Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif

Energi keuntungannya gres akan sanggup terlihat apabila energi tersebut mengalami suatu perubahan bentuk dari energi satu ke dalam energi yang lainya. Contoh perubahan energi itu antara lain: Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas contohnya setrika listrik dan solder listrik. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi bunyi contohnya radio dan tape. Perubahan dari energi listrik menjadi energi menjadi energi cahaya contohnya lampu.

Sementara itu perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan bunyi contohnya pada televisi. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak contohnya terdapat pada kipas angin. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi panas yaitu pada pengering rambut (hair dryer) dan penanak nasi (rice cooker).

Contoh perubahan energi yang lainnya yaitu perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik contohnya pada aki dan baterai. Perubahan dari energi cahaya menjadi energi kimia contohnya pada ketika proses fotosintesis. Perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik contohnya terdapat pada dynamo sepeda. Perubahan dari energi potensial menjadi energi listrik terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Kamu sudah banyak membaca wacana energi dan perubahannya. Kamu sudah mengenal kata-kata yang berafiliasi dengan energi dan perubahannya. Carilah 10 kata tersembunyi pada tabel karakter berikut ini.

Sekarang buatlah kalimat dari kata-kata yang sudah kau pelajari. Setiap kalimat paling sedikit terdiri dari 4 kata.
1. energi
Energi matahari ketika penting untuk kehidupan manusia.
2. alternatif
Energi alternatif sangat berkhasiat sebagai pengganti energi fosil.
3. lingkungan
Lingkungan yang sehat sangat diharapkan masyarakat
4. air
Air yang di butuhkan ketika ini yaitu air yang bersih.
5. kelestarian
Kelestarian lingkungan harus dijaga
6. listrik
Matikan listrik kalau tidak digunakan
7. waduk
Waduk Jatiluhur terletak di Jawa Barat
8. matahari
Matahari terbit di sebelah timur
9. kincir air

10. kincir angin
Belanda di kenal dengan negara kincir angin 
Energi diharapkan untuk melaksanakan bermacammacam kegiatan. Salah satu rujukan yaitu acara menari. Ketika menari kita melaksanakan gerakan-gerakan. Namun gerakan tari berbeda dengan gerak biasa. Gerak tari itu teratur dan mengikuti irama tertentu. Ada gerakan yang lemah gemulai.

Ada gerakan yang berpengaruh dan lincah. Contoh tarian yang gerakannya lemah gemulai yaitu Serimpi dan Bedoyo menyerupai gambar di bawah ini. Contoh tarian yang gerakannya berpengaruh dan lincah yaitu Tari Saman dari Aceh Tari Piring dari Sumatera Barat.

Ayo Lakukan
Nah, kini lakukan latihan gerak lemah dan berpengaruh dengan diiringi lagu. Untuk latihan gerakan lemah sanggup kita gunakan lagu Desaku untuk mengiringi. Untuk latihan gerakan berpengaruh sanggup kita gunakan lagu yang temponya cepat menyerupai lagu Cing Gemerincing yang sudah kau pelajari di kelas 1.

Lagu Cing-cing Gemerincing

Ayo Amati
Tarian yaitu bab dari budaya daerah. Indonesia kaya akan tarian tempat alasannya yaitu Indonesia mempunyai beraneka suku bangsa, bahasa, dan moral istiadat. Meski berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan moral istiadat kita tetap harus menjaga rasa persatuan.

Di satu sekolah sanggup jadi murid-muridnya berasal dari banyak sekali suku. Mungkin ada Suku Jawa, Suku Minang, Suku Ambon, Suku Sunda, dan lain-lain. Kita sanggup mengetahui data keragaman suku di suatu tempat dengan melihat diagram lingkaran. Apa itu diagram lingkaran? Perhatikan gambar berikut ini!

Dengan memperhatikan diagram di bawah ini jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Ada berapa jenis suku bangsa yang ada di SD Nusantara?
8 (Suku Minang, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Ambon, Suku Betawi, Suku Madura, Suku Jawa Tengah
2. Suku manakah yang paling banyak ada di SD Nusantara?
Suku Betawi
3. Suku manakah yang paling sedikit ada di SD Nusantara?
Suku Ambon
4. Ada di urutan ke berapakah jumlah murid yang berasal dari Suku Sunda?
Urutan Kedua
5. Suku manakah yang berada di urutan ketiga terbanyak?
Suku Jawa Tengah

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel