Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi

Bacalah teks di bawah dengan bunyi nyaring.
Pasang Naik dan Pasang Surut

Pernahkah kau mengamati ombak bergulung-gulung menuju pantai terus-menerus tiada henti? Kemudian, jikalau kita berjalan-jalan di pantai, kita akan menemukan perubahan tinggi rendah garis pantai atau batas air maritim di pasir pantai. Perubahan ini terjadi alasannya yakni pasang naik dan pasang surut air laut. Pasang naik yakni dikala air maritim naik ke daratan sehingga cuilan pantai yang terendam air lebih lebar. Jika air maritim turun dan cuilan pantai yang terendam air maritim sedikit, tanda-tanda ini disebut pasang surut. Tahukah kau kapan terjadi pasang naik dan surut? Pasang naik dan pasang surut air maritim terjadi alasannya yakni gaya tarik bulan terhadap bumi.

Pantai yang landai sanggup terjadi alasannya yakni kerikil karang di pantai terus menerus terkikis oleh hantaman ombak. Batu karang perlahan-lahan hancur menjadi butiran pasir yang halus. Pantai yang curam dengan kerikil karang yang terjal juga terjadi alasannya yakni hempasan gelombang air maritim yang sangat kuat. Gelombang air maritim yang sangat berpengaruh tersebut mengikis kerikil karang selama beribu-ribu tahun. Pada pantai menyerupai ini terdapat kerikil karang yang membentuk gua-gua.

Pengikisan daratan oleh gelombang dan pasang surut air maritim mengakibatkan perubahan pada permukaan bumi. Peristiwa ini dikenal dengan abrasi. Peristiwa pengikisan mengakibatkan terbentuknya pantai-pantai yang sangat indah.

Abrasi dan pasang naik air maritim juga sanggup mengakibatkan masalah, yaitu air maritim hingga ke daratan dan pemukiman penduduk. Pencegahan pengikisan di pantai yakni dengan pelestarian hutan bakau di sepanjang pantai. Keberadaan hutan bakau akan menghambat pengikisan oleh gelombang laut.

Ayo Bertanya
Buatlah pertanyaan menurut teks yang kau baca. Gunakan kata tanya “apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan di mana.”
  1. Apa yang mengakibatkan pantai menjadi landai? Pantai yang landai sanggup terjadi alasannya yakni kerikil karang di pantai terus menerus terkikis oleh hantaman ombak.
  2. Mengapa pengikisan dan pasang naik air maritim mengakibatkan masalah? Abrasi dan pasang naik air maritim jmenimbulkan masalah, yaitu air maritim hingga ke daratan dan pemukiman penduduk.
  3. Bagaimana cara mencegah pengikisan laut? Pencegahan pengikisan di pantai yakni dengan pelestarian hutan bakau di sepanjang pantai. Keberadaan hutan bakau akan menghambat pengikisan oleh gelombang laut.
  4. Kapan terjadinya pasang naik? Pasang naik terjadi dikala air maritim naik ke daratan sehingga cuilan pantai yang terendam air lebih lebar.
  5. Di mana kita sanggup mengamati ombak bergulung-gulung? Ombak bergulung-gulung menuju pantai.
Ayo Bertanya
Pasang surut air maritim dipengaruhi oleh gaya tarik menarik bumi dan bulan. Amatilah dan gambarkan fase perubahan bentuk bulan yang terjadi. Lalu, kau sanggup menciptakan banyak sekali bentuk fase bulan dari anyaman.

Pertama, mari menciptakan anyaman dari dua lembar kertas warna. Iris-iris kertas warna memanjang menyerupai contoh. Minta derma guru atau orang sampaumur jikalau kau kesulitan. Anyamlah potongan kertas tersebut dengan warna selang-seling hingga membentuk pola.

Kemudian tempelkan anyamanmu pada karton yang sudah dilubangi berbentuk fase bulan. Kamu sanggup menciptakan banyak sekali macam pola dan bentuk yang lain. Ikuti langkah-langkah berikut. Minta derma guru jikalau kau membutuhkan.

  1. Pertama potonglah dua lembar kertas warna membentuk lembaran-lembaran panjang.
  2. Buatlah anyaman dengan pola menyerupai contoh
  3. Tempelkan anyamanmu pada kertas karton
  4. Lubangi karton lainnya dengan pola membentuk bulan sabit.
  5. Tempelkan karton yang sudah di lubangi pada cuilan atas anyamanmu.
  6. Anyamanmu siap di pajang.

Menganyam
Menganyam yakni acara mengatur bilah atau lembaran-lembaran secara tindih menindih dan silang-menyilang. Bahan menganyam antara lain bambu, daun kelapa, daun pandan, kertas,
rotan, kulit binatang, dan kulit sintetis.

Mutu karya kerajinan sanggup dinilai menurut keindahan, kekuatan, dan kesesuaian antara materi dan fungsi benda. Bahan yang sempurna untuk menciptakan anyaman selongsong ketupat yaitu daun
kelapa, daun lontar, dan daun pandan.

Untuk menciptakan bakul dan keranjang sanggup dipilih materi bambu, alasannya yakni selain berpengaruh bambu juga gampang dibentuk. Bambu bersifat lunak, gampang dihaluskan dengan pisau atau ampelas.

Anyaman dari materi kertas hanya sesuai untuk menciptakan benda hias/ pajangan, seperti: hiasan dinding, hiasan pigura, dan hiasan benda-benda kerajinan menyerupai daerah pensil atau sampul buku.

Ayo Berlatih
Saat gelombang pasang naik, air maritim membawa serta banyak sekali jenis binatang maritim ke pantai. Saat pasang surut kita sanggup menemukan banyak sekali jenis dan bentuk kerang. Lani bahagia mengoleksi banyak sekali macam bentuk kerang untuk dijadikan hiasan.

Gambar di bawah yakni kerang-kerang yang berhasil dikumpulkan Lani. Ia mengelompokkan kerang menurut bentuknya yang unik. Hitunglah jumlah kerang yang berhasil dikumpulkan
Lani.

Coba lakukan untuk perkalian yang lain. Sekarang lengkapilah susunan bilangan berikut.

Fase bulan yakni bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jikalau dilihat dari bumi. Fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari jikalau dilihat dari bumi. Fase bulan disebut juga aspek bulan.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel