Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Ketampakan Rupa Bumi

Amati gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini mengatakan bentuk permukaan bumi di dasar laut. Bentuk permukaan bumi di dasar maritim ternyata juga tidak rata. Di dasar maritim pun terdapat gunung laut, palung, dangkalan, punggung maritim dan lubuk laut.

Gunung maritim ialah sebuah gunung yang naik dari dasar maritim yang tidak hingga naik hingga permukaan laut, namun bukan sebuah pulau. Umumnya ditemukan terbentuk dari proses pembentukan gunung berapi. Gunung maritim kakinya berada di dasar laut, disebut juga gunung bawah laut. Salah satu referensi gunung lau ialah Gunung Karakatau di Selat Sunda dan gunung api di Banda

Palung daut ialah dasar maritim yang sangat dalam dan bentuknya memanjang sempit dan tebingnya curam, yang semakin ke dasar semakin dalam.

Dangkalan ialah dasar maritim yg dangkal dengan kedalaman yg kurang dari 200 meter.Contoh Dangkalan Sunda mencakup dasar maritim jawa, Selat karimata, dan selat Malaka. Dangkalan Sahul mencakup Laut ARafuru.

Punggung maritim ialah pegunungan yang berada di dasar laut, kadang kala puncaknya muncul di atas permukaan laut,

Lubuk maritim ialah dasar maritim yang dalamnya mencapai ribuan meter. Dasar lubuk maritim berbentuk cekung menyerupai jambangan.

Ayo Bertanya
Bacalah teks berikut.
Taman Nasional Raja Ampat
Raja Ampat, di Provinsi Papua Barat, ialah salah satu taman nasional dengan sejuta pesona. Lautnya yang jernih dengan ribuan ikan di terumbu karang sanggup dinikmati dari permukaan laut. Banyak orang memimpikan untuk sanggup pesiar ke taman nasional tersebut.

Keindahan pantai Raja Ampat juga disebabkan oleh pesona hutan bakaunya yang hijau lestari. Oleh pemerintah setempat Raja Ampat tidak akan dikembangkan sebagai pariwisata massal. Hal itu bertujuan, semoga daerah itu tetap terjaga kelestariannya.

Salah satu upayanya ialah melaksanakan pembatasan bagi kegiatan penyelaman di Raja Ampat. Dikhawatirkan suhu tubuh para penyelam sanggup merusak terumbu karang, sehingga kegiatan menyelam sekian banyak orang, dalam waktu bersamaan, tidak diizinkan. Selain itu sinar lampu kamera fotografer juga sanggup merusak terumbu karang.

Tidak sembarang turis sanggup berkunjung ke Raja Ampat. Mereka yang tiba harus mengatakan perilaku yang bertanggung jawab, untuk menjaga semoga terumbu karang tidak rusak. Saat ini Raja Ampat ialah nirwana keanekaragaman hayati maritim tropis terkaya di dunia.

Tuliskan kata gres yang kau temukan beserta artinya pada tabel berikut.
No.IstilahArti
1.Pesiarberkeliling kota dan sebagainya dengan kendaraan; berjalan-jalan; bertamasya; pelesir:
2.Massalmengikutsertakan atau melibatkan orang banyak
3.Fotografertukang potret; juru foto
4.Turispelancong; wisatawan;
5.Hayatimengenai hidup; bekerjasama dengan hidup
6.Tropismengenai daerah tropik (sekitar khatulistiwa):
Buat pertanyaan menurut teks yang sudah kau baca. Minta temanmu menjawab pertanyaan tersebut.
Pertanyaan 1 :
Di manakah letak Taman Nasional Raja Ampat?
Taman Nasional Raja Ampat terletak di Raja Ampat, di Provinsi Papua Barat
Pertanyaan 2 :
Bagaiman keadaan bawah maritim Raja Ampat?
Laut Raja Ampat jernih dengan ribuan ikan di terumbu karang sanggup dinikmati dari permukaan laut
Pertanyaan 3 :
Apa penyebab keindahan Laut Raja Ampat?
Keindahan pantai Raja Ampat juga disebabkan oleh pesona hutan bakaunya yang hijau lestari.
Pertanyaan 4 :
Apa tujuan Taman Nasional Raja Ampat tidak dikembangkan menjadi pariwisata massal? Taman Nasional Raja Ampat tidak dikembangkan menjadi pariwisata massal semoga daerah itu tetap terjaga kelestariannya
Pertanyaan 5 :
Apa saja yang sanggup merusak terumbu karang di Raja Ampat?
Hal-hal yang sanggup merusak terumbu karang Raja Ampat diantaranya ialah suhu tubuh para penyelam dan lampu kamera fotograper sanggup merusak terumbu karang,
Ayo Mengeluarkan Pendapat
Kemukakan pendapatmu untuk pernyataanpernyataan berikut ini.
Contoh:
Membuang sampah ke maritim akan merusak terumbu karang.
Pendapat saya:
Setuju, lantaran sampah sanggup membunuh hewan-hewan dan tumbuhan maritim termasuk terumbu karang.

1. Kita boleh membawa pulang terumbu karang untuk dijadikan suvenir.
Pendapat saya:
Setuju lantaran membawa terumbu karang ke rumah berarti merusak terumbu karang

2. Menutup tempat-tempat wisata akan sanggup membantu menjaga kelestarian lingkungan.
Pendapat saya:
Tidak oke lantaran menutup tempat wisata mengurangi pendapatan masyarakat sekitar.

Ayo Belajar
Wilayah Indonesia sangat luas dan kaya. Indonesia termasuk negara kepulauan yang paling luas di dunia. Kekayaan alamnya tidak hanya terdapat di daratan, tetapi juga di maritim dan perairan.

Semua orang boleh menggali kekayaan alam Indonesia, asalkan taat dengan peraturan yang berlaku. Itulah prinsip keadilan.

Setiap orang yang tinggal di wilayah Indonesia harus diperlakukan dengan adil. Kamu dan teman-teman juga mempunyai hak yang sama untuk mencar ilmu dan bersekolah, bukan? Keadilan sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-5. Ingatkah kau suara serta lambang sila ke-5 Pancasila?

Ayo Berdiskusi
Diskusikan gambar-gambar tersebut dengan teman-temanmu. Lalu tuliskan insiden apa yang kau amati pada gambar. Beri tanda centang () pada gambar yang mencerminkan nilai keadilan sesuai Pancasila sila ke-5.

Beri tanda silang (x) untuk gambar yang tidak sesuai dengan sila ke-5 Pancasila. Kemudian, tentukan apa sajakah ciri-ciri perilaku adil? Apa keuntungannya bersikap adil?
Banyak manfaat kalau kita berlaku Adil di kehidupan sehari-hari lantaran dengan perilaku adil maka kita akan :
- Hati terasa tenang
- Hidup rukun dan aman
- Di sukai banyak orang
- Meningkatkan disiplin
- Menimbulkan rasa sayang terhadap sesama
- Memiliki perilaku toleransi yang tinggi
- Sopan dalam tutur kata
Ciri-ciri Sikap Adil
  1. Bertindak bijaksana dalam tetapkan persoalan
  2. Tidak membeda-bedakan teman
  3. Bekerja keras dan pantang menyerah
  4. Belajar dengan tekun untuk meraih prestasi
  5. Suka tolong menolong dengan sesama
  6. Saling menyanyangi dan menyayangi dengan siapapun
Ayo Amati
Laut merupakan belahan terluas dari bumi. Di dalamnya terdapat majemuk kehidupan. Bintang maritim ialah salah satu jenis binatang air yang hidup di laut.

Bentuknya menyerupai bintang. Bentuk bintang laut, termasuk berdiri datar beraturan. Selain bintang laut, banyak sekali macam jenis ikan juga hidup di laut. Beberapa jenis ikan membentuk pola berdiri datar tidak beraturan. Kaki-kaki bintang maritim serta sirip ikan juga membentuk sudut.

Berapa jumlah sudut yang sanggup kau temukan pada binatang tersebut? Hitunglah jumlah sudut tumpul dan lancip yang kau temukan.

Ayo Cari Tahu
Coba temukan berdiri datar beraturan dan tidak beraturan yang ada di sekitarmu. Gambarkan bangun-bangun tersebut. Kamu juga sanggup menciptakan sendiri berdiri datar dari kertas. Kemudian, bandingkan besar semua sudut yang dimiliki oleh berdiri tersebut.

Ayo Berlatih
Gambar di bawah ini ialah beberapa bentuk berdiri datar beraturan dan tidak beraturan. Adakah sudut lancip, siku-siku dan tumpul yang kau temukan pada berdiri tersebut?

Bandingkanlah besar masing-masing sudut pada setiap bangun. Urutkan mulai sudut terbesar hingga sudut terkecil yang terdapat pada setiap bangun.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Ketampakan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel