Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi

Angin merupakan salah satu sumber energi di alam. Angin sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Angin juga sanggup memengaruhi gerakan aneka macam macam benda. Angin yang bertiup kencang sanggup menjadikan perubahan pada bentuk muka bumi. Bacalah teks wacana efek angin berikut. Sebelumnya, lengkapi potongan yang bertitik-titik dengan kata-kata yang tersedia.

Perubahan oleh Angin
Angin ialah salah satu ... (energi) yang ada di bumi. Angin terjadi lantaran adanya perbedaan ...(tekanan) udara. Angin mempunyai banyak manfaat bagi manusia, antara lain untuk menggerakan ...(kincir) sebagai penghasil ...(listrik) dan menggerakkan ...(perahu) layar nelayan.

Selain mempunyai banyak manfaat, angin juga mempunyai efek besar dalam perubahan ketampakan pada rupa bumi. Angin sanggup mengikis ... (batuan) dan permukaan bumi. Angin di kawasan padang pasir akan membawa atau menyeret ... (pasir) sesuai arah angin, akhirnya sanggup terjadi ... (topan) di gurun pasir. Gurun-gurun yang membentuk bukit sanggup berubah bentuk lantaran tiupan angin tersebut. Selain itu, kekuatan angin yang besar menyerupai angin ... (topan) dan angin puting beliung sanggup mengakibatkan ... (kerusakan( di tempat yang dilaluinya.

Ayo Berlatih
Susunlah kata-kata berikut sehingga menjadi kalimat yang benar.
1. listrik – menjadi – energi – angin – sumber – dapat
Angin sanggup menjadi sumber energi listrik
2. lantaran – desa – rusak – angin kencang – angin – itu – parah
Desa itu rusak parah lantaran angin topan
3. angin – juga – negeri – Belanda – kincir – disebut
Belanda juga disebut negeri kincir angin
4. sanggup – angin – pasir – mengikis – batuan – dan
Angin sanggup mengikis batuan dan pasir
Ayo Lakukan
Gerakan angin juga sanggup memengaruhi gerakan benda-benda lain di alam. Gerakan yang dipengaruhi itu diantaranya gerakan pepohonan, perahu, baling-baling, kincir angin, dan juga pesawat terbang.

Mari menirukan gerakan benda-benda di alam yang terpengaruh oleh gerakan angin. Gerak baling-baling sanggup dilakukan dengan melompat sambil berputar. Kamu sanggup mengangkat atau merentangkan kedua tanganmu. Cobalah melompat sambil berputar sejauh yang kau mampu. Kemudian, mendaratlah dengan kedua kakimu dengan posisi berdiri.

Lompat Memutar Badan
Gerakan melompat berputar gerak dasarnya sama dengan melompat biasa. Tetapi bedanya posisi tubuh saja yang berbalik pada waktu jatuh kembali ke tanah. Hal itu disebabkan lantaran saat berada di udara terdapat gerakan memutar badan. Supaya kau sanggup memahami gerakan tersebut, pelajarilah gerakan sebagai berikut:
  1. Badan bangun tegak,
  2. Kepalkan kedua tangan dan simpan di pinggang
  3. Setelah terdengar instruksi tolakkan kaki hingga tubuh terangkat ke atas
  4. Ketika tubuh mulai terangkat , putarlah tubuh ke kiri atau ke kanan
  5. Pendaratan bertumpu pada kedua kaki
  6. Lakukan dengan hati-hati

Sikap Kapal terbang
Tirukan juga gerakan pesawat terbang dengan mengangkat satu kaki ke belakang. Lalu bungkukkan tubuh dan rentangkan tangan menyerupai sayap dan ekor pesawat. Tahap-Tahap dalam melaksanakan gerakan latihan keseimbangan dengan kapal terbang yaitu :
  1. Berdiri dengan perilaku tegak; 
  2. Kedua tangan direntangkan ke samping. 
  3. Salah satu kaki dijulurkan ke belakang; 
  4. Bungkukkan tubuh ke depan hingga posisi tubuh dan kaki lurus; Pandangan tetap ke arah depan; 
  5. Tahan sebentar dan kembali ke perilaku semula; dan 
  6. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Kamu sanggup melaksanakan gerakan-gerakan tersebut di atas papan lompat. Perhatikan petunjuk dari gurumu.

Ayo Berkarya
Paman Dayu tinggal di bersahabat pantai dan bekerja sebagai nelayan. Nelayan membutuhkan tunjangan angin semoga sanggup melaut. Untuk menangkap ikan, paman Dayu memakai jala. Ada juga orang yang menangkap ikan memakai bom atau racun.

Paman Dayu tidak mau melaksanakan itu lantaran akan merusak bahari dan perkembangbiakan ikan. Laut ialah milik bangsa Indonesia. Paman Dayu menghormati hak orang lain dengan tidak merusaknya.

Tahukah kau jenis pekerjaan lain yang bergantung pada alam? Setiap warga negara boleh bekerja di bidang yang disukainya. Asalkan ia tidak merugikan hak-hak dan kepentingan orang lain. Menghormati hak orang lain ialah salah satu kewajiban kita sebagai anggota masyarakat. Tanyakan pada sobat dan gurumu pola lain perbuatan menghormati hak orang lain.

Kemudian buatlah komik yang berisi wacana pola menghormati hak-hak orang lain menyerupai pola di atas.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel