Pecahan Senilai Dan Menyederhanakan Pecahan

Pecahan yang dipelajari di sekolah dasar merupakan bab dari bilangan rasional yang sanggup ditulis dalam bentu a/b dengan a dan b merupakan bilangan lingkaran dab b tidak sama dengan 0. Secara simbolik potongan sanggup dinyatakan sebagai salah satu dari potongan biasa, potongan desimal, potongan persen dan potongan campuran. Pecahan biasa yakni lambang bilangan yang dipergunakan untuk melambangkan bilangan pecah dan rasio (perbandingan).

1. Menulis Nama Lain Suatu Pecahan (Pecahan Senilai)
Pecahan senilai yakni potongan yang mempunyai nilai sama dengan potongan lain. Cara mencari atau memilih potongan yang senilai sanggup dilakukan dengan mengalikan dan/atau membagi dengan bilangan yang sama. Cara memilih potongan senilai sebagai berikut.
1. Mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
1=1 x 3=3
33 x 36
2. Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
6=6 : 3=2
99 : 33
Cara paling mudah mencari potongan senilai pada bilangan potongan yakni memakai tabel perkalian 1-100 sebagai tabel potongan senilai. Walaupun demikian, bagi akseptor didik, khususnya siswa SD/MI tetap harus mempelajari konsep mencari potongan senilai sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sehingga para siswa sanggup paham ihwal potongan senilai lewat proses pembelajaran yang benar dengan bimbingan gurunya. Tabel perkalian yang difungsikan sebagai tabel potongan senilai ini hanyalah untuk mempermudah pencarian potongan senilai.

Menggunakan Garis Bilangan
Untuk memilih letak potongan pada garis bilangan, caranya hampir sama ibarat cara memilih letak bilangan lingkaran pada garis bilangan. Akan tetapi, bilangan potongan terletak di antara dua bilangan lingkaran pada garis bilangan.

Pecahan senilai sanggup dipakai untuk menyebut nama lain dari suatu pecahan.
Contoh Soal

2. Menyederhanakan Pecahan
Menyederhanakan potongan intinya yakni mencari potongan senilai yang paling sederhana. Caranya yaitu dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama hingga tidak sanggup dibagi lagi.

Menyederhanakan potongan lebih cepat dengan memanfaatkan FPB dari pembilang dan penyebutnya. Perhatikan rujukan berikut biar lebih paham.

Soal Latihan

Demikian goresan pena mengenai menyederhanakan potongan serta potongan senilai.

0 Response to "Pecahan Senilai Dan Menyederhanakan Pecahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel