Soal Penilaian Subtema 2 Tema 7 Kelas Iii
Saturday, June 30, 2018
Add Comment
Berikut ini beberapa pola Perubahan Energi :
- Perubahan energi panas menjadi energi gerak, misalnya kertas yang dibuat spiral bergerak dikala dipanaskan di atas lilin; Perubahan energi gerak menjadi energi panas . Contoh : ajun dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban sepeda/sepeda motor sesudah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas;
- Perubahan energi panas menjadi energi listrik. Contoh: Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal ( geothermal ); Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik . Contoh: panel surya
- Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Contoh: kereta uap(menggunakan materi bakar dari kerikil bara), kendaraan bermotor ( memakai materi bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin; Perubahan energi gerak menjadi energi listrik . Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
- Perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Contoh: mixer, AC, pompa air, kendaraan beroda empat mainan, kipas angin listrik; Perubahan energi listrik menjadi energi kimia . Contoh: pengisian accumulator/aki, charger kerikil baterai;
- Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh : ketika kita bertepuk tangan maka akan terdengar bunyi; Perubahan energi kimia menjadi energi panas . Contoh: energi masakan akan berkembang menjadi panas sesudah dimakan;
- Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Contoh: pada proses fotosintesis tumbuhan; Perubahan energi kimia menjadi energi listrik . Contoh: menyalakan senter dengan baterai, handphone;
- Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contoh: penggunaan setrika listrik, solder, kompor listrik, oven, microwave; Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya . Contoh : bola lampu, tabung lampu ( lampu neon ), layar televisi, layar monitor komputer;
- Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contoh: radio, bel listrik, sirine, dan alarm; Perubahan energi potensial menjadi energi gerak . Contoh: benda yang jatuh ibarat mangga jatuh, rambutan jatuh, dan lain-lain.
No. | Kegiatan Pembelajaran | Kemampuan yang Dikembangkan |
---|---|---|
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
6. |
|
|
Soal Evaluasi
A. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan menentukan kata-kata berikut ini.
- Saat berolahraga energi yang kita gunakan ialah energi...... yang berasal dari makanan.(Kimia)
- Saat bermain kolintang terjadi perubahan energi ......... menjadi bunyi.(Gerak)
- Kipas angin ialah alat yang sanggup mengubah energi ......... menjadi gerak.(Listrik)
- Seterika ialah alat yang sanggup mengubah energi listrik menjadi ......(Panas)
- Waduk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga .......(Air)
- bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
- kompor. Perubahan energi kimia menjadi energi panas sanggup dilihat pada kompor yang sedang menyala.
- waduk. Waduk ialah danau buatan untuk menyimpan air.
- lampu. Lampu dipakai sebagai alat penerangan.
- energi kimia. Makanan yang kita makan mengandung energi kimia.
D. Selesaikan soal kisah berikut ini!
1. Untuk menciptakan 1 buah hiasan tanah liat dibutuhkan 2000 gram tanah liat. Dayu ingin menciptakan 2 buah hiasan yang sama. Berapa gram tanah liat yang Dayu butuhkan?
2.000 gram + 2.000 gram = 4000 gram2. Siti setiap hari menyisihkan uang sakunya sebesar Rp1000,- untuk menabung. Berapa jumlah uang tabungan yang ditabung Siti selama 12 hari.
12 x Rp1000 = Rp12.0003. Hitunglah luas persegi panjang di bawah ini dengan memakai bujur kandang satuan.
E. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berilah 3 pola sikap hemat dalam memakai energi!
a. Menggunakan air tidak berlebih-lebihan.2. Berilah 3 pola sikap menghargai orang lain!
b. Tidak membiarkan lampu menyala padahal tidak diperlukan
c. Matikan tv bila tidak ditonton, dll.
a. Menghargai pendapat orang lain3. Edo memiliki 20 bujur kandang satuan ibarat ini. Edo akan menyusunnya menjadi bangun
b. Menghargai hasil karya orang lain
c. Menghargai jasa orang lain
persegi panjang. Gambarkan kemungkinan-kemungkinan persegi panjang yang disusun oleh Edo dengan memakai 20 bujur kandang satuan tersebut!
4. Amati grafik batang berikut ini!
Menurutmu apa yang mengakibatkan persediaan air di PDAM Setia Jaya paling sedikit jumlahnya? Tuliskan 2 kemungkinan!
1. Karena warganya tidak berhemat dengan air/menghambur hamburkan air.
2. Karena di PDAM setia jaya terjadi kemarau.
3. Penduduknya lebih sedikit atau, penggunaan oleh penduduk lebih banyak, dan lain-lain.
0 Response to "Soal Penilaian Subtema 2 Tema 7 Kelas Iii"
Post a Comment