Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta

Bumi dan Bulan
Bulan yaitu satelit bumi. Bulan tidak mempunyai cahaya sendiri. Bulan hanya memantulkan cahaya matahari yang diterimanya. Bulan bergerak mengelilingi bumi. Pergerakan ini mengakibatkan, penampakan bulan dari bumi berubah-ubah. Penampakan tersebut kadang terlihat sebagai bulan purnama, di waktu yang lain sebagai bulan sabit.

Bulan mempunyai gaya tarik ibarat bumi. Gaya tarik bumi dan bulan akan kuat terhadap pasang dan surut air maritim di bumi.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar.
1. Pernahkah kau melihat bulan purnama dan bulan sabit?

2. Adakah bentuk bulan lainnya yang pernah kau lihat? Bagaimana bentuk bulan tersebut?

Buatlah kalimat memakai kata-kata berikut.
  1. Gerhana. Gerhana yaitu insiden yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain.
  2. Bulan purnama. Bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15
  3. Bulan sabit. Bulan sabit adalah bentuk bulan yang melengkung ibarat sabit
  4. Cahaya matahari sangat berkhasiat bagi manusia
  5. Air laut. Air maritim mempunyai kadar garam yang tinggi
Cobalah amati bulan selama 1 bulan penuh. Catat dan gambarkan bentuk bulan yang kau amati. Kamu akan menerima citra aneka macam perubahan bentuk bulan.

Ayo Berlatih
Pernahkan kau mendengar istilah astronaut atau antariksawan? Astronaut atau antariksawan yaitu orang yang bekerja di pesawat antariksa atau luar angkasa. Seseorang pergi ke luar angkasa biasanya untuk melaksanakan penelitian wacana kondisi luar angkasa.

Astronaut pergi ke luar angkasa memakai pesawat ruang angkasa yang dilengkapi dengan roket pendorong.

Amati gambar pesawat ruang angkasa tersebut. Bangun ruang apa saja yang ada pada pesawat ruang angkasa tersebut? Sebutkan.

Dapatkah kau menciptakan gambar jaring-jaring dari berdiri ruang tersebut? Cobalah!

Siti dan Beni sedang mengamati beberapa jaring berdiri ruang. Berikut ini yaitu jaring-jaring berdiri ruang yang mereka amati.

Mereka sedang berpikir berdiri ruang apa sajakah yang sanggup terbentuk oleh jaring-jaring tersebut? Mari kita bantu Siti dan Beni memilih berdiri ruang yang sanggup terbentuk

Ayo Berlatih

Ayo Ceritakan
Semangat Menggapai Cita-Cita
Adakah di antara kau yang bercita-cita menjadi astronaut? Adakah di antara kau yang bercita-cita menjadi tenaga hebat dalam menciptakan pesawat luar angkasa?

Apapun keinginan kamu, berguru dan bekerja keras yaitu hal terpenting yang harus kau lakukan. Tuhan Maha Adil, orang-orang yang terus berguru dan bekerja keras sanggup berhasil. Ceritakanlah cita-citamu dan perilaku yang harus kau tunjukan biar cita-citamu sanggup tercapai.

Cita-citaku
Aku ingin sekali menjadi seorang astronot. Seorang astronot mempunyai kiprah yang sangat penting Ketika saya cukup umur nanti saya ingin sekali pergi keluar angkasa. Selain meneliti di luar angkasa, saya juga ingin melihat bintang dari jarak yang tidak terlalu jauh dan saya ingin mendarat di bulan.

 Aku ingin tahu berapa jumlah bintang di langit dan saya ingin melihat seluruh ruang angkasa dengan mata kepalaku sendiri, demi bintang saya ingin melihat ruang angkasa dan saya akan berusaha menggapai cita-citaku semampuku dan sekuatku.

Aku harus berguru dengan tekun biar kemampuanku sama ibarat para astronot. Rajin berguru yaitu salah satu kunci kesuksesan dan merupakan salah satu terbaik membahagiakan kedua orang tua..
Sedangkan rajin sekolah merupakan cara kita menghargai kerja keras dan usaha orang tua, dan juga wujud  dari kerajinan yang kita lakukan.

Berdasarkan tulisanmu, catatlah perilaku adil terhadap diri sendiri yang sudah kau lakukan.
  1. Ketika saya ingin menjadi astronot saya harus rajin belajat.
  2. Ketika saya ingin membahagiakan orang tuaku saya harus mencapai kesuksesan.
  3. Ketika saya ingin menghargai kerja keras orang renta saya harus rajin sekolah.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 1 Bumi Bab Dari Alam Semesta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel