Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta

Ayo Amati
Bumi terdiri dari tiga lapisan utama. Lapisan terluar disebut kerak bumi, lapisan tengah disebut lapisan selubung, dan lapisan terdalam disebut lapisan inti bumi.

Bumi yang lingkaran ternyata mempunyai permukaan yang tidak rata. Ada kepingan bumi yang tinggi dan ada kepingan bumi yang rendah. Ada kepingan bumi yang cekung dan menonjol. Perbedaan tinggi rendah permukaan bumi ini disebut relief. Permukaan bumi selalu berubah, salah satunya disebabkan oleh pergerakan lapisan kerak bumi.

Perubahan permukaan bumi yang disebabkan oleh pergerakan lapisan kerak bumi berlangsung
sangat lama. Ada perubahan permukaan bumi yang berlangsung sangat cepat dan juga ada perubahan yang membutuhkan waktu lama.

Untuk mengamati bagian-bagian bumi, lakukan aktivitas percobaan berikut ini.
  1. Siapkan sebutir telur, kompor, dan panci untuk merebus telur. Rebuslah sebutir telur sampai matang.
  2. Belah telur menjadi dua kepingan tanpa mengupas kulitnya dan amati bagian-bagian dari telur tersebut.
Buatlah laporan hasil pengamatanmu.
Laporan berisi balasan terhadap pertanyan-pertanyaan berikut ini.
1. Manakah kepingan telur yang sanggup mewakili kepingan kerak bumi?
2. Manakah kepingan telur yang sanggup mewakili kepingan lapisan selubung?
3. Manakah kepingan telur yang sanggup mewakili kepingan lapisan inti?
Laporan Hasil Pengamatan
Bumi terdiri dari tiga lapisan utama yaitu lapisan kerak bumi, lapisan selubung dan lapisan inti bumi. Untuk mengetahui susunan lapisan bumi sanggup memakai sebutir telur yang direbus kemudian dibelah. Pada telur yang direbus kepingan cangkang telur menggambarkan lapisan kerak bumi, kepingan putih telur menggambarkan selubung bumi, dan kepingan kuning telur menggambarkan kepingan inti bumi.
Ayo Ceritakan
Sampaikan hasil pengamatan telur tersebut kepada teman-teman. Bandingkan hasil pengamatan yang kau peroleh dengan hasil teman-teman.

Ayo Berlatih
Salah satu benda di sekiling kita yang bentuknya ibarat bumi yaitu bola. Bola yaitu benda yang ibarat berdiri ruang. Bola ibarat berdiri ruang lantaran bola mempunyai ruang di dalamnya. Berikut ini yaitu gambar berdiri ruang lainnya.

Adakah benda di sekitarmu yang ibarat berdiri ruang tersebut? Coba sebutkan.
  1. Benda berbentuk kubus antara lain : dadu, tahu, kardus, rubik
  2. Benda berbentuk balok antara lain lemari buku, lemari es, penghapus, dan bis
  3. Benda berbentuk limas segiempat antara lain atap masjid, piramida, tugu pahlawan
Ayo kita amati berdiri datar yang ada pada sebuah berdiri ruang. Salah satu benda yang berbentuk balok yaitu kardus bekas kemasan pasta gigi. Ambillah sebuah kardus bekas kemasan pasta gigi. Bongkar dan amati bentuk-bentuk berdiri datar yang ada pada kemasan tersebut. Berikut ini yaitu berdiri ruang balok yang dibongkar.

Apa saja kepingan bentuk berdiri datar yang ada dalam berdiri ruang tersebut? Saat berdiri balok dibongkar, kita menemukan beberapa berdiri datar. Ada 4 buah persegi panjang dan 2 buah persegi. Gabungan berdiri datar penyusun berdiri ruang disebut jaring-jaring.

Cobalah menggambar jaring-jaring dari sebuah kubus yang kau amati. Balok dan kubus mempunyai lebih dari satu jenis jaring-jaring. Coba gambarkan jaring-jaring kubus dan balok yang lainnya.

Kamu sudah mengetahui ihwal banyak sekali bentuk berdiri ruang. Dalam kehidupan sehari-hari, kau juga sanggup menemukan bentuk benda sesuai berdiri ruang yang telah kau pelajari.

Bangun ruang yang sudah dipelajari yaitu bola, kubus, dan balok. Dapatkah kau menyebutkan berdiri ruang lainnya? Perhatikan gambar camilan cantik ulang tahun berikut. Adakah berdiri ruang yang serupa dengan camilan cantik ulang tahun Lani?

Ayo Belajar
Hari Ulang Tahun Lani
Hari ini Lani berulang tahun.
Orang bau tanah Lani membawa camilan cantik ke sekolah untuk dibagikan kepada teman-teman Lani. Lani membagi camilan cantik kepada semua sahabat dengan potongan sama besar.

Semua sahabat Lani bahagia dan mengucapkan terima kasih. Lani bersikap adil terhadap teman-temannya. Teman-temannya juga bersikap adil kepada Lani.

Setiap orang harus berbuat adil kepada diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Dengan berbuat adil, setiap orang akan hidup dengan tenang dan tentram.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Menurutmu, mengapa Lani harus bersikap adil?
Lani harus bersikap adil kepada temannya sehingga temannya juga bersikap adil terhadap Lani
2. Apa yang terjadi jikalau salah satu dari sahabat Lani mendapat potongan yang lebih besar?
Apabila ada sahabat yang mendapat potongan camilan cantik yang lebih besar, sahabat yang lainnya merasa diperlakukan tidak adil.
3. Apakah manfaat berbuat adil kepada orang lain?
Apabila kita berbuat adil kepada orang lain maka orang lain juga bersikap yang sama. Sikap adil juga mengakibatkan hidup tenteram dan damai.
4. Bisakah kalian menyebutkan beberapa pola bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan.
Berkata dengan santun supaya tidak menyinggung perasaan orang lain.
Berpikir sebelum bertindak supaya tidak merugikan orang lain.
Berprasangka baik kepada orang lain.
Ikut membantu dikala orang lain mendapat musibah
Ayo Berlatih
Siti sedang mengerjakan kiprah kelompok. Siti bertugas sebagai ketua kelompok. Siti membagi kiprah yang seimbang untuk semua anggota kelompok. Siti sebagai ketua kelompok bersikap adil terhadap anggota kelompoknya.

Hari ini Udin akan berguru mengenai berbagi.Udin diminta Ibu guru untuk membawa mainan kesukaannya ke sekolah. Udin memberi kesempatan kepada semua sahabat yang ingin melihat mainan tersebut. Udin bersikap adil kepada teman-temannya.

Pikirkanlah salah satu pola perilaku adil terhadap sahabat yang sanggup kau lakukan di kelas. Praktikkan perilaku tersebut, kemudian ceritakan dalam bentuk tulisan. Tuliskan pula bagaimana perasaanmu dan juga temanmu.
Sikap adil yang dilakukan adalah
Mau membagi jajan pada sahabat yang tidak membawa uang maupun bekal
Perasaanku dikala berlaku adil adalah
Saat membuatkan dengan orang lain hati merasa senang
Sikap temanku dikala saya bersikap adil adalah.
Mereka juga mencicipi bahagia sama sepertiku

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel