Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 2 Perubahan Energi

Energi gerak diperlukan dikala kita melaksanakan latihan senam. Energi gerak yang kita lakukan bergotong-royong berasal dari energi kimia yang berasal dari makanan yang kita makan. Makanan diubah menjadi energi panas melalui proses pencernaan.

Untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan kita perlu berolahraga. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam ialah salah satu referensi olahraga yang menyehatkan. Salah satu gerakan senam ialah gerak melompat sambil berputar kemudian mendarat. Perhatikan gambar berikut ini.

Lompat Memutar Badan
Gerakan melompat berputar gerak dasarnya sama dengan melompat biasa. Tetapi bedanya posisi tubuh saja yang berbalik pada waktu jatuh kembali ke tanah. Hal itu disebabkan lantaran ketika berada di udara terdapat gerakan memutar badan. Supaya kau sanggup memahami gerakan tersebut, pelajarilah gerakan sebagai berikut:
  1. Badan berdiri tegak,
  2. Kepalkan kedua tangan dan simpan di pinggang
  3. Setelah terdengar isyarat tolakkan kaki sampai tubuh terangkat ke atas
  4. Ketika tubuh mulai terangkat , putarlah tubuh ke kiri atau ke kanan
  5. Pendaratan bertumpu pada kek dua kaki
  6. Lakukan dengan hati-hati
  7. Gambar melompat berputar
Berlatihlah gerakan melompat sambil berputar ke kiri atau ke kanan kemudian mendarat. Tunjukkan keberanian dan rasa percaya dirimu. Perhatikan petunjuk melaksanakan gerakan melompat sambil berputar dan mendarat pada halaman sebelumnya.

Selesai latihan, jangan lupa untuk melaksanakan pendinginan. Setelah berolahraga kita akan merasa lelah. Istirahatlah sejenak dan minumlah air putih untuk menyegarkan kembali tubuhmu.

Ayo Amati
Kita sudah mempelajari bahwa energi gerak yang kita miliki berasal dari energi panas yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan yang kita makan. Itulah sebabnya salah satu cara untuk menghilangkan rasa kedinginan ialah dengan makan. Energi panas berkembang menjadi sumber energi gerak. Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi terjadi pada peralatan-peralatan yang kita gunakan sehari-hari.

  1. Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Misalnya pada setrika listrik. Saat kabel setrika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berkembang menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik, penanak nasi listrik (rice cooker), dan pemanas listrik lainnya.
  2. Perubahan energi listrik menjadi gerak. Perubahan energi lainnya ialah perubahan energi listrik menjadi gerak. Saat memakai peralatan-peralatan tersebut terjadi perubahan energi listrik menjadi gerak.
  3. Perubahan energi kimia menjadi panas. Contoh perubahan energi lainnya ialah perubahan energi kimia menjadi panas. Misalnya pada kompor minyak tanah. Sebelum dipakai kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Lalu minyak dinyalakan dengan api. Maka timbullah panas. Dengan energi panas itu kita sanggup memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain.
  4. Perubahan energi gerak menjadi bunyi. Perubahan energi gerak menjadi suara misalnya ialah dikala seseorang memainkan alat musik. Seorang pemain drum memakai energi geraknya untuk membunyikan drum. Atau pemain gitar menggerakkan jari-jarinya untuk menekan dan memetik senar gitar semoga mengeluarkan bunyi.
Ayo Ceritakan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Apa perubahan energi yang terjadi pada tubuh kita? Jelaskan!
Perubahan energi yang terjadi pada tubuh kita ialah perubahan energi kima menjadi energi gerak. Energi kimia yang ada dalam makanan dipakai sebagai sumber tenaga sehingga kita sanggup bergerak melaksanakan kegiatan sehari-hari.

2. Jelaskan referensi perubahan energi listrik menjadi energi panas!
Perubahan energi listrik menjadi energi panas sanggup kita amati pada kompor listrik, penanak nasi listrik (rice cooker), dan pemanas listrik lainnya.

3. Perubahan energi apa yang terjadi dikala kita menyalakan kipas angin?
Pada dikala kita menyalakan kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Kipas angin yang tadianya membisu sesudah dialiri listrik akan bergerak.

4. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi?
Perubahan energi yang terjadi pada dikala memainkan rebana ialah perubahan energi gerak menjadi energi bunyi. Gerakan tangan memukul rebana menghasilkan bunyi.

5. Berikan referensi perubahan energi kimia menjadi gerak!
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak ialah pada dikala kita melaksanakan olahraga. Energi kimia yang ada pada makanan diolah oleh tubuh menjadi tenaga yang kita gunakan untuk berolahraga.

Ayo Pikirkan
Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih-sayangNya kita semua sanggup hidup. Energi ialah salah satu nikmat dari Tuhan yang sangat mempunyai kegunaan bagi kita. Karena itu, kita harus memakai energi yang dianugerahkan oleh Tuhan.

Sesuatu yang diciptakan Tuhan ialah sesuatu yang baik dan berguna. Berguna buat diri sendiri, juga orang lain. Tahukah kamu, di sekitar kita banyak orang-orang yang memakai energinya untuk hal yang baik dan mempunyai kegunaan bagi masyarakat. Mereka bekerja buat kepentingan orang banyak. Mereka berkarya untuk membantu orang banyak. Berikut ini beberapa contohnya.
  1. Guru memakai energinya untuk mengajar, demi mencerdaskan murid-muridnya. Guru berharap kelak murid-muridnya akan menjadi orang yang berhasil dan bermanfaat bagi orang lain.
  2. Petani menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energi tubuhnya dipakai untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat beliau tetap bekerja. Berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk makan sehari-hari.
  3. Para penemu ialah referensi orang-orang yang membuat sesuatu untuk orang banyak. Misalnya penemu telepon, penemu radio, penemu televisi, penemu pesawat, dan penemu-penemu lainnya. Karena jasanya itu mereka mendapat penghargaan. Mereka semua ialah orang-orang yang besar jasanya bagi masyarakat. Kita patut menghargai jasa-jasa mereka.
  4. Dalam hal penyediaan dan penyaluran energi berbagai orang-orang yang telah berjasa pada kita. Contohnya, mereka yang bekerja di pusatpusat pembangkit listrik dan penyaluran energi listrik, juga yang bekerja di pertambangan minyak bumi dan kerikil bara. Di antara mereka bahkan ada yang harus bekerja di malam hari, di dikala orang lain sedang tidur.
Ayo Menulis
Tulislah ucapan terima kasihmu kepada masing-masing dari mereka. Jelaskanlah dalam ucapanmu itu alasan mengapa kau menganggap mereka berjasa padamu.

Menghargai jasa dan karya orang lain ialah perilaku yang terpuji. Sikap tersebut sesuai dengan Pancasila, yaitu sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 2 Perubahan Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel