Soal Penilaian Subtema 2 Tema 7 Kelas Iii

Perubahan energi ialah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Energi tak sanggup dimusnahkan atau diciptakan, tetapi energi sanggup diubah dari satu bentuk kebentuk lain. Perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Setiap hari kita bisa melihat dan memanfaatkan perubahan energi. Perubahan energi terjadi pada peralatan-peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Berikut ini beberapa perubahan energi yang sanggup kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa pola Perubahan Energi :
  1. Perubahan energi panas menjadi energi gerak, misalnya kertas yang dibuat spiral bergerak dikala dipanaskan di atas lilin;  Perubahan energi gerak menjadi energi panas . Contoh : ajun dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban sepeda/sepeda motor sesudah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas;
  2. Perubahan energi panas menjadi energi listrik. Contoh: Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal ( geothermal );  Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik . Contoh: panel surya
  3. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Contoh: kereta uap(menggunakan materi bakar dari kerikil bara), kendaraan bermotor ( memakai materi bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin;  Perubahan energi gerak menjadi energi listrik . Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
  4. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Contoh: mixer, AC, pompa air, kendaraan beroda empat mainan, kipas angin listrik;  Perubahan energi listrik menjadi energi kimia . Contoh: pengisian accumulator/aki, charger kerikil baterai;
  5. Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh : ketika kita bertepuk tangan maka akan terdengar bunyi;  Perubahan energi kimia menjadi energi panas . Contoh: energi masakan akan berkembang menjadi panas sesudah dimakan;
  6. Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Contoh: pada proses fotosintesis tumbuhan;  Perubahan energi kimia menjadi energi listrik . Contoh: menyalakan senter dengan baterai, handphone;
  7. Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contoh: penggunaan setrika listrik, solder, kompor listrik, oven, microwave;  Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya . Contoh : bola lampu, tabung lampu ( lampu neon ), layar televisi, layar monitor komputer;
  8. Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contoh: radio, bel listrik, sirine, dan alarm;  Perubahan energi potensial menjadi energi gerak . Contoh: benda yang jatuh ibarat mangga jatuh, rambutan jatuh, dan lain-lain.
Berikut ini rangkaian materi yang akan dipelajari pada subtema 2 tema 7 kelas III sekolah dasar.
No.Kegiatan PembelajaranKemampuan yang Dikembangkan
1.
  1. Membuat laporan hasil diskusi perihal perubahan energi dalam aktivitas sehari-hari
  2. Membuat laporan hasil percobaan perihal perubahan energi
  3. Membuat gambar dekoratif bertema “Buah dan Sayur Sumber Energi”
  4. Mengukur keliling dan luas dengan alat ukur tidak baku
  1. Sikap:tanggung jawab, percaya diri, kerja sama, dan rasa ingin tahu
  2. Pengetahuan: laporan, gambar dekoratif, keliling dan luas
  3. Keterampilan: Membuat laporan, menggambar dekoratif, menghitung keliling dan luas dengan alat ukur tidak baku
2.
  1. Melakukan gerakan melompat sambil berputar kemudian mendarat
  2. Menguraikan perubahan energi yang terjadi sehari-hari
  3. Menghargai orang lain
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: gerakan melompat sambil berputar dan teks informatif perihal perubahan energi
  3. Keterampilan: Praktik gerak melompat sambil berputar, membaca dan memahami bacaan
3.
  1. Bermain sosio drama
  2. Membuat karya dekoratif dari tanah liat
  3. Menyelesaikan soal kisah matematika
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: Karya dekoratif dari materi lunak, operasi bilangan
  3. Keterampilan: Komunikasi, menciptakan karya dekoratif, menuntaskan soal cerita, dan bermain peran
4.
  1. Latihan gerakan meroda
  2. Menguraikan perubahan energi yang terjadi pada suatu kegiatan
  3. Menentukan keliling segitiga
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: gerakan meroda
  3. Keterampilan: Menulis, melaksanakan gerak meroda
5.
  1. Diskusi perihal sikap hemat sebagai pola pengamalan sila kelima dan mengidentifikasi macam-macam sikap hemat
  2. Membuat laporan hasil pengamatan perihal tentang penhematan listrik di sekolah
  3. Menyelesaikan soal kisah yang melibatkan operasi penjumlahan dan pengurangan
  1. Sikap: tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: teks laporan, hak dan kewajiban warga sekolah
  3. Keterampilan: menciptakan laporan tertulis dan mengatakan sikap hemat energi
6.
  1. Mengukur keliling persegi panjang dan segitiga dengan satuan baku
  2. Menulis laporan perihal perubahan energi
  3. Mengidentifikasi sikap menghargai orang lain.
  1. Sikap:  tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama
  2. Pengetahuan: perubahan energi, keliling segitiga
  3. Keterampilan: menulis cerita, mengukur keliling
Pada bab selesai dilaksanakan penilaian pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa perihal materi yang telah diberikan. Berikut ini soal penilaian untuk subtema 2 kelas III.
Soal Evaluasi
A. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan menentukan kata-kata berikut ini.
  1. Saat berolahraga energi yang kita gunakan ialah energi...... yang berasal dari makanan.(Kimia)
  2. Saat bermain kolintang terjadi perubahan energi ......... menjadi bunyi.(Gerak)
  3. Kipas angin ialah alat yang sanggup mengubah energi ......... menjadi gerak.(Listrik)
  4. Seterika ialah alat yang sanggup mengubah energi listrik menjadi ......(Panas)
  5. Waduk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga .......(Air)
B. Buatlah kalimat dari kata-kata berikut ini!
  1. bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
  2. kompor. Perubahan energi kimia menjadi energi panas sanggup dilihat pada kompor yang sedang menyala.
  3. waduk. Waduk ialah danau buatan untuk menyimpan air.
  4. lampu. Lampu dipakai sebagai alat penerangan.
  5. energi kimia. Makanan yang kita makan mengandung energi kimia.
C. Hitunglah keliling persegi panjang dan segi tiga di bawah ini!

D. Selesaikan soal kisah berikut ini!
1. Untuk menciptakan 1 buah hiasan tanah liat dibutuhkan 2000 gram tanah liat. Dayu ingin menciptakan 2 buah hiasan yang sama. Berapa gram tanah liat yang Dayu butuhkan?
2.000 gram + 2.000 gram = 4000 gram
2. Siti setiap hari menyisihkan uang sakunya sebesar Rp1000,- untuk menabung. Berapa jumlah uang tabungan yang ditabung Siti selama 12 hari.
12 x Rp1000 = Rp12.000
3. Hitunglah luas persegi panjang di bawah ini dengan memakai bujur kandang satuan.

E. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berilah 3 pola sikap hemat dalam memakai energi!
a. Menggunakan air tidak berlebih-lebihan.
b. Tidak membiarkan lampu menyala padahal tidak diperlukan
c. Matikan tv bila tidak ditonton, dll.
2. Berilah 3 pola sikap menghargai orang lain!
a. Menghargai pendapat orang lain
b. Menghargai hasil karya orang lain
c. Menghargai jasa orang lain
3. Edo memiliki 20 bujur kandang satuan ibarat ini. Edo akan menyusunnya menjadi bangun
persegi panjang. Gambarkan kemungkinan-kemungkinan persegi panjang yang disusun oleh Edo dengan memakai 20 bujur kandang satuan tersebut!

4. Amati grafik batang berikut ini!

Menurutmu apa yang mengakibatkan persediaan air di PDAM Setia Jaya paling sedikit jumlahnya? Tuliskan 2 kemungkinan!
1. Karena warganya tidak berhemat dengan air/menghambur hamburkan air.
2. Karena di PDAM setia jaya terjadi kemarau.
3. Penduduknya lebih sedikit atau, penggunaan oleh penduduk lebih banyak, dan lain-lain.

0 Response to "Soal Penilaian Subtema 2 Tema 7 Kelas Iii"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel