Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif

Kebutuhan insan akan energi semakin usang semakin tinggi. Selain alasannya yaitu penduduk dunia semakin banyak juga alasannya yaitu perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) yaitu energi yang jumlah penggunaannya paling besar selama ini. Namun alasannya yaitu terlalu banyak digali kini persediaannya semakin sedikit. Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah banyak sekali energi alternatif untuk menggantikan materi bakar minyak.

Ayo Amati
Energi alternatif yaitu semua sumber energi yang sanggup menggantikan materi bakar minyak (BBM). Penggunaan energi alternatif gotong royong sudah usang diupayakan manusia. Namun ketika ini usaha
tersebut semakin meningkat alasannya yaitu semakin sedikitnya persediaan materi bakar minyak.

Dikhawatirkan, bila digunakan terus-menerus, maka suatu ketika akan habis. Sumber energi alternatif haruslah sesuatu yang gampang diperoleh, murah, dan tidak pernah habis. Energi apa saja yang sanggup menjadi alternatif pengganti materi bakar minyak? Perhatikan gambar-gambar berikut ini.

Energi panas matahari, energi gerak angin, energi gerak air dan energi gas bumi yaitu contohsumber energi alternatif. Energi-energi tersebut tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas.

Panas matahari, gerak air, gerak angin, dan gas bumi sanggup diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, angin, dan gas bumi inilah yang sanggup digunakan sebagai pengganti materi bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Energi air dimanfaatkan untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Air. Energi angin dimanfaatkan untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Pembangkit listrik tenaga angin ini yaitu sumber energi yang sangat ramah lingkungan.

Energi geothermal juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Alam. Dengan memanfaatkan energi matahari, air, angin, dan gas alam, kita sanggup menghemat penggunaan materi bakar minyak. Manusia tidak lagi sangat tergantung pada materi bakar minyak.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?
Energi alternatif yaitu semua sumber energi yang sanggup menggantikan materi bakar minyak (BBM).
2. Mengapa perlu ada energi alternatif?
Karena pemanfaatan minyak bumi secara terus-menerus, dikhawatirkan maka suatu ketika akan habis
3. Apa saja yang termasuk sumber energi alternatif?
Energi panas matahari, energi gerak angin, energi gerak air dan energi gas bumi 
4. Berikan salah satu pola penggunaan energi alternatif!
Energi air dimanfaatkan untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Air. Energi angin dimanfaatkan untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin
5. Apa hasilnya bila tidak ada energi alternatif?
Manusia sangat tergantung pada materi bakar minyak.
Ayo Berkarya
Angin yaitu salah satu sumber energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Salah satu pola sederhana pemanfaatan angin yaitu untuk menggerakkan kincir angin. Bergeraknya kincir angin akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan menghasilkan energi listrik. Inilah yang disebut Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Secara sederhana, kincir angin sanggup dibentuk dari kertas warna-warni. Kincir angin dari kertas itu sanggup digunakan sebagai mainan atau hiasan. Mari kita menciptakan kincir angin kertas untuk hiasan. Lihatlah gambar berikut ini!

Alat dan Bahan

  1. Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
  2. Lem
  3. Sedotan tebal
  4. Gunting
  5. Karton yang agak tebal berbentuk bulat kecil
  6. Paku payung berwarna
  7. Penggaris
Langkah Kegiatan:

  1. Buatlah garis diagonal pada kertas lipat di bab tak berwarna. Beri tanda titik pada jarak 6 cm.
  2. Guntinglah ujung kertas mengikuti garis diagonal hingga tanda titik (6 cm).
  3. Tariklah semua ujung kertas yang sudah digunting ke bab tengah.
  4. Tusukkan sedotan pada bab tengah dengan paku payung sehingga menjadi batang kincir angin.
  5. Tempelkan kain flanel/karton berbentuk bulat semoga ujung paku payung tertutup
Ayo Berlatih
Setelah menciptakan kincir angin dari kertas, mari kita berlatih menuntaskan soal-soal berikut ini.
1. Dalam waktu 1 jam Lani sanggup menuntaskan 5 kincir angin mainan. Berapa kincir angin yang sanggup dibentuk dalam waktu 2 jam?
2 x 5 = 10
2. Suatu hari seorang penjual mainan menyediakan 20 kincir angin mainan. Sampai beliau kembali pulang terjual 8 kincir angin. Berapakah sisa kincir angin yang belum terjual hari itu?
20 - 8 = 12
3. Dayu membeli 12 kincir angin mainan. 6 kincir diberikan kepada teman-temannya. Berapa kincir angin milik Dayu sekarang?
12 - 6 = 6
4. Harga sebuah kincir angin mainan Rp3000. Beni membeli 2 kincir mainan. Berapa Beni harus membayar?
2 x 3.000 = Rp6.000

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel