Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya

Adakah benda angkasa luar lainnya selain yang sudah dipelajari sebelumnya? Ayo, kita cari tahu.

Ada benda angkasa luar lain yang bentuknya unik dan berbeda dengan benda angkasa luar lainnya. Benda ini memiliki ekor yang panjang. Benda apakah yang dimaksud? Benda tersebut yaitu benda angkasa luar yang disebut komet. Seperti planet, komet juga berevolusi mengelilingi Matahari.

Sebagian inti dari komet menjelma gas yang membentuk ekor yang panjang dan bersinar. Ekor ini menciptakan komet terlihat begitu spektakuler dan panjangnya mencapai ratusan mil. Terkadang sebuah komet bersinar sangat terang, sehingga sanggup terlihat pada siang hari.

Ayo Menulis
Pernahkah kau membayangkan jikalau Bumi kita terbuat dari gas dan es ibarat halnya komet? Perbedaan apa yang akan kau alami? Bagaimana dengan makhluk hidup di dalamnya? Bagaimana dengan keberlanjutan makhluk hidup di dalamnya? Tuliskan pendapatmu perihal pertanyaan di atas. Tuliskan juga alasan yang mendukung pendapatmu itu dalam kotak di bawah ini.

Jika bumi kita terbuat dari gas dan es ibarat komet tentunya makhluk hidup yang ada di bumi tidak akan bertahan. Manusia dan binatang juga akan kelaparan sebab tidak ada tumbuhan sebab tumbuhan hidup di atas tanah. Perbedaan yang dialami yaitu cuacanya menjadi cuek sebab hanya es dan gas. Makhluk hidup didalamnya akan kedinginan. Keberlanjutannya harus mengikuti keadaan ibarat tinggal usang di demam isu es.

Ayo Lakukan
Setelah kau mengetahui benda-benda angkasa luar dari pertemuan pertama sampai hari ini, buatlah sebuah pertunjukan drama dengan sobat dalam kelompok. Tujuan pertunjukan ini yaitu untuk menjelaskan keunikan dari benda angkasa luar itu. Setiap orang berperan sebagai salah satu benda langit yang telah dipelajari.

Tuliskan obrolan yang akan kelompokmu ucapkan pada kolom yang tersedia sebelum kau memerankannya di depan kelas esok hari. Berlatihlah biar kau lebih siap lagi. Tuliskan pula peralatan yang kau perlukan untuk pementasan drama tersebut. Kriteria evaluasi dari drama ini yaitu kesesuaian naskah dengan tema, penghayatan peran, kesiapan, dan suara.

Ayo Cari Tahu
Setelah mempersiapkan drama, ayo perdalam lagi pemahamanmu perihal grafik. Amati grafik berikut!

Apakah kau menemukan contoh dalam grafik di atas? Kotak penyusun x 2 + 1. Coba buat gambar berpola yang sesuai dengan grafik tersebut!

Sampaikan hasil jawabanmu kepada sobat dalam kelompokmu. Mintalah pendapat mereka. Apakah pekerjaanmu sudah benar atau belum? Bagaimana cara memperbaikinya?

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!

1. Pola apa yang kau temukan? 2 x kotak penyusun + 3
2. Dapatkah kau menggambar bentuk untuk gambar ke-10? Bagaimana caramu menemukannya?Jelaskan. 2 x 10 + 3 = 20 + 3 = 23
3. Gambarlah grafik yang sesuai dengan contoh gambar tersebut!

Sampaikan hasil jawabanmu kepada sobat dalam kelompokmu. Mintalah pendapat mereka. Apakah pekerjaanmu sudah benar atau belum? Bagaimana cara memperbaikinya? Secara individu, kerjakan latihan berikut.

Perhatikan grafik berikut!

Buatlah sebuah gambar berpola yang sesuai dengan grafik tersebut di atas.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel