Soal Penilaian Subtema 3 Tema 7 Kelas Iii

Energi alternatif ialah energi yang dipakai untuk menggantikan energi dari minyak bumi. Terdapat majemuk referensi energi alternatif yang tersedia di alam, menyerupai energi matahari, energi angin, energi air, dan energi panas bumi. Namun, berkat majunya pemahaman insan perihal energi, sumber energi alternatif kian bertambah. Berikut ini beberapa referensi energi alternatif yang ada di sekitar kita.
  1. Energi Matahari. Energi matahari merupakan sumber energi panas yang sangat mempunyai kegunaan bagi kehidupan makhluk hidup di dunia. Energi matahari sanggup dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan tumbuhan untuk hidup. 
  2. Energi Air. Tak hanya energi matahari saja, energi air juga bisa dijadikan sebagai salah satu referensi energi alternatif untuk kita semua. Seperti kita ketahui, dimana energi listrik yang kita manfaatkan setiap hari termasuk salah satu sumber dari energi alternatif yang sifatnya ramah lingkungan. 
  3. Energi Biomassa. Energi yang bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif lainnya ialah energi biomassa. Biomassa termasuk materi bakar atau energi yang terdapat pada makhluk hidup, entah itu berasal dari binatang maupun tumbuhan. 
  4. Energi Angin. Contoh energi alternatif lainnya ialah energi angin yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Angin sudah dipakai semenjak dulu sebagai penggagas bahtera layar. Nah, energi angin ini juga bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik.
  5. Gelombang Air Laut. Potensi Indonesia dalam menghasilkan sumber energi alternatif sangatlah berpeluang besar, salah satunya ialah dengan membuat energi alternatif dari gelombang air laut. Seperti kita ketahui, Indonesia termasuk negara yang sebagian besar terdiri dari maritim sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif yang menjanjikan.
Berikut ini ialah materi yang dipelajari dalam subtema 3 tema 7 Kelas III sekolah dasar.
No.Kegiatan PembelajaranKemampuan yang Dikembangkan
1.
  1. Menyimak dan memahami isi teks informatif perihal energi alternatif
  2. Membuat kincir angin dari kertas
  3. Menyelesaikan soal dongeng matematika
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: teks informasi, karya dekoratif dari kertas
  3. Keterampilan: Mendengar, mengomunikasikan, menggunting, menempel
2.
  1. Melakukan gerak guling depan dan guling belakang sebagai gerak lebih banyak didominasi dinamis bertumpu pada lengan dan kaki
  2. Berdiskusi dan memberikan hasil diskusi perihal sikap yang memberikan referensi sikap kebersamaan sebagai bentuk pengamallan sila ketiga Pancasila
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: gerak guling depan dan guling belakang sebagai gerak lebih banyak didominasi dinamis
  3. Keterampilan: Praktik gerak guling depan dan guling belakang, mengemukakan gagasan dalam diskusi
3.
  1. Bermain mencari dan menyusun kata menjadi kalimat yang berafiliasi dengan energi.
  2. Mempraktikkan gerak lemah dan gerak berpengaruh dalam gerak dan irama.
  3. Mempelajari data grafik lingkaran
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: kosa kata yang berafiliasi dengan energi, gerak lemah dan berpengaruh dalam tarian
  3. Keterampilan: komunikasi tertulis dan menari
4.
  1. Gerak senam bergantung dan berayun
  2. Menyusun data ke dalam grafik batang
  3. Diskusi sikap menghargai orang lain
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: gerak bergantung dan berayun, grafik batang, menghargai orang lain
  3. Keterampilan: praktik gerak bergantung dan berayun, menggambar grafik batang
5.
  1. Menceritakan kembali isi teks yang dibaca
  2. Membaca data pada grafik batang dan membuat grafik batang menurut data tertentu
  3. Memahami sikap hemat dalam aktivitas sehari-hari
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: teks informatif, sikap hemat
  3. Keterampilan: Komunikasi, memberikan ide/gagasan
6.
  1. Membaca dan memahami teks informatif
  2. Membaca data menurut grafik batang
  3. Menyusun teks informatif perihal sikap hemat energi sehari-hari di rumah dan di sekolah
  4. Alat musik sebagai penghasil energi bunyi
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: teks informatif dan sikap hemat energi
  3. Keterampilan: menyusun teks informatif
Soal Evaluasi
A. Temukan 5 kata yang berafiliasi dengan energi alternatif di dalam tabel karakter berikut ini.

B. Buatlah kalimat dari kata-kata yang sudah kau temukan tersebut!
  1. Angin = Angin maritim terjadi pada siang hari.
  2. Waduk = Waduk Gajah Mungkur terletak di Kabupaten Wonogiri, 
  3. Energi = Sumber daya energi dan pertambangan di Indonesia
  4. Air = Air dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.
  5. Briket = Briket ialah sumber energi alternatif pengganti Minyak Tanah 
C. Amati grafik bundar berikut ini.

  1. Penggunaan air yang paling banyak terjadi pada hari ......(Minggu)
  2. Penggunaan air paling sedikit terjadi pada hari ......(Rabu)
  3. Penggunaan air pada hari Jum’at ialah sebanyak ..... liter.(3.000)
  4. Hari apa saja yang penggunaan airnya lebih sedikit dari hari Kamis? ....(Senin, Selasa, Rabu)
  5. Hari apa saja yang penggunaan airnya lebih banyak dari hari Jum’at. (Sabtu dan Minggu)
D. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berilah referensi kewajiban di sekolah dalam melaksanakan penghematan energi!
a. Mematikan lampu kelas kalau cuaca terang
b. Menghemat kertas
c. Menghemat air
2. Berilah referensi sikap yang memberikan rasa persatuan!
a. Bersama-sama menjaga lingkungan
b. Bersama-sama melaksanakan penghematan energi
c. Saling menghormati
E. Soal-soal Pengayaan
1. Hari Minggu keluarga Udin menghabiskan 2.500 liter air.
Dari isu berikut ini manakah yang paling penting untuk diketahui? Lalu tuliskan alasanmu!
  1. Berapa jumlah anggota keluarga Udin?
  2. Kegiatan apa saja dalam keluarga tersebut yang memakai air?
  3. Berapa jumlah air yang dipakai keluarga Udin pada hari Minggu?
  4. Apa saja aktivitas Udin yang memakai air pada hari Minggu?
  5. Berapa banyak air yang dipakai Udin pada hari Sabtu?

Yang diberi tanda centang ialah 1 dan 3 alasannya ialah jumlah keluarga sudah niscaya mempengaruhi jumlah penggunaan air. Berapa banyak air yang dipakai masing-masing anggota keluarga pada hari Minggu.

2. Ayah mempunyai uang Rp50.000. Uang itu akan dipakai untuk membeli beras dan gula di sebuah toko. Ayah juga mengeluarkan Rp7.000 untuk membeli bensin. Informasi apa saja yang kau butuhkan untuk mengetahui jumlah uang yang ayah belanjakan di toko?
Informasi yang dibutuhkan:
• Berapa banyak beras dan gula yang dibeli
• Berapa harga beras dan berapa harga gula

0 Response to "Soal Penilaian Subtema 3 Tema 7 Kelas Iii"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel