Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi

Perubahan daratan yang disebabkan oleh bulan yaitu terjadinya pasang surut air laut. Pasang naik ialah naiknya permukaan air bahari di bumi akhir tertarik oleh gravitasi bulan. Pasang surut ialah turunnya permukaan air bahari akhir efek dari proses pasang naik di tempat yang lain.

Perubahan daratan yang disebabkan oleh angin . Selain menunjukkan manfaat pada manusia, angin juga mempunyai efek besar dalam perubahan kenampakan pada bumi. Angin sanggup mengikis batuan dan permukaan bumi.  Angin juga besar lengan berkuasa terhadap besar atau kecilnya gelombang laut. Selain itu, kekuatan angin yang sangat besar sanggup merusak ling kungan, menyerupai angin puting beliung.

Perubahan daratan yang disebabkan oleh hujan Hujan sanggup mengubah kenampakan pada permukaan bumi. Perubahan kenampakan bumi yang sanggup dilihat secara pribadi ialah permukaan bumi yang asalnya kering akan menjadi berair kalau terkena hujan.

Perubahan daratan yang disebabkan oleh gelombang air bahari Gelombang air bahari sanggup mengubah kenampakan permukaan bumi, terutama di tempat pesisir pantai. Gelombang bahari sanggup mengikis batuan dan daratan di tepi pantai.

Perubahan daratan yang disebabkan oleh peristiwa alam. Bencana alam menyerupai gunung meletus, gempa bumi, dan badai. Ketiga pola musibah tersebut berdampak kerusakan lingkungan. Dengan kekuatan yang sangat besar, dalam beberapa menit, permukaan bumi akan berubah.

Simpulkan ihwal penyebab perubahan muka bumi yang sudah kau pelajari. Tuliskan kesimpulan dengan melengkapi skema berikut Tulis dengan kalimatmu sendiri.

Ayo Ceritakan
Setiap kita punya hak dan kewajiban untuk menjaga alam dan lingkungan. Tujuannya supaya bumi kita tetap menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Hal–hal apa saja yang sanggup kau lakukan untuk menjaga bumimu?

Ayo menciptakan “buku bumi” untuk mengingatkan kita supaya selalu menjaga alam dan lingkungan. Perhatikan gambar di bawah. Lengkapilah penggalan yang kosong dengan kalimatmu sendiri. Gunting dan satukan sehingga menjadi sebuah buku. Kamu sanggup menyatukannya dengan tali atau pita.






Ayo Ceritakan
Sekarang ceritakan buku bumi kepada sobat atau gurumu. Sampaikan hasil pengamatanmu terhadap diri sendiri dan orang sekitarmu dalam menjaga lingkungan. Apakah kau sudah melaksanakan kewajibanmu untuk menjaga lingkungan? Apa saja yang sudah kau lalukan? Hak apa yang akan kau peroleh kalau kau menjaga lingkungan? Mari melaksanakan kebaikan untuk menjaga bumi titipan Tuhan.

Kewajiban dan Hak Kita Terhadap Lingkungan
Beberapa kewajiban kita untuk menjaga kelestarian lingkungan antara lain sebagai berikut :
  1. Membersihkan lingkungan dari sampah. Sampah yang awut-awutan harus dibersihkan supaya lingkungan menjadi sehat.
  2. Melestarikan lingkungan sanggup dilakukan dengan melaksanakan reboisasi atau penanaman hutan kembali. Dengan reboisasi atau penanaman hutan kembali sanggup memperbaiki lapisan ozon yang mulai menipis lantaran pencemaran udara atau polusi.
  3. Menjaga kelestarian lingkungan sanggup dilakukan dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan kita sanggup mengurangi pencemaran udara atau polusi. Contoh kendaraan ramah lingkungan ialah kendaraan beroda empat listrik dan kendaraan beroda empat tenaga surya.
  4. Memelihara lingkungan sanggup dilakukan dengan cara membangun gedung ramah lingkungan, buatlah gedung dengan pendekatan lingkungan. Gedung yang dibangun dengan pendekatan lingkungan disebut gedung hijau. Gedung itu biasanya menggunakan beling sebagai tembok dan ketika siang hari menggunakan Matahari sebagai lampu.
  5. Mengurangi penyebab polusi sanggup dilakukan dngan cara menggunakan energi alternatif. Energi alternatif ialah sebuah Energi yang Ramah lingkungan dan tidak pernah habis. Contoh energi alternatif ialah air, angin, dan panas matahari.
  6. Memperindah lingkungan sanggup dilakukan dengan cara menanam tumbuhan tanaman bunga dan tumbuhan hijau. Tanaman hijau ialah tumbuhan yang sangat penting untuk membantu insan mendapat oksigen yang baik. Dengan oksigen yang cukup, masyarakat akan sanggup menjalankan kehidupan dan kegiatannya dengan lebih baik dan nyaman lagi.

Setelah semua kewajiban kita terhadap lingkungan dipenuhi, kita sanggup memperoleh hak kita dari lingkungan. Hak kita terhadap lingkungan antara lain sebagai berikut.
  1. Menikmati lingkungan segar. Dengan lingkungan yang segar hidup kita menjadi sehat dan nyaman. Dengan hidup yang sehat dan nyaman semua kegiatan sanggup dilaksanakan dengan baik. Udara untuk keperluan pernapasan lantaran tidak ada insan yang sanggup bertahan hidup tanpa adanya sumbangan udara.
  2. Memperoleh air sehat dan higienis yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan sawah, dan pembangkit tenaga listrik.
  3. Memperoleh apa yang kita butuhkan. Tumbuhan dan binatang untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati. Selain itu tumbuhan dan binatang juga sanggup di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan. Di tempat tertentu, sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
  4. Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan banyak sekali prasarana dalam mendukung kehidupan manusia, contohnya untuk menciptakan tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan pertokoan. Pemanfaatan lahan tersebut tentunya dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
  5. Bebas dari pencemaran lingkungan. Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bebas dari pencemaran. Dengan lingkungan yang sehat penghuni lingkungan juga sehat dan terbebas dari banyak sekali macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tercemar.

Ayo Berlatih
Sekarang selesaikan soal dongeng berikut.
1. Di sekolah Dayu ada kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan. Proyek tersebut akan dilaksanakan selama 6 hari. Jika dalam sehari ada 7 pohon ditanam untuk penghijauan. Berapakah jumlah pohon yang ditanam selama 6 hari.
7 x 6 = 42 pohon

2. Dalam rangka aktivitas air bersih, pak RT membagikan air higienis untuk minum kepada warganya. Setiap keluarga memperoleh 5 liter air. Jika cadangan air higienis di rumah Pak RT ialah 45 liter, berapa keluarga yang akan memperoleh air tersebut?
5 x  ---- = 45, .....= 45 : 9 = 5

3. Gunung Anak Krakatau bertambah tinggi sekitar 4m pertahun. Berapakah penambahan tinggi gunung tersebut sesudah 10 tahun?
4 x 10 = 40 m

4. Para petani garam sanggup menciptakan 3gr garam dari setiap baskom air laut. Berapa gram garam yang dihasilkan dari 9 baskom air?
3 x 9 = 27 gram

5. Berat sampah rata-rata yang dihasilkan sebuah keluarga setiap hari ialah 7 kg. Berapakah berat sampah rata-rata yang dihasilkan oleh keluarga tersebut selama 9 hari?
7 x 9 = 63 kg.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel