Soal Penilaian Subtema 2 Kelas Iii Ketampakan Rupa Bumi

Bentuk permukaan bumi tidak rata. terdiri dari tempat yang tinggi dan tempat yang rendah. Bagian permukaaan bumi adayang menonjol, ada yang datar, ada juga yang berupa cekungan. Perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi tersebut disebut relief. Berbagai macam bentuk permukaan bumi sanggup dilihat dalam sebuah peta. Peta ialah gambar dua dimensi suatu tempat dipermukaan bumi. Permukaan bumi dibedakan ata daratan dan perairan. Berikut ini ialah acara yang akan dipelajari pada pembelajaran subtema 2 tema 8 kelas III sekolah dasar.

No.Kegiatan PembelajaranKemampuan yang Dikembangkan
1.
  1. Membuat pertanyaan perihal bumi dan rupa bumi.
  2. Bermain peran.
  3. Mengidentifikasi sudut pada benda-benda sekitar.
  4. Menentukan jenis sudut pada banyak sekali bangkit dan benda sekitar.
  5. Membuat hiasan dekoratif dari pasir dan materi alam.
  1.  Sikap : Disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan : Berbagai bentuk ketampakan rupa bumi daratan dan perairan, sudut dan jenisnya
  3. Keterampilan : Bermain peran, menciptakan hiasan dekoratif
2.
  1. Mendengarkan teks perihal ketampakan muka bumi daratan.
  2. Menuliskan kisah perihal keistimewaan tempat masing-masing.
  3. Diskusi perihal perilaku dan prilaku menghargai perbedaan.
  4. Bermain lompat tali
  1. Sikap : Disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan : jenis ketampakan rupa bumi daratan, mengenal perbedaan dan keragaman tempat tinggal antar sesama, mengidentifikasi prilaku yang mencerminkan perilaku persatuan
  3. Keterampilan : Diskusi mengenai persatuan dalam keberagaman, bermain lompat tali
3.
  1. Diskusi mengenai makna yang terkandung pada sebuah teks puisi.
  2. Menulis dan mendeklamasikan puisi.
  3. Meronce dengan memakai materi alam/buatan.
  4. Mengidentifikasi bangkit datar yang mempunyai sudut dari lingkungan sekitar.
  5. Menentukan jenis sudut pada banyak sekali jenis bangkit datar beraturan.
  6. Membentuk sudut dengan melipat atau menggunting bangkit datar.
  1. Sikap : disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan ; Identifikasi keistimewaan/kekhasan lingkungan sekitar tempat tinggal, jenis dan besar sudut pada bangkit datar beraturan
  3. Keterampilan : Deklamasi puisi, meronce dari materi alam/ buatan, membentuk sudut dengan melipat/ menggunting bangkit datar
4.
  1. Membaca teks mengenai ketampakan rupa bumi perairan.
  2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang dibaca.
  3. Mengidentifikasi banyak sekali ketampakan rupa bumi perairan.
  4. Berlatih mengambang dan meluncur di air.
  5. Melengkapi kisah mengenai perilaku dan prilaku kasih sayang dan membantu orang lain sesuai Pancasila.
  6. Bercerita perihal pengalaman membantu atau dibantu oleh orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Sikap : Disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan : Jenis ketampakan rupa bumi perairan, menjawab pertanyaan, perilaku dan prilaku
  3. kasih sayang dan membantu orang lain sesuai Pancasila
  4. Keterampilan : Mengambang dan meluncur di air, bercerita
5.
  1. Membaca teks perihal ketampakan rupa bumi perairan.
  2. Menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata pada teks bacaan.
  3. Membuat pertanyaan menurut teks yang dibaca.
  4. Memberikan tanggapan terhadap sebuah pernyataan.
  5. Diskusi perihal perilaku dan prilaku yang sesuai dengan sila ke-5 Pancasila.
  6. Mengidentifikasi/membuat bangkit datar
  7. beraturan dan tidak beraturan.
  8. Menentukan dan membandingkan sudut pada bangkit datar tidak beraturan.
  1. Sikap : Disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan : Bentuk ketampakan rupa bumi perairan, memakai kamus, menciptakan pertanyaan dan memperlihatkan tanggapan
  3. Keterampilan ; Diskusi, menggambar/membuat bangkit datar
6.
  1. Mengamati perbedaan banyak sekali bentuk ketampakan rupa bumi daratan dan perairan.
  2. Membuat kalimat dengan kata-kata perihal ketampakan rupa bumi.
  3. Bercerita perihal perbedaan suku, budaya dan bahasa.
  4. Mencocokkan gambar pakaian adab dengan suku bangsa di Indonesia.
  5. Menjiplak peta Indonesia.
  6. Menggambar bangkit datar dengan banyak sekali jenis sudut.
  1. Sikap : Disiplin, peduli, tanggung jawab, kerjasama
  2. Pengetahuan
  3. Membuat kalimat, pakaian tempat dari banyak sekali suku yang berbeda,
  4. Keterampilan : Menjiplak peta, menggambar bangkit datar
Soal Evaluasi
1. Lingkari kata-kata perihal bentuk rupa bumi yang kau temukan dari teka-teki berikut.

2. Pasangkan kata-kata berikut dengan gambar yang sesuai

3. Tentukan apakah sudut di bawah termasuk sudut lancip, tumpul atau siku-siku. Kemudian bandingkan sudut mana yang lebih besar atau lebih kecil.

4. Kelompokkan bangun-bangun di bawah ini menurut persamaan dan perbedaan yang dimilikinya. Tuliskan ciri-ciri dari setiap kelompok yang sudah kau buat.

5. Jika kau ialah seorang presiden, apa yang akan kau lakukan untuk menjaga kelestarian alam di negaramu semoga tetap terjaga sehingga tidak rusak atau tercemar? Jelaskan!
Saya akan menciptakan Undang-undang perihal lingkungan dengan hukuman yang tegas

6. Menurut pendapatmu apa yang mungkin terjadi bila seluruh permukaan bumi kita ialah daratan, tidak mempunyai perairan? Dan apa yang mungkin terjadi bila seluruh permukaan bumi ialah perairan tanpa daratan? Berikan alasan untuk setiap jawabanmu!
Jika seluruh permukaan bumi ialah daratan, maka seluruh makhluk hidup di dunia akan mencicipi kehausan, dan niscaya hanya akan mengandalkan air hujan saja. Tetapi bila seluruh permukaan bumi ialah perairan tanpa daratan, maka yang akan terjadi ialah seluruh insan akan sulit mencari tempat untuk mereka tinggal.
7. Gambar berikut memperlihatkan hasil yang terbentuk ketika sebuah segitiga dibagi dengan sebuah garis lurus. Gambarlah sebuah garis untuk membagi persegi berikut menjadi dua persegi panjang.

9. Gambarlah sebuah garis lurus untuk membagi persegi berikut sehingga terbentuk dua bangkit yang bukan persegi panjang. Hasilnya harus berbeda untuk setiap persegi.

Permukaan daratan dan perairan terdiri dari atas banyak sekali macam bentuk. (1) Contoh ketampakan daratan ialah gunung, lembah, bukit, lereng, dataran tinggi dan rendah, guru. dll. (2) Contoh ketampakan perairan ialah danau, waduk, laut, samudra, rawa, sungai, dll.

0 Response to "Soal Penilaian Subtema 2 Kelas Iii Ketampakan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel