Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi

Masih ingatkah kau bahwa kepingan inti dalam perut bumi kita sangat panas dan selalu bergerak? Pergerakan inti bumi mengakibatkan permukan bumi kepingan luar juga bergerak. Pergerakan ini mengakibatkan perubahan pada bentuk rupa bumi.

Ayo Membaca
Baca dan pahamilah teks berikut.
Erosi dan Banjir
Hujan ialah air yang turun dari awan sebagai hasil dari proses penguapan air laut, sungai, dan danau. Hujan sangat bermanfaat bagi insan untuk menurunkan air sebagai salah satu sumber kehidupan. Akan tetapi, hujan yang terlalu besar akan berdampak jelek bagi makhluk hidup. Hujan yang besar sanggup merusak lingkungan, bangunan, kemudahan umum, dan mengakibatkan terjadinya banjir.

Jika terjadi hujan yang lebat, aliran air akan menyeret tanah di pinggir dan dasar sungai. Air sungai akan terlihat berwarna coklat alasannya mengandung lumpur. Di tempat pegunungan yang gundul, air hujan sanggup mengikis lapisan tanah di permukaan. Selain itu, air hujan juga sanggup menyeret batu-batu, tanah, dan pepohonan. Terkikisnya tanah oleh aliran sungai di sebut erosi.

Peristiwa abrasi sanggup menjadikan perubahan bentuk pada rupa bumi. Erosi yang terjadi terus menerus akan membawa lumpur dan juga batu-batu kecil. Erosi juga sanggup mengakibatkan endapan lumpur di dasar sungai semakin tinggi. Bagian muara sungai menjadi dangkal dan membentuk endapan (delta). Jika curah hujan tinggi, sungai yang dangkal tidak sanggup memuat air hujan. Sungai akan meluap sehingga menimbulkan banjir di sekitarnya.

Namun demikian, hujan bukanlah faktor satu-satunya yang mengakibatkan banjir. Faktor utamanya ialah aktivitas manusia. Manusia banyak membuang sampah yang mengurangi tempat resapan air, hal ini mengakibatkan air hujan tidak sanggup tertampung di sungai atau tanah. Air yang tidak sanggup tertampung tersebut akan meluap dan terjadilah banjir.

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan teks yang sudah dibaca.
1. Mengapa sanggup terjadi banjir?
Banjir terjadi alasannya curah hujan yang tinggi. Jika curah hujan tinggi, sungai yang dangkal tidak sanggup memuat air hujan. Sungai akan meluap sehingga menimbulkan banjir di sekitarnya. 
2. Apa saja tanggapan yang ditimbulkan dari abrasi oleh air?
Erosi mengakibatkan endapan lumpur di dasar sungai semakin tinggi. Bagian muara sungai menjadi dangkal dan membentuk endapan (delta). Jika abrasi terjadi di lahan pertanian maka usang kelamaan lahan menjadi tidak subur.
3. Menurut pendapatmu, bagaimana cara mencegah timbulnya kerusakan alasannya abrasi oleh air?
Ada banyak cara untuk mengendalikan abrasi antara lain :
  • Pengolahan tanah dengan baik yaitu dengan penanaman tanaman, penataan tumbuhan yang teratur akan mengurangi tingkat erosi.
  • Penghutanan yaitu mengembalikan hutan kembali semula dari keadaan yang sudah rusak di beberapa tempat. Pada tebing-lebing yang miring atau curam ditanami dengan tanam-tanaman keras.
  • Pembuatan terasering/sengkedan yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tanah terhadap gaya erosi.
4. Bagaimana sampah sanggup berakibat pada abrasi air sehingga mengakibatkan banjir? Jelaskan.
Sampah sanggup mengurangi tempat resapan air, hal ini mengakibatkan air hujan tidak sanggup tertampung di sungai atau tanah.
5. Sebutkan pola perubahan yang terjadi pada bentuk rupa bumi tanggapan abrasi air!
Akibat abrasi air akan terbentuk delta di muara sungai
Ayo Cari Tahu
Agar lebih memahami efek abrasi air terhadap perubahan rupa bumi, kau sanggup melakukan
percobaan berikut. Buatlah gunung tiruan dari tanah di dalam baki. Siram gunung tiruan itu dengan air. Gunakan alat penyiram tumbuhan pada salah satu sisi puncaknya.

Amati apa yang akan terjadi dan perubahan warna air yang mengalir? Teruskan menyiram hingga air habis. Amati lagi bentuk gunung tiruanmu. Tulislah laporan dari hasil pengamatanmu. Dari pengamatan, tuliskan juga bagaimana cara mencegah abrasi berdasarkan pendapatmu.

Ayo Berkarya
Kita sanggup mencegah terjadinya abrasi dan banjir dengan menjaga kelestarian lingkungan. Mari bahu-membahu mengajak sobat dan orang di sekitar kita untuk memelihara alam dan bumi kita. Menyayangi flora dan binatang juga kepingan dari menjaga lingkungan.

Amatilah binatang dan flora di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Tumbuhan atau binatang manakah yang paling kau sukai? Dapatkah kau menciptakan objek gambar dari binatang atau flora tersebut?

Ayo berkreasi menciptakan gambar dekoratif dengan tema binatang dan tumbuhan. Kamu sanggup menggambar dan melukis memakai pensil, crayon atau cat. Di bawah ini ialah beberapa pola gambar atau lukisan yang di buat oleh teman-temanmu.

Menggambar Dekoratif
Menggambar dekoratif ialah menggambar pola untuk motif hiasan. Gambar dekoratif berfungsi sebagai penghias atau memperindah suatu benda atau untuk dekorasi ruangan. Motif yang dipakai sebagai objek menggambar dekoratif adalah:
  1. Menggambar Dekoratif Dengan Obyek Motif Hias Geometris Motif hias geometris merupakan motif hias yang bentuk dasarnya diambil dari wujud garis dan bidang geometris.
  2. Menggambar Dekoratif Dengan Obyek Motif Hias Tumbuh- tumbuhan, ibarat banyak sekali jenis daun dan bunga.
  3. Menggambar Dekoratif Dengam Obyek Motif Hias Hewan
Langkah-langkah dalam menggambar dekoratif yaitu:
  1. Membuat denah gambar motip hias dengan memakai pencil.
  2. Pertegas garis-garis sketsanya dengan memakai spidol.
  3. Warnai dengan memakai crayon atau cat air.
  4. Dan sesudah simpulan beri warna latar belakangnya.
Ayo Cari Tahu
Salah satu penyebab terjadinya banjir ialah sampah. Tumpukan sampah di Indonesia ketika ini sangat mengkhawatirkan. Tahukah kau berapa kilogram sampah yang kita hasilkan setiap hari? Ternyata rata-rata setiap orang menghasilkan 2 kg sampah setiap hari.

Hitunglah berat sampah rata-rata yang dihasilkan dari rumahmu setiap hari? Jika ada 4 orang yang tinggal di rumah, maka sampah yang dihasilkan ialah 8 kg.

Tanyakan kepada teman-teman berapa banyak anggota keluarga di rumah. Hitung rata-rata berat sampah yang dihasilkan dari rumah mereka setiap hari. Kemudian hitung berat sampah yang dihasilkan dalam 1 minggu.
Berat sampah/ orang/hariBanyak anggota
keluarga
Berat sampah di
rumah perhari
Berat sampah di rumah perminggu (7 hari)
2 kg2 orang2 kg + 2 kg = 2 x 2 kg = 4 kg4 kg + 4 kg + 4 kg + 4kg + 4 kg + 4 kg + 4 kg = (7 × 4 kg) = 28 kg
1 kg4 orang1 kg +1 kg+ 1 kg +1 kg = 4 x 1 kg = 4 kg4 kg + 4 kg + 4 kg + 4 kg + 4 kg + 4 kg + 4 kg = (7 x 4 kg) = 28 kg
3 kg3 orang3 kg + 3 kg + 3 kg  = 3 x 3 kg = 9 kg9 kg + 9 kg + 9 kg + 9 kg + 9 kg + 9 kg + 9 kg = (7 x 9kg) = 63 kg
Ayo Belajar
Perhatikan gambar berikut.

Jika setiap kantong sampah beratnya ialah 7 kilogram. Berapa berat 10 kantong sampah?

Ayo Berlatih
Sekarang kau sudah sanggup menuntaskan dilema perkalian. Isilah titik-titik dengan bilangan yang tepat. Kemudian lingkari bilangan yang mengatakan hasil perkalian yang sesuai dengan gambar. Lakukan ibarat contoh.

Sampah apabila tidak dibuang dengan benar sanggup menjadikan kerugian bagi masyarakat. Berikut ini tanggapan yang timbul jikalau kita membuang sampah sembarangan:
Menimbulkan amis Busuk (pencemaran udara).
Dapat Menyebabkan Banjir.
Menimbulkan Penyakit.
Dapat mencemari Air (Sungai dan Laut).

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Perubahan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel