksama. Mereka mendapat gosip wacana nama dan jenis benda langit. Matahari dan planet-planet membentuk suatu sistem yang disebut tata surya.

Matahari yakni sentra tata surya, sedangkan planet-planet lain mengelilingi matahari. Planet tersebut yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet yang kita tempati kini berjulukan bumi.

Setiap planet mengelilingi matahari dengan jalur yang disebut orbit. Semua planet bergerak berlawanan arah dengan jarum jam. Semua planet setiap hari bergerak dengan teratur. Semua diatur oleh Tuhan Maha Esa. Kita wajib bersyukur atas karunia alam yang teratur, yang dianugerahi-Nya.

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan.
1. Apa yang dimaksud dengan planetarium?
Planetarium yakni suatu kawasan yang sanggup mengatakan susunan bintang dan benda langit.
2. Siapa yang mengunjungi planetarium?
Siswa kelas III SD Nusantara
3. Mengapa mereka pergi karyawisata ke planetarium?
Mereka ingin mendapat Informasi pergerakan benda langit dan sejarah alam semesta
4. Apa fungsi matahari dalam sistem tata surya?
Matahari yakni sentra tata surya
5. Apa saja benda langit yang ada dalam sistem tata surya?
Matahari dan Planet-planet
Ayo Menulis
Laporan Kunjungan ke Planetarium
Waktu Pelaksanaan:Hari Senin
Tempat kunjungan:Planetarium di Jl. Merkurius no 45
Tujuan kunjungan:Mendapatkan Informasi pergerakan benda langit dan sejarah alam semesta
Hasil KunjunganPlanetarium yakni suatu kawasan yang sanggup mengatakan susunan bintang dan benda langit. Planetarium dilengkapi alat teropong bintang. Melalui teropong bintang, kita sanggup mengamati benda langit dengan lebih erat dan jelas.

Matahari dan planet-planet membentuk suatu sistem yang disebut tata surya. Matahari yakni sentra tata surya, sedangkan planet-planet lain mengelilingi matahari. Planet tersebut yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet yang kita tempati kini berjulukan bumi.

Setiap planet mengelilingi matahari dengan jalur yang disebut orbit. Semua planet bergerak berlawanan arah dengan jarum jam. Semua planet setiap hari bergerak dengan teratur.
Ayo Cari Tahu
Apakah matahari termasuk planet?
Matahari yakni sentra Tata Surya. Matahari termasuk bintang alasannya matahari memancarkan cahaya sendiri, sedangkan planet terlihat bercahaya alasannya memantulkan cahaya Matahari. Matahari bekerjsama yakni bintang kerdil dari milyaran bintang di dalam galaksi bima sakti. Meskipun demikian, ukuran matahari lebih besar jikalau dibandingkan dengan planet-planet yang mengelilinginya. termasuk planet bumi.
Ayo Berkarya
Gambar planet-planet tersebut berbentuk lingkaran. Mari kita mencoba menciptakan bulat melalui aktivitas melipat kertas. Buatlah 9 bulat dengan ukuran yang berbeda-beda untuk menggambarkan matahari dan planet-planet yang ada pada tata surya.

Beri gambar dan warnai setiap bulat sesuai huruf dari planet dan matahari. Buatlah orbit atau kawasan lintasan planet. Gunting dan tempelkan pada lintasan atau orbit yang sudah kau buat. Tempatkan gambar sesuai kawasan pada susunan tata surya.

Ayo Cari Tahu
Apa nama bentuk lintasan pada tata surya?
Nama bentuk lintasan pada tata surya disebut orbit
Apakah bentuk orbit sama dengan bentuk lingkaran?
Orbit dari planet dalam tata surya kita yakni berbentuk elips dan bukan lingkaran
Ayo Berlatih
Selain lingkaran, ada banyak jenis berdiri datar lainnya yang sering kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk bintang mirip kumpulan berdiri datar segitiga. Bangun datar segitiga diantaranya yakni segitiga sama kaki, segitiga sama sisi dan segitiga siku-siku. Bangun datar segiempat diantaranya yakni persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapesium, layang-layang dan jajaran genjang.
Segitiga SamakakiSegtiga SamasisiSegitiga Siku-sikuPersegi PanjangPersegi
Gantungan Baju (hanger), Rambu Lalu lintas, Asbak, Penggaris Segitiga, Asbak bebertuk segitiga, Risoles, Kue lopisPenggaris Segitiga Siku-siku, Buku, Meja, Lemari, Daun Jendela, dan daun pintuUbin, Keramik, Disket, Taplak Meja, Bendera Semaphore
JajargenjangBelah KetupatTrapesiumLayang-layang
Mata Nanas, Dockland Office Building, KeramikKetupat, Taplak meja, Rambu Peringatan Lalu Lintas, Motif Batik KawungAtap rumah joglo, Pintu Mobil, Kaca mobil, Candi Sukuh, Atap Keraton YogyakartaLayang-layang, Pastel

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel