Soal Penilaian Subtema 1 Tema 8 Kelas Iii

Bumi ialah planet daerah tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Pada siang hari kita sanggup mencicipi sinar matahari yang hangat. Pada malam hari kita bisa mengamati bintang dan bulan di langit. Semua itu ialah benda-benda langit.

Bumi daerah kita tinggal juga ialah benda langit. Semua benda langit bergerak dengan teratur. Mari kita pelajari lebih lanjut susunan benda-benda langit, juga mengenal bumi lebih bersahabat supaya kita sanggup mengetahui cara memelihara bumi. Memelihara bumi supaya senantiasa menjadi daerah tinggal yang nyaman bagi yang menempatinya.

Pada subtema 1 tema 8 kelas III akan mempelajari Bumi dan Alam Semesta, selain itu juga beberapa acara yang ada dalam subtema tersebut. Berikut ini bahan yang akan kita pelajari pada subtema 1 tema 8 kelas III Sekolah dasar.

No.Kegiatan PembelajaranKemampuan yang Dikembangkan
1.
  1. Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks
  2. Membuat laporan
  3. Menggambar dan menyusun gambargambar planet dalam sistem tata surya
  4. Membuat aneka macam bangkit datar melalui acara melipat dan menggunting
  5. Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangkit datar yang ditemui di lingkungan sekitar
  1. Membaca dan menjawab pertanyaan.
  2. Mengenal bulan.
  3. Membuat kalimat.
  4. Membuat bangkit ruang dari jaringjaring.
  5. Mencari pasangan antara jaring-jaring dan bangkit ruang.
  6. Menulis cita-cita.
2.
  1. Membaca dan menjawab sesuai teks.
  2. Mengidentifikasi teladan perilaku yang merupakan pengamalan sila ke lima Pancasila.
  3. Menulis pengalaman mengantri.
  4. Memberi tanggapan terhadap laporan.
  5. Bermain menirukan sistem tata surya.
  6. Mengamati gerak rotasi dan revolusi planet.
  1. Sikap :Santun, peduli, dan tanggung jawab
  2. Pengetahuan : Sikap yang sesuai dengan sila ke lima Pancasila dan gerak bumi
  3. Keterampilan :Menulis pengalaman, bermain menirukan gerak rotasi dan revolusi planet, dan memberi tanggapan
3.
  1. Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
  2. Menjelaskan aneka macam tekstur dan bentuk.
  3. Menceritakan aktifitas dalam teks narasi.
  1. Sikap : Santun, peduli, dan tanggung jawab
  2. Pengetahuan : Gerak bumi, kekerabatan antar bangkit datar, dan karya dengan teknik meronce.
  3. Keterampilan : Membuat laporan, memberikan laporan dan meronce
4.
  1. Membaca dan menjawab pertanyaan.
  2. Membuat agenda kegiatan.
  3. Membuat laporan.
  4. Mempraktekkan gerak melempar bola.
  5. Berdiskusi.
  1. Sikap ; Santun, peduli, dan tanggung jawab
  2. Pengetahuan : Agenda kegiatan
  3. Keterampilan ; Membuat laporan, memberikan laporan dan meronce
5.
  1. Membaca dan menjawab pertanyaan.
  2. Mengamati bab bumi.
  3. Membuat laporan.
  4. Mengenal bangkit ruang.
  5. Menggambar jaring-jaring sebuah bangkit ruang.
  6. Mengidentifikasi teladan perilaku adil.
  1. Sikap ; Santun, peduli, dan tanggung jawab
  2. Pengetahuan : Bagian bumi, bangkit ruang, perilaku adil
  3. Keterampilan : Menggambar jaring-jaring, menciptakan laporan
6.
  1. Membaca dan menjawab pertanyaan.
  2. Mengenal bulan.
  3. Membuat kalimat.
  4. Membuat bangkit ruang dari jaringjaring.
  5. Mencari pasangan antara jaring-jaring dan bangkit ruang.
  6. Menulis cita-cita.
  1. Sikap; Santun, peduli, dan tanggung jawab
  2. Pengetahuan; Bulan, jaring-jaring
  3. Keterampilan: Menulis cita-cita

Soal Evaluasi
1. Temukan nama-nama benda langit pada tabel berikut ini.

2. Buatlah kalimat memakai kata-kata di bawah ini.
  1. Planet. Planet –planet mengelilingi matahari dengan teratur.
  2. Matahari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan
  3. Bumi. Bumi ialah salah satu planet yang ada pada tata surya
  4. Bintang. Malam ini langit dipenuhi dengan cahaya bintang
  5. Cita-cita. Gantungkan cita-citamu setinggi langit
  6. Adil. Kita harus berbuat adil terhadap semua teman
3. Tuliskan perilaku yang pernah kau lakukan sebagai pengamalan sila kelima yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Contoh perilaku yang merupakan pengamalan sila kelima adalah,
  1. Berlaku adil terhadap semua teman, misalnya bermain dengan semua sahabat dan membagi makanan dengan adil.
  2. Berlaku adil terhadap diri sendiri, misalnya membagi waktu dengan adil sehingga tubuh diberi kesempatan bekerja dan beristirahat dengan seimbang.
  3. Berlaku adil terhadap orangtua, contonya mendengar hikmah orangtua dan menyediakan waktu untuk menyebarkan dongeng dengan orangtua.
4. Jaring-jaring
Manakah gambar berikut ini yang termasuk jaring-jaring kubus dan balok?

5. Edo, Dayu, Siti, dan Beni mendapat gambar planet yang berbeda dari guru kelas. Gambar planet yang diberikan ialah merkurius, venus, mars dan saturnus. Siti tidak mendapat gambar venus dan mars. Beni mendapat gambar merkurius. Dayu tidak mendapat venus. Siapa sajakah yang mendapat gambar mars?
Yang mendapat mars ialah Edo dan Dayu
6. Buatlah 3 pertanyaan dengan tanggapan “Planetarium”
a. Apa yang dimaksud dengan planetarium?
b. Apa saja benda yang sanggup kita lihat di planetarium?
c. Mengapa kita perlu mengunjungi planetarium
7. Perhatikan gambar berikut ini.

Temukan persamaan apa saja yang sanggup ditemui dari gambar tersebut.
Persamaan diantara gambar,
a. Ketiganya merupakan bangkit datar segitiga
b. Jumlah sisi sama yaitu 3
c. Memiliki 3 sudut
8. Perhatikan gambar berikut ini. Kelompokkan gambar berikut menurut persamaan yang dimiliki. Berapa banyak kelompok yang bisa kita buat

Kelompok yang bisa dibentuk menurut gambar,
a. Kelompok menurut bentuk bangkit datar
b. Kelompok menurut ukuran

0 Response to "Soal Penilaian Subtema 1 Tema 8 Kelas Iii"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel