Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif

Saat bermain dengan teman, kita mengeluarkan energi. Besar kecilnya energi yang kita gunakan memilih kekuatan kita, begitu pula dalam melaksanakan acara olahraga.

Ayo Lakukan
Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Setelah pemanasan lakukan gerakan
mirip yang terlihat pada gambar di bawah ini. Ikuti petunjuk gurumu!

Beberapa teknik senam lantai roll depan dan roll belakang memang harus anda ketahui sehingga anda sanggup melaksanakan gerakan ini dengan benar. Kesalahan dalam melaksanakan gerakan sanggup juga menyebabkan munculnya cidera baik itu cidera ringan hingga berat dan untuk itu sebelum anda melaksanakan gerakan senam lantai roll depan dan juga roll belakang ada baiknya kalau anda menyimak uraian berikut ini.

1. Teknik senam lantai roll depan

  1. Gerakan senam lantai roll depan sanggup anda awali dengan sikap jongkok dengan kedua tangan menumpu pada matras selebar bahu
  2. Kedua kaki anda luruskan, siku ditekuk, kepala dilipat hingga dagu menyentuh dada
  3. Lakukan gerakan menggulingkan tubuh ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan kedua kaki anda dilipat rapat pada dada
  4. Kedua tangan melemaskan referensi dari matras, pegang mata kaki dan kemudian berusaha bangun
  5. Sikap final dari roll depan yaitu tubuh berdiri mirip semula
Apabila anda akan melaksanakan senam lantai roll depan, pastikan anda mengetahui detail gerakan yang anda lakukan sehingga tidak akan membahayakan diri anda sendiri.

2. Teknik senam lantai roll belakang

  1. Posisikan tubuh anda berdiri tegak dengan tangan lurus ke atas membentuk aksara V
  2. Tekuk lutut hingga jongkok atau setengah jongkok dan tangan lurus ke depan
  3. Gulingkan tubuh dengan kaki lurus dan ketika mendaratkan kaki di jatuhkan jauh di atas kepala
  4. Kembali ke posisi semula yaitu berdiri tegak
Ayo Pikirkan
Alam yang kita tempati ini milik bersama, bukan milik kita sendiri. Matahari yaitu milik bersama. Air milik bersama. Udara milik bersama. Tanah pun milik bersama. Meskipun kita tinggal di tempat-tempat yang berbeda.

Negara kita sanggup berbeda-beda. Suku kita sanggup berbeda-beda. Tempat kelahiran kita berbedabeda. Namun bumi kita satu. Kita hidup di bumi yang sama. Oleh sebab itu kita harus gotong royong menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi kita ini.

Jagalah air kita. Janganlah mencemarinya. Jagalah udara kita. Janganlah kita melaksanakan perbuatan yang sanggup menyebabkan polusi udara. Jagalah tanah kita semoga tetap subur. Agar tumbuhtumbuhan mendapatkan masakan yang cukup dari tanah. Jika sumber-sumber energi itu terkontaminasi maka akhirnya akan kita rasakan bersama.

Sikap kebersamaan juga harus kita tunjukkan ketika memanfaatkan energi. Hematlah dalam memakai energi, terutama materi bakar minyak. Karena materi bakar minyak tidak sanggup diperbarui. Rasa kebersamaan akan menumbuhkan rasa persatuan. Meskipun kita berasal dari daerah, suku, atau adat-istiadat yang berbeda.

Dengan rasa persatuan kita akan saling mendukung dan menyemangati. Saling mendukung dan menyemangati akan membawa perdamaian. Menunjukkan sikap kebersamaan yaitu pola pengamalan Pancasila, yaitu Sila Persatuan Indonesia. Sila Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin.

Pohon beringin diibaratkan sebagai sebuah payung yang memayungi semua orang yang berteduh di bawahnya. Akarnya yang besar lengan berkuasa melambangkan kuatnya rasa persatuan bangsa Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini dalam kelompok!
1. Mengapa kita harus mempunyai rasa kebersamaan?
Rasa kebersamaan akan menumbuhkan rasa persatuan. Meskipun kita berasal dari daerah, suku, atau adat-istiadat yang berbeda.
2. Apa saja pola sikap yang menunjukkan rasa kebersamaan?
Contoh sikap menandakan kebersamaan ditunjukan dengan menghemat penggunaan materi bakar minyak sebab materi bakar minyak tidak sanggup diperbarui. Energi dimanfaatkan oleh banyak orang.
3. Bagaimana cara memelihara kebersamaan dengan temanmu di sekolah?
Berusaha menjaga bicara sebab tidak semua orang sanggup mendapatkan apa yang kita sampaikan, jangan suka mencari kelemahan teman, tetap selalu ada apa bila sobat dalam kesusahan, dan rendah hati
4. Apa saja pola kebersamaan dalam menjaga kelestarian energi?
Contoh sikap kebersamaan dalam menjaga kelestraian energi diantaranya yaitu mengunakannya dengan hemat, tidak merusak sumber enegi, melestarikan sumber energi, dan ikut menjaganya dari orang yang ingin merusak sumber energi tersebut.
5. Apa manfaat memelihara rasa kebersamaan?
Dengan rasa persatuan kita akan saling mendukung dan menyemangati. Saling mendukung dan menyemangati akan membawa perdamaian.
Nah, kini berilah tanda centang (√) pada sikap yang menunjukkan rasa persatuan dan kebersamaan.

Kebersamaan akan membawa persatuan dan kesatuan bangsa. Semangat kebersamaan diharapkan oleh semua orang, dari yang muda hingga yang tua. Entah dengan keluarga, persaudaraan, persahabatan atau pun dengan pasangan. Kebersamaan menjadi suatu hal penting dalam membina sebuah hubungan. Jelas kita tak pernah sanggup benar-benar hidup sendiri dalam kehidupan ini. Kita tidak sanggup menjadi insan yang egois, yang merasa sanggup melaksanakan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang lain.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel